You are currently viewing Kiat Khusyuk dalam Menunaikan Shalat

Kiat Khusyuk dalam Menunaikan Shalat

Kiat Khusyuk Dalam Shalat – Setiap muslim diwajibkan untuk mendirikan shalat lima waktu dalam sehari. Shalat sendiri merupakan salah satu rukun islam dan juga amalan yang pertama akan dihisab pada hari perhitungan kelak. Oleh karena itu, setiap muslim memiliki kewajiban untuk melakukan shalat dengan khusyuk.

Dalam kehidupan sehari-hari, segala aktivitas dan masalah kehidupan pastinya banyak menyita waktu dan juga pikiran. Seringnya, segala aktivitas dan masalah yang dihadapi terbawa ketika sedang mendirikan shalat sehingga shalatnya menjadi tidak khusyuk.

Kiat Khusyuk Dalam Shalat
Khusyuk merupakan salah satu tanda keikhlasan.

Khusyuk menjadi sesuatu yang sulit, akan tetapi ia menjadi bukti keikhlasan seorang hamba dalam beribadah. Hal itu dikarenakan hanya mereka yang ikhlas beribadah karena Allah dan shalat karena-Nya yang dapat melakukan shalat dengan khusyuk. Tanpa keikhalsan, maka seseorang hanya melakukan kekhusyukan palsu atau yang sering disebut dengan kekhusyukan dusta. Bahkan, tanpa keikhlasan dalam ibadahnya seseorang bisa saja berbuat riya atau megharapkan sesuatu dari makhluk.

Sahabat, khusyuk merupakan salah satu syarat diterimanya ibadah kita termasuk ibadah shalat. Berikut kiat khusyuk dalam shalat yang bisa kita usahakan.

1. Berserah diri sepenuhnya kepada Allah

Saat shalat seorang muslim haruslah berada dalam keadaan pasrah dan berserah diri secara total. Saat kita pasrah dan berserah diri maka kesadaran akan tumbuh akan pentingnya pertolongan serta bantuan-Nya. Lebih dari itu, saat kita berpasrah dan berserah diri kepada Allah, kita juga akan menyadari bahwa segala hal yang terjadi di muka bumi ini berada dalam kehendak-Nya.

2. Merasa sebagai makhluk yang paling hina di dunia

Salah satu penyebab tidak khusyuknya shalat kita ialah dikarenakan kita sering membahwa jabatan dunia dalam shalat kita. Seringnya kita merasa bahwa diri kita harus dihormati karena jabatan tersebut. Perasaan seperti inilah yang meski dihapus saat mendirikan shalat sehingga dapat meraih kekhusyukan didalamnya.

Salah satu cara menghapusnya ialah dengan berserah diri kepada Allah dan menumbuhkan bahwa kita ini hanyalah makhluk yang lemah dan hina disisi-Nya. Segala jabatan yang kita emban juga pada dasarnya adalah amanah yang kelak akan dimintai pertangungjawaban oleh-Nya.

Kiat Khusyuk Dalam Shalat
Mintalah rahmat dan kasih sayang dari-Nya.

3. Mengharapkan Rahmat dan Kasih Sayang-Nya

Shalat merupakan ibadah yang akan mendekatkan kita kepada Allah. Sebab itu, sudah selayaknya saat kita shalat dapat mengantarkan pada harapan akan kasih sayang dan rahmat-Nya. Ketika sedang shalat, pada hakikatnya kita sedang berhadapan langsung dengan Allah Swt, untuk itu mintalah rahmat dan kasih sayang dari-Nya.

4. Menumbuhkan rasa takut atas azab-Nya

Dalam Al-Quran telah disebutkan bahwa akan ada sebagian golongan yang celaka, dimana orang tersebut adalah orang yang lalai dalam shalatnya. Oleh karena itu, tanamkanlah rasa takut atas azab-Nya ketika mendirikan shalat, bayangkanlah betapa pedihnya azab dari dosa-dosa dan kelalaian yang telah diperbuat.

Baca Juga : Sebait Doa Ditengah Pandemi

5. Membayangkan nikmatnya surga

Tak hanya menumbuhkan rasa takut atas azab Allah, kita juga perlu membayangkan betapa nikmatnya surga yang dijanjikan Allah. Dengan demikian harapan dan optimis dalam hati kita akan tumbuh sehingga mendorong kita untuk memperbanyak amal shaleh serta meningkatkan kekhusyukan dalam menunaikannya.

Selanjutnya kita juga dapat mendambakan betapa bahagianya saat mendapat kesempatan untuk melihat dan bertemu dengan-Nya di surga kelak. Tidak ada kebahagiaan apapun yang dapat melebihi kebahagiaan seseorang yang dapat melihat dan bertemu dengan-Nya.

Leave a Reply