You are currently viewing Rekomendasi 8 Jenis Sumbangan untuk Anak Yatim yang Dapat Dilakukan

Rekomendasi 8 Jenis Sumbangan untuk Anak Yatim yang Dapat Dilakukan

Menyantuni anak yatim adalah salah satu amal shaleh yang dianjurkan oleh Allah dan Rasulullah. Berikut adalah beberapa jenis sumbangan untuk anak yatim dalam rangka menyantuni mereka.


Rahmatanlilalamin.or.id – Islam menganjurkan umatnya untuk senantiasa memuliakan anak yatim dengan cara menyantuni, menyeyangi, serta memperlakukannya dengan baik.

Salah satu bentuk dari memuliakan dan memperlakukan anak yatim dengan baik ialah dengan menyantuninya. Menyantuni anak yatim sendiri merupakan amal shaleh yang mulia dan mendatangkan banyak pahala kebaikan serta manfaat baik untuk pemberi maupun penerima manfaatnya (anak yatim).

Dalam memberikan santunan atau sumbangan untuk anak yatim, kamu tidak hanya bisa melakukannya dengan mengeluarkan sejumlah uang. Namun, ada banyak jenis sumbangan untuk anak yatim yang dapat kamu berikan.

Kamu bisa menyumbang apa saja yang menjadi kebutuhan anak-anak yatim. Lantas apa saja jenis sumbangan untuk anak yatim yang dapat kamu berikan? Simak rekomendasinya dalam artikel ini.

Jenis Sumbangan untuk Anak Yatim

Jenis Sumbangan untuk Anak Yatim

Keikhlasan merupakan salah satu hal mendasar yang harus dimiliki saat mengerjakan amal kebaikan. Keikhlasan disini mengandung arti bahwa amalan yang dikerjakan memiliki tujuan hanya untuk meraih keridhoan Allah SWT.

Begitu juga saat memberikan santunan kepada anak yatim, keikhlasan menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh setiap insan saat melakukan amal baik tersebut.

Keikhlasan juga disebutkan sebagai salah satu kunci diterima atau tidaknya sebuah amal shaleh oleh Allah SWT.

Nah, sebelum melakukan santunan anak yatim, alangkah baiknya kita meluruskan niat terlebih dahulu semata-mata hanya mengharap keridhoan Allah SWT.

Baca Juga: Cara Menyantuni Anak Yatim Sesuai dengan Anjuran

Setelah itu, kita juga dapat mencari tahu atau mengidentifikasi terlebih dahulu apa saja yang kira-kira menjadi kebutuhan anak yatim yang hendak disantuni. Hal ini berguna agar apapun yang kamu berikan benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran.

Berikut adalah beberapa jenis sumbangan anak yatim yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi saat kegiatan santunan anak yatim.

1. Makanan dan Sembako

Kebutuhan anak yatim pertama yang dapat kamu bantu ialah kebutuhan pangan, yakni makanan  bergizi dan sembako untuk keperluan sehari-hari.

Makanan bergizi dan sembako merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhka  siapapun termasuk anak yatim sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas.

Dalam hal ini, kita tidak perlu untuk selalu memberikan makanan yang mewah dan mahal, melainkan juga dapat dalam bentuk makanan bergizi yang sederhana. Seperti nasi, kue, roti, susu, buah-buahan, atau jenis makanan lainnya.

Selanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan sembako anak yatim kita dapat memberikan santunan berupa beras, gula, minyak goreng, dan kebutuhan sembako lainnya.

2. Perlengkapan Ibadah

Selanjutnya, kamu juga dapat menyumbangkan perlengkapan ibadah seperti baju koko, sajadah, mukena, songkok, jilbab ataupun sarung. Untuk memberikan sumbangan perlengkapan ibadah pastikan kamu telah memiliki data ukuran pakaian anak yatim terlebih dahulu suipaya sesuai ukuran badan dan kebutuhan.

Selama perlengkapan ibadah yang kamu sumbangkan memiliki nilai manfaat, insyaallah selama itu juga pahala ibadah anak yatim akan terus mengalir kepada pemberi sumbangan.Tips Memilih Santunan Anak Yatim.

3. Perlengkapan Mandi dan Mencuci

Keperluan berikutnya yang dapat kamu sumbangkan untuk anak yatim ialah perlengkapan mandi dan mencuci.

Seperti diketahui, anak-anak yatim yang berada di asrama atau panti sudah dibiasakan untuk hidup mandiri sejak kecil.

Mereka dianjarkan untuk mandi sendiri hingga mencuci baju sendiri. Jadi, jika kamu hendak menyumbang keperluan anak yatim, kamu dapat memilih untuk memberikan sumbangan alat mandi dan perlengkapan mencuci.

Perlengkapan yang dapat kamu berikan antara lain sampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi, deterjen, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Anak Yatim dan Keistimewaannya dalam Islam

4. Perlengkapan Sekolah

Perlengkapan sekolah juga dapat kamu jadikan sebagai opsi sumbangan untuk anak yatim. Perlengkapan sekolah yang dapat kamu berikan antara lain tas, sepatu, buku tulis, seragam, buku gambar, dan perlengkapan lainnya.

5. Beasiswa Pendidikan

Setiap anak memiliki hak yang sama untuk mampu mengakses layanan pendidikan termasuk anak yatim. Dalam hal ini, untuk menunjang pendidikan anak yatim kamu dapat memberikan sumbangan berupa beasiswa pendidikan untuk anak yatim.

Beasiswa ini dapat diberikan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atau jenjang perguruan tinggi.

Beasiswa pendidikan ini sangat penting dan dapat kamu jadikan sebagai opsi supaya anak yatim tetap dapat melanjutkan pendidikan dan meraih cita-citanya.

6. Buku Cerita Edukatif

Untuk menunjang prestasi anak yatim dalam proses akademiknya, kamu juga dapat memberikan sumbangan berupa buku, baik buku cerita ataupun buku yang menunjang pelajaran.

Selain menunjang proses akademik, buku juga bisa menjadi sarana hiburan bagi anak yatim. Selanjutnya, buku cerita yang edukatif juga dapat menjadi motivasi bagi anak-anak agar semangat belajar dan mewujudkan cita-citanya.

7. Pakaian

Pakaian menjadi bagian yang tak terlupakan untuk kamu sumbangkan kepada anak yatim. Tentunya pakaian yang disumbangkan hendaklah pakaian yang layak dan sesuai dengan ukuran badan anak agar lebih bermanfaat.

Baca Juga: 7 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

8. Jadi Orang Tua Asuh Sehari

Selain memberikan bantuan berupa barang-barang seperti diatas, kamu juga dapat menjadi orang tua asuh anak yatim satu hari.

Nah, disini kamu dapat mengajak anak yatim berkunjung ke tempat liburan yang menarik, menonton, atau mengajak mereka berbelanja keperluan mereka secara langsung.

Hal ini dapat menjadi sarana hiburan bagi mereka dan juga sebagai sarana edukasi untuk terjun dalam kehidupan sosial yang lebih luas.

Leave a Reply