You are currently viewing Jenis Amal Jariyah untuk Sempurnakan Ibadah

Jenis Amal Jariyah untuk Sempurnakan Ibadah

Jenis Amal Jariyah – Salah satu tujuan diciptakan manusia ialah untuk beribadah kepada Allah SWT dengan cara mengerjakan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Setiap detik yang dilalui dalam hal ini haruslah menjadi amalan yang memiliki nilai abadah disisi-Nya.

Setiap detik yang berlalu adalah waktu yang tak akan pernah kembali dan setiap detik juga umur atau jatah hidup seorang manusia di muka bumi ini terus berkurang. Jika tidak diisi dengan kebaikan maka merugilah seorang manusia sebab umurnya berlalu tanpa sedikitpun pahala yang diraihnya.

Ada satu amalan yang jika seseorang mengerjakannya pahala dari amalan tersebut akan terus mengalir meski pelakunya telah tutup usia. Amalan tersebut sering disebut dengan amal jariyah.

Rasulullah SAW bersabda: “Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa baginya.

Setiap muslim tentu menghendaki dirinya untuk senantiasa berada dalam kebaikan agar mendapatkan pahala dan keridhoan Allah SWT, yang mana kedua hal tersebut merupakan salah satu jalan yang bisa ditempuh guna meraih surga-Nya.

Berikut adalah beberapa jenis amal jariyah yang bisa kamu kerjakan semata-mata mengharapkan keridhoan Allah Ta’ala.

1. Mengajarkan Ilmu yang Bermanfaat

Mengajarkan ilmu yang bermanfaat termasuk ke dalam amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir meskipun pelakunya sudah tutup usia. Dengan mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain kamu bisa mengajak atau mendorong seseorang untuk berada dalam jalan kebaikan serta menjadikannya sukses dalam meraih cita-citanya.

Sebab itu, jika diantara sahabat semua ada yang memiliki kapasitas atau keahlian untuk mengajarkan ilmu yang bermanfaat bisa melakukannya dengan ikhlas dan hanya mengharap keridhoan Allah Ta’ala.

Jenis Amal Jariyah
Mengajarkan ilmu yang bermanfaat dan mendidik anak menjadi anak shaleh. (Foto: Pixabay)

2. Sedekah Makanan dan Minuman

Sedekah makanan dan minuman menjadi amal jariyah yang bisa kamu lakukan. Sedekah ini merupakan sebaik-baik sedekah yang bisa kamu kerjakan. Rasulullah SAW bersabda ” Sebaik-baik sedekah adalah memberi air minum” (HR. Muslim).

3. Bangun Fasilitas Umum

Membangun fasilitas umum seperti mesjid, sekolah, pondok pesantren, panti asuhan, jalan, jembatan dan lain sebagainya merupakan amal jariyah yang pahalanya terputus. Selama fasilitas tersebut terus diambil dan dirasakan manfaatnya, selama itu juga pahala kebaikannya akan terus mengalir.

4. Menggali Sumur

Sahabat tentu pernah atau bahkan sering mendengar sahabat nabi yang mewakafkan sumurnya? Nah, menggali sumur atau menyediakan sumber air bersih yang dapat diambil manfaatnya oleh banyak orang menjadi amal jariyah yang bisa kamu kerjakan untuk memberikan kebermanfaatan pada orang lain.

Apabila sumur atau sumber air bersih itu tetap mengalir dan bermanfaat bagi orang lain, maka pahala kebaikannya juga akan terus mengalir.

5. Mendidik Anak

Mendidik anak agar menjadi anak yang shaleh juga termasuk ke dalam jenis amal jariyah yang bisa kamu kerjakan, utamanya yang saat ini telah memiliki keturunan.

Didiklah anakmu agar  menjadi anak yang shaleh dan taat dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Anak yang shaleh kelak akan menjadi anak yang senantiasa mendoakan kedua orang tuanya baik disaat keduanya masih ada ataupun ketika telah tiada.

Alamat Asrama Yatim di Pondok Bambu Jakarta Timur
Program Wakaf Asrama Yatim Terpadu Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

6. Mewariskan Mushaf Al-Quran

Jika kamu diberikan rezeki yang lebih, sebaiknya kamu mewakafkan Al-Quran di berbagai mesji atau majelis taklim sehingga Al-Quran tersebut bisa dimanfaatkan oleh para jama’ah yang berada di mesjid ataupun majelis taklim.

Baik dicetak sendiri ataupun membeli dari toko, wakafkanlah Al-Quran sebagai bentuk amal jariyah yang kamu kerjakan dan insyaallah setiap huruf yang dibaca dari Al-Quran tersebut pahala kebaikannya turut mengalir kepadamu.

Baca Juga : Penyaluran Paket Sekolah Anak Yatim

Sahabat, diatas merupakan beberapa amal jariyah yang bisa kamu kerjakan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita raih kesempurnaan ibadah dan pahala dengan menunaikan ragam amal kebaikan yang kelak insyaallah akan menjadi pemberat timbangan kebaikanmu.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur selalu bersedia untuk membersamaimu dalam kebaikan. Yuk tunaikan kebaikanmun bersama kami dengan mengakses tautan di bawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply