Lakukan ini Untuk Tingkatkan Kekebelan Tubuhmu

Lakukan ini Untuk Tingkatkan Kekebelan Tubuhmu

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun merupakan sistem perlindungan yang ada didalam tubuh manusia. Adapun fungsi utama dari sistem ini ialah menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyerang serta meninggalkan berbagai macam penyakit. Sistem ini terdiri dari sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai cirus, bakteri, jamur dan parasit.

Jika kekebalan tubuh seseorang kuat, maka orang tersebut tidak akan mudah untuk sakit. Sebaliknya, disaat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman atau virus yang menyerang akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi sehingga orang tersebut akan mudah untuk terkena penyakit.Dan salah satu virus yang saat ini dapat menyerang seseorang yang imunitasnya lemah adalah Covid-19 atau infeksi virus Corona.

Menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangatlah penting, terlebih disaat pandemi Covid-19 yang terus mewabah sampai saat ini. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, misalnya dengan mengonsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh, konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan menjaga kebersihan. Selain itu, dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sahabat juga bisa melakukan hal-hal berikut.

1. Berolahrga secara teratur

Berolahraga secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Tidak hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga juga sangat baik untuk mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Agar kesehatan dan imunitas tubuh tetap terjaga, waktu olahraga yang disarankan ialah selama 20-30 menit dalam sehari. Banyak pilihan olahraga yang dapat dipilih untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda, senam aerobik hingga melakukan latihan fisik di gym.

2. Mengelola stres

Stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi lama kelamaan dapat menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Untuk itu mengelola stres sangat perlu agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Dalam hal ini sahabat bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi, cukupi istirahat, bersosialisasi dan melakukan relaksasi untuk meredakan stres. Selanjutnya jika perlu, sahabat bisa berkonsultasi langsung dengan dokter ataupun psikolog untuk mengatasi stres yang sahabat alami.

3. Tertawa

Tertawa selain menandakan seseorang dalam kondisi yang baik ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuhpun akan tetap terjaga.

4. Istirahat yang cukup

Beristirahat dengan waktu yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Hal itu dikarenakan ketika seseorang cukup tidur dan istirahat, tubuhnya akan lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi. Selain itu, istirahat yang cukup dapat meningkatkan mood seseorang sehingga tidak mudah stres.

Oleh karena itu, aturlah waktu sebaik mungkin antara waktu istirahat dan waktu bekerja. Seseorang memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari agar kekebalan tubuhnya tetap terjaga.