You are currently viewing Tujuh Keutamaan Shalat Tahajud di Sepertiga Malam

Tujuh Keutamaan Shalat Tahajud di Sepertiga Malam

Rahmatanlilalamin.or.id – Shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan bagi umat Islam. Ada banyak keutamaan shalat tahajud di sepertiga malam yang akan bagi siapa saja yang melaksanakannya dengan ikhlas dan istiqamah.

Bangun di 1/3 malam bagi sebagian orang merupakan perkara yang berat, tidak semua orang mampu untuk konsisten melaksanakannya. Namun demikian, Allah menyediakan balasan atau ganjaran yang besar bagi siapa saja yang melaksanakannya. Hal itu sebagaimana terdapat dalam firman-Nya berikut ini.

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”. (QS. Al-Isra: 79)

Adapun keutamaan shalat tahajud di sepertiga malam bagi seorang muslim antara lain sebagai berikut.

Keutamaan Shalat Tahajud di Sepertiga Malam

1. Mendapat Derajat yang Mulia

Seseorang yang melaksanakan shalat tahajud ia akan mendapat derajat yang terpuji dan senantiasa berada dalam lindungan Allah Ta’ala. Mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah sama artinya dengan mendapatkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Allah Ta’ala Berfirman:

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”. (QS. Al-Isra: 79)

2. Mengikuti Jejak Tradisi Orang Shaleh

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang juga menjadi tradisi orang-orang shaleh. Mereka melakukannya secara konsisten untuk memohon ampunan, kesehatan, dan perlindungan dari perbuatan dosa. Rasulullah SAW bersabda:

“Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit tubuh” (HR. Tirmidzi)

3. Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Setelah melaksanakan shalat tahajud seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa, sebab sepertiga malam merupakan waktu mustajab untuk berdoa.

Menurut Imam Syafii, doa shalat tahajud adalah laksana anak panah yang tak pernah melesat dari sasarannya.

4. Termasuk ke Dalam Golongan Orang yang Diridhoi Allah

Orang yang istiqamah melaksanakan shalat tahajud termasuk ke dalam golongan orang-orang yang diridhoi oleh Allah. Tentunya seseorang yang mendapatkan keridhoan-Nya akan memiliki hati yang diluputi perasaan tenang.

“Tiga orang yang diridhoi Allah SWT yaitu orang yang pada tengah malam bangun dan shalat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk shalat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah” (HR Abu Ya’la)

5. Mendapat Pengampunan Dosa

Shalat tahajud meskipun terasa berat karena dilaksanakan pada waktu dimana orang-orang terlelap tidur memiliki keutamaan yang besar diampuni dosa, dikabulkan permintaan dan diberikan keridhoan Allah.

“Pada tiap malam, Tuhan Kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Kuperkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepadaKu, akan Kuperkenankan permintaannya. Dan barangsiapa yang meminta ampunan kepadaKu, Aku ampuni dia”. (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Meraih Surganya Allah

Shalat tahajud menjadikan seorang hamba yang menunaikannya berpeluang masuk ke dalam surga.

“Dirikanlah shalat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian” (HR. Ahmad, Ibnu HIbban, dan Hakim).

Baca Juga: 7 Tips Istiqamah Shalat Tahajud di Sepertiga Malam

7. Mendatangkan Ketenangan

Shalat tahajud juga memiliki dampak positif bagi kondisi hati seseorang, sebab melaksanakan shalat tahajud di sepertiga malam dapat mendatangkan kentraman hati dan pikiran.

“Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia salat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya.” (Muttafaq Alaih).

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply