You are currently viewing Jumat Berkah, Jangan Lupa Tunaikan Sedekah

Jumat Berkah, Jangan Lupa Tunaikan Sedekah

Jumat Berkah Jangan Lupa Tunaikan Sedekah – Sahabat, meraih ridha Allah adalah tujuan utama dari segala bentuk ibadah yang kita tunaikan. Sebab, jika Allah telah ridha kepada kita maka denga  sifat Rahman dan Rahim-Nya Allah akan mencurahkan kasih sayangnya kepada kita.

Agar mendapatkan ridha-Nya, seluruh ibadah yang hendak kita tunaikan haruslah bersih dari berbagai tujuan-tujuan lain selain ikhlas semata-mata ibadah kepada-Nya dan hanya mengharap balasan dan keridhaan dari-Nya.

Jumat Berkah Jangan Lupa Tunaikan Sedekah
Sedekah makan siang Jumat berkah.

Selanjutnya, perbanyaklah amalan-amalan yang dapat mendatangkan keberkahan dalam hidup kita serta maksimalkanlah agar amalan tersebut lebih bermakna. Selain mengamalkan keduanya, sahabat juga dapat memaksimalkan amalan-amalan pada momen terbaik untuk melakukan amal misalkan pada bulan Ramadhan ataupun hari Jumat.

Untuk memaksimalkan amalan pada bulan Ramadhan kita hanya memiliki kesempatan setahun sekali. Dengan demikian, persiapkanlah diri setiap saat untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan.

Selain bulan Ramadhan, sahabat juga dapat memaksimalkan amal pada hari Jumat setiap pekannya. Hari Jumat memiliki keutamaan yang harus kira manfaatkan dengan melakukan ibadah terbaik dan memaksimalkannya, misalnya dengan menunaikan sedekah.

Sahabat, sedekah  merupakan salah satu amalan yang diperintahkan pada hari Jumat. Dalam buku karangannya, Imam Syafi’i meriwayatkan hadits berikut ini.

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Mengenai sedekah yang ditunaikan pada hari Jum’at, Ibnu Qayyim berkata, “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407)

Baca Juga : Gerakan Sedekah Makan Siang Jumat Berkah

Masyaallah, begitu besarnya kasih sayang Allah kepada umatnya. Kita diberi kesempatan untuk mendapatkan pahala ibadah seperti halnya pahala ibadah yang didapat di bulan Ramadhan yakni dengan bersedekah di hari Jumat.

Sebab itu, Jangan lewatkan hari Jumat yang berkah ini tanpa menunaikan sedekah. Berapapun jumlahnya, Insyaallah akan dicatat sebagai amal kebaikan disisi-Nya.

Sahabat, sedekah merupakan salah satu amalan pembuka rezeki, jadi jangan khawatir dan takut untuk mengeluarkan sedekah. Allah berjanji akan membalas dengan balasan yang berlipat ganda bagi mereka yang sedekah dengan ikhlas hanya mengharapkan keridhoan-Nya.

Di hari Jumat yang berkah ini, yuk jangan lupa tunaikan sedekah. Sahabat bisa menunaikannya dengan mengakses tautan di bawah ini.

Donasi Jumat Berkah Indonesia Berbagi

Leave a Reply