You are currently viewing Keajaiban Sedekah, Melindungi Diri Dari Musibah

Keajaiban Sedekah, Melindungi Diri Dari Musibah

Keajaiban Sedekah – Sebagai amalan yang ringan, sedekah bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, bahkan tanpa uang dan hartapun seseorang bisa tetap bersedekah. Misalnya sedekah dengan memberi makan kucing, menyingkirkan paku atau duri di jalanan, menyirami tanaman dan juga berlaku baik terhadap tetangga juga termasuk ke dalam amalan sedekah.

Selain menjadi kebaikan bagi orang lain, setiap sedekah yang kita kerjakan juga akan mendatangkan berbagai kebaikan kepada kita. Seperti dibersihkannya hati kita dari sifat-sifat yang buruk, sembuh dari berbagai penyakit, maupun dilindungi dari berbagai musibah.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tabrani, Rasulullah Saw. bersabda : “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dam sopak (vitiligo)”.

Sahabat, ditengah kondisi yang sulit seperti saat ini, sedekah merupakan solusi untuk meringankan beban satu sama lain. Seperti kita ketahui bersama, akhir-akhir ini negeri kita sedang dilanda  berbagai bencana alam. Dari mulai gempa bumi, banjir, longsor, gunung meletus dan lain sebagainya.

Sebagai seorang muslim tentunya kita harus meyakini bahwa bencana yang melanda ini merupakan ujian sekaligus teguran bagi kita agar lebih mencintai serta menjaga alam ini lebih baik lagi. Selain itu, sebagai seorang muslim juga kita harus senantiasa membantu mereka yang menjadi korban dari bencana alam yang terjadi.

Sekecil apapun sedekah yang kita berikan untuk membantu para korban bencana, maka itulah ikhtiar kita untuk menghapus derita saudara-saudara kita dan mengatasi segala dampak yang terjadi akibat bencana. Tentunya apa yang kita berikan, sekecil apapun itu akan sangat bermanfaat dan dicatat oleh Allah sebagai amal kebaikan.

Amalan yang Melancarkan Rezeki

Sedekah yang kita keluarkan sejatinya tidak akan pernah mengurangi sedikitpun harta kita, sebaliknya sedekah yang kita keluarkan akan menjadikan rezeki kita lancar dan harta kita semakin berkah dan terus bertambah. Ibnu Qayyim rahimahullah berkata bahwa sedekah merupakan salah satu amalan yang dapat melancarkan rezeki.

“ Empat amalan yang melancarkan rezeki, (1) Shalat Malam; (2) Banyak istighfar di waktu sahur; (3) Selalu bersedekah; (4) Dzikir pagi dan petang hari.” (Zaadul Ma’ad, 4378)

Sahabat, bersedekah merupakan salah satu cara untuk membuka pintu-pintu rezeki yang luas tanpa harus berpeluh keringat. Dengan menunaikan sedekah, maka terbentuklah rumus memberi bukan berarti mengurangi. Aka tetapi sebaliknya, memberi akan menjadikan rezeki kita. Sebab dengan bersedekah Allah akan menambah dan melapangakan rezeki kita. Allah swt. berfirman :

“…Dan barangsiapa yang sedang disempitkan rezekinya, maka hendaknya ia menafkahkan sebagian rezeki yang Allah berikan padanya” (Q.S.At-Thalaq : 7).

Ali bin Abi Thalib ra. berkata “pancing rezekimu dengan bersedekah”. Selanjutnya dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud Rasulullah saw. bersabda : “hendaklah kalian mempercepat datang-nya rejeki dengan sedekah.” (H.R. Abu Dawud)

Mungkin bagi kita yang memiliki banya keterbatasan pengetahuan tidak dapat memahami, bagaimana mungkin saat kondisi keuangan susah kita diharuskan untuk bersedekah agar dapat memancing rezeki datang kembali dengan lancar. Disinilah perlunya keyakinan seorang muslim untuk mempercayai janji Allah yang tidak pernah ingkar. Ketika kita bersedekah, sekecil apapun itu maka akan dibalas oleh-Nya.

Yuk bersegera untuk menunaikan sedekah, sebab sedekah dapat menjadi penolak bala dan bencana, penyubur pahala, serta melancarkan dan melipatgandakan rezeki. Karena ada banyak keajaiban sedekah yang akan anda dapatkan tanpa anda sadari. Sahabat bisa menunaikan sedekah terbaiknya di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan meng-klik link ini.