You are currently viewing Beberapa Kegiatan di Panti Asuhan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Beberapa Kegiatan di Panti Asuhan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Beberapa kegiatan di panti asuhan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur antara lain doa bersama, qiyamul lail, belajar seni bacan Al-Quran (Qiroah), latihan musik islami, latihan bela diri (taekwondo), dan beberapa kegiatan lainnya.

Rahmatanlilalamin.or.id – Menurut Kementrian Sosial Republik Indonesia, panti asuhan atau lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) adalah suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial kepada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas,tepat dan memadai bagi pengembangan kepribadian sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita- cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut serta aktif dalam bidang pembangunan nasional.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, panti asuhan atau lembaga kesejahteraan sosial anak diartikan sebagi rumah, tempat, atau kediaman yang digunakan untuk memelihara (mengasuh) anak yatim, piatu, yatim piatu, dan juga termasuk anak terlantar. 

Lembaga pelayanan sosial ini bisa didirikan oleh pemerintah atau masyarakat. Tujuannya sama, yaitu membantu individu atau kelompok masyarakat tertentu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Secara spesifik, panti ini merujuk pada tempat merawat anak yatim atau yatim piatu.

Kegiatan di Panti Asuhan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur memiliki komitmen untuk senantiasa memulaikan anak yatim dengan berbagai program salah satunya program panti asuhan yatim yang saat ini terdiri dari empat panti yakni panti asuhan pondok kelapa, panti asuhan pondok kopi, panti asuhan cibubur, dan panti asuhan Jonggol.

Berikut adalah beberapa kegiatan di panti asuhan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

1. Doa Bersama

kegiatan di panti asuhan

Doa bersama merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Kamis malam atau malam Jum’at. Doa bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin yang rutin ini juga disiarkan langsung di channel youtube Yayasan Rahmatan Lil-alamin (Rahmatan Official).

Nah, bagi sahabat yang ingin ikut serta agenda doa bersama ini dapat mengikutinya melalui aplikasi meeting online atau channel youtube Yayasan Rahmatan Lil-Alamin. Sahabat juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan bantuan logistic atau konsumsi anak-anak yatim dalam agenda ini.

2. Qiyamul Lail

kegiatan di panti asuhan

Qiyamul lail menjadi pembiasaan yang diterapkan bagi anak-anak yatim yang tinggal di panti. Tujuannya ialah membentuk kepribadian yang lebih baik dan taat sehingga anak-anak tersebut tumbuh menjadi anak yang shaleh, taat, dan disiplin.

3. Latihan Seni Baca Al-Quran (Qiroah)

kegiatan di panti asuhan

Latihan seni baca Al-Quran merupakan agenda rutin anak-anak panti Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, harapannya anak-anak mampu membaca Al-Quran dengan baik dan sekaligus memperindah bacaannya.

4. Pelatihan Bela Diri (Taekwondo)

kegiatan di panti asuhan

Pelatihan bela diri dilaksanakan setiap hari ahad, tujuan dari pelatihan bela diri ini ialah untuk membina anak-anak menjadi generasi yang tangguh dan sehat. Bela diri juga menjadi bagian penting untuk memproteksi diri dari berbagai potensi tindakan kejahatan yang marak terjadi.

5. Pelatihan Seni Musik Islami

kegiatan di panti asuhan

Pelatihan seni musik islami di panti asuhan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dilaksanakan setiap hari Sabtu dan hari Ahad. Selain sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan anak dalam memainkan alat music, pelatihan ini juga dapat menjadi sarana hiburan bagi anak-anak di panti.

Demikianlah beberapa kegiatan panti asuhan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur selain kegiatan rutin belajar sekolah. Yuk bantu kembangkan potensi anak yatim dengan sedekah terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Leave a Reply