You are currently viewing Keutamaan Berangkat Shalat Jumat Lebih Awal

Keutamaan Berangkat Shalat Jumat Lebih Awal

Rahmatanlilalamin.or.id, Keutamaan Berangkat Shalat Jumat Lebih Awal – Shalat Jumat merupakan satu dari beberapa tuntunan syariat yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam. Diantara adab shalat Jumat ialah berangkat lebih awal ke mesjid untuk shalat Jumat.

Berangkat lebih awal untuk shalat Jumat memiliki beberapa keutumaan besar bagi siapa saja yang melakukannya. Lantas, apa saja keutamaan berangkat shalat Jumat lebih awal? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Shalat Jumat merupakan salah satu kewajiban bagi seorang muslim di hari Jumat, terutama bagi laki-laki. Hukum melaksanakan shalat Jumat bagi laki-laki adalah fardhu ‘ain artinya shalat Jumat wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mukalaf.

Kewajiban shalat Jumat tertuang dalam firman Allah sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ الله وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang beriman, apabila kamu diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat Allah. Tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumu‘ah ayat 9)

Dikutip dari Madani News, kata “ila dzikrillah (mengingat Allah” yang diperintahkan untuk dilakukan segera dalam ayat tersebut ditafsirkan sebagai shalat Jumat. Pendapat lain menafsirkannya dengan khutbah Jumat.

Kemudian, secara dzhahir perintah dalam ayat “Fas’au ila dzikrillah” mengarah pada arti wajib. Larangan jual beli dalam ayat ini semakin mempertegas kewajiban shalat Jumat. Sebab, jual-beli pada dasarnya mubah. Hukumnya bisa haram apabila berdampak pada kelalaian kewajiban shalat Jumat sesuai dengan kaidah.

Keutamaan Berangkat Lebih Awal Shalat Jumat

Keutamaan Berangkat Shalat Jumat Lebih Awal

Seorang muslim hendaknya menyegerakan berangkan ke masjid untuk melakukan shalat Jumat, hal itu tak lain karena terdapat keutamaan berangkat lebih awal shalat Jumat. Disebutkan bahwa malaikat mencatat siapa saja yang datang pertama hingga imam sudah duduk diatas mimbar. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi berikut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ الْمَلاَئِكَةُ يَكْتُبُونَ الأَوَّلَ فَالأَوَّلَ فَإِذَا جَلَسَ الإِمَامُ طَوَوُا الصُّحُفَ وَجَاؤُوا يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ.

“Jika tiba hari Jumat, para malaikat berada di setiap pintu masjid untuk mencatat siapa yang datang pertama. Jika Imam sudah duduk (di mimbarnya) para malaikat itu menutup catatannya dan masuk ke masjid untuk mendengarkan khutbah.” (HR. Bukhari).

Seorang Muslim yang berangkat lebih awal untuk shalat Jumat akan mendapatkan beberapa keutamaan berangkat shalat Jumat lebih awal antara lain sebagai berikut.

1. Mendapatkan Pahala Lebih Besar

Keutamaan berangkat shalat Jumat lebih awal salah satunya ialah mendapatkan pahala lebih besar. Seorang muslim hendaknya menyegerakan berangkat shalat Jumat agar berangkat lebih awal. Nabi SAW bersabda:

“Barangsiapa mandi di hari Jumat seperti mandi junub (keramas) kemudian berangkat di gelombang pertama maka seperti sedekah unta, barang siapa berangkat gelombang kedua maka seperti sedekah sapi, barang siapa berangkat di gelombang ketiga maka seperti sedekah kambing, barang siapa berangkat di jam keempat maka seperti sedekah ayam, barang siapa berangkat di jam kelima maka seperti sedekah telor. Jika imam sudah keluar maka malaikat hadir untuk mendengarkan dzikir.” (Muttafaq Alaih).

Hadits diatas menyebutkan beberapa keutamaan yang akan didapat oleh seorang muslim yang berangkat lebih awal untuk shalat Jumat. Semakin awal ia berangkat, maka akan semakin besar keutamaan yang akan didapat, dalam hadits diatas disebutkan seperti sedekah atau berkurban dengan unta.

Para ulama berbeda pendapat mengenai waktu-waktu berangkat shalat Jumat yang disebutkan dalam hadits diatas. Namun demikian, seorang Muslim tetap dianjurkan untuk tetap berangkat lebih awal ketika shalat Jumat baik satu jam atau kurang sebelum Shalat dan sebelum imam naik ke mimbar.

2.  Lebih dekat dengan Allah

Keutamaan selanjutnya bagi orang yang berangkat Jumat lebih awal ialah membuat orang tersebut senantiasa lebih dekat dengan Allah Ta’ala, yang mana lebih dekat dengan Allah menjadi salah satu keistimewaan yang diinginkan oleh setiap muslim.

Saat seorang muslim lebih dekat dengan Allah, hatinya akan selalu berada dalam ketenangan, selalu diberkahi dalam jalan kebaikan, serta diberi kemudahan untuk melakukan segala urusan, baik urusan dunia maupun akhirat.

Imam Al-Ghazali menjelaskan, “Sesungguhnya jarak dekatnya manusia saat melihat Allah SWT nanti, tergantung dengan waktu datangnya ia salat Jumat.”

3. Mampu melakukan banyak amalan lain

Berangkat shalat Jumat lebih memungkin seseorang untuk melakukan lebih banyak amalan lain setiba di mesjid. Mulai dari kesempatan untuk duduk di shaf paling depan.

Baca Juga: Lima Keutamaan Puasa Sunnah Syawal

Selain itu, seseorang juga dapat melakukan amalan-amalan lain seperti shalat tahiyatul mesjid, melakukan itikaf, memperbanyak dzikir dan shalawat, serta medengarkan khutbah Jumat lebih awal.

Sempurnakan Hari Jumatmu dengan Sedekah

Hari Jumat sebagai hari yang mulia bagi umat Islam memiliki banyak keutamaan. Pada hari ini umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan sunnah selain melaksanakan kewajiban shalat Jumat berjamaah di mesjid. Diantara amalan sunnah yang dapat dikerjakan pada hari Jumat ialah membaca QS. Al-Kahfi dan memperbanyak tilawah, memperbanyak dzikir dan shalawat, melakukan mandi sebelum shalat Jumat, memakai wewangian, berangkat shalat Jumat lebih awal, dan Sedekah.

Sedekah merupakan salah satu amalan terbaik yang dapat ditunaikan pada hari Jumat, disebutkan bahwa sedekah pada hari Jumat pahalanya dilipatgandakan. Dalam kitab Al Umm, Imam Syafi’i Berkata:

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Yuk sempurnakan keutamaan hari Jumat dengan menunaikan sedekah terbaik di hari Jumat, bagi sahabat yang ingin menunaikan sahabat donasi terbaiknya dapat mengakses tautan berikut ini https://indonesiaberbagi.id/donasi/.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply