Kebaikan Kecilpun Menjadi Penyebab Turunnya Ampunan Allah

Kebaikan Kecilpun Menjadi Penyebab Turunnya Ampunan Allah

Sahabat, teruntuk dirimu yang saat ini sedang membenahi diri, janganlah berputus asa untuk senantiasa memohon ampunan Allah swt. Sebab, Allah pasti mengampuni setiap dosa bagi siapa saja hamba yang bertaubat dan kembali pada-Nya. walaupun dosa-dosa kita amatlah banyak seperti halnya buih di lautan yang tak mungkin terhitung.

Jangan khawatir, teruslah mohon ampunan-Nya dekatkanlah diri pada-Nya, sebab dalam Qs. Az-Zumar : 53 Allah swt berfirman “Katakanlah: “Hai hamba-hambaKu yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya…”

Selain memperbaiki ibadah wajib, sunnah dan memperbanyak do’a dalam rangka mendekatkan diri pada-Nya. Ada amalan lain yang insyaallah bisa dengan mudah kita kerjakan sebagai ikhtiar memperoleh ampunan dari Allah swt. Salah satu amalan tersebut yakni dengan menunaikan sedekah.

Sedekah merupakan amalan yang paling mudah dikerjakan oleh setiap muslim, terlebih bagi seorang muslim yang memiliki kecukupan harta. selain mudah dikerjakan, ternyata salah satu hikmah atau keutamaan dari bersedekah ialah diampuni dosa-dosa yang telah kita kerjakan baik secara tidak sengaja maupun disengaja. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi Rasulullah saw. bersabda. “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“

Sahabat, Mungkin tidak semua orang dari kita memiliki kecukupan harta untuk bersedekah, jangan khawatir, sebab bersedekah bisa dilakukan dengan cara yang lain tanpa harus menggunakan harta yang kita miliki. Bantuan terhadap orang tua yang hendak nyebrang di jalanpun bernilai sedekah disisi Allah swt.

Selain itu, memindahkan ranting atau sesuatu yang menghalangi jalanpun sudah termasuk sedekah, senyum kepada saudara-saudara kita dengan tulus sudah termasuk sedekah. Diriwayatkand ari Abu Hurairah RA, rasulullah saw bersabda, “Ketika seseorang pria sedang berjalan di jalan, dia menemukan ranting duri, lalu dia menyingkirkannya, lalu dia bersyukur, maka dia kemudian diampuni dosanya.”

Masyallah, betapa pemurahnya Allah bagi siapa saja hamba yang ingin bertaubat dan memohon ampunan pada-Nya. Semoga kita semua senantiasa diberikan ampunan dan petunjuk untuk senantiasa mendekatkan diri pada-Nya serta menggapai ridho-Nya.

Sedekah Di Hari Jum’at

Dalam islam, semua hari pada dasarnya dianggap baik. Akan tetapi, ada satu hari diantara tujuh hari yang lebih baik, yakni “hari Jum’at”. Hari Jum’at merupakan hari yang istimewa dibanding enam hari lainnya dalam seminggu. Sejumlah Kejadian yang bersejarah bagi umat islampun melengkapi keutamaan hari Jum’at.

Selain itu, hari Jum’at merupakanm hari yang dianggap sebagai hari terbaik untuk menunaikan sedekah. Di samping hari jum’at sebagai hari yang memiliki keutamaan dari yang lainnya, sedekah sendiri adalah jenis amalan yang dapat membawa pahala berlimpah bahkan tak terputus bagi siapa saja yang melakukannya. Terlebih jika sedekah yang dikerjakan tergolong kedalam amal jariah seperti membangun mesjid atau memberi makan dan minum kepada yatim dan dhuafa’.

Nah, bagi sahabat yang memiliki kelebihan harta bisa menunaikan sedekah terbaiknya pada hari yang baik ini. Baik dalam bentuk uang tunai, makanan, ataupun hal-hal lain yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur sebagai lembaga sosial yang mengelola Zakat, Infaqm Shadaqah dan Wakaf membuka kesempatan bagi sahabat yang ingin menunaikan sedekah di hari terbaik ini, baik berupa uang tunai, makanan, nasi box dan lain sebagainya.

Kami doakan semoga sahabat semua bisa meraih keutamaan dihari yang istimewa ini dengan menunaikan sedekah terbaiknya. Semoga sahabat juga diberikan kesehatan yang paripurna dan kelancaran dalam segala aktivitasnya. Aamiin.