You are currently viewing Temukan Kebahagiaan dengan Belajar Mencintai Diri Sendiri

Temukan Kebahagiaan dengan Belajar Mencintai Diri Sendiri

Langkah Mencintai Diri Sendiri – Kebahagiaan merupakan salah satu hal yang dicari oleh hampir setiap orang di muka bumi ini. Kebahagiaan juga menjadi salah satu tanda kehidupan yang baik, kemudian bagaimana cara mencari kebahagiaan yang sesungguhnya?

Kebahagiaan pada dasarnya terletak pada tingkat syukur yang ada dalam diri, semakin mampu bersyukur dengan segala hal yang ada, semakin terbuka juga jalan menuju kebahagiaan yang diinginkan.

Diantara bentuk syukur tersebut ialah menerima segala hal yang ada dalam diri sendiri, bahasa lainnya ialah mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Mencintai diri sendiri disini bukan dalam artian mengembangkan kepribadian narsistik yang menyimpang. Mencintai diri sendiri disini ialah dapat melapangkan hati untuk menerima segala kelebihan tanpa harus merasa tinggi hati serta merangkul segala kekurangan diri tanpa ada yang ditutupi.

Saat Anda mampu mencinta diri sendiri, waktu untuk membandingkan diri sendiri secara perlahan akan tergantikan dengan waktu untuk memperbaiki diri sendiri menjadi lebih baik. Selain itu, saat Anda mampu menerima diri sendiri, saat itu juga Anda memiliki banyak waktu luang untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri.

Langkah Sederhana untuk Belajar Mencintai Diri Sendiri

Langkah Sederhana Mencintai Diri Sendiri
Bahagia dengan mencintai diri sendiri. (Foto: Pixabay)

Langkah awal yang harus dilakukan agar bisa mencintai diri sendiri ialah mengenali terlebih dahulu diri sendiri, sebab dengan mengenalinya kita akan memahami apa yang menjadi kelebihan, kekurangan, kebutuhan, dan apa yang meski dihindari.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini sebagai proses untuk mencintai diri sendiri untuk menemukan kebahagiaan yang hakiki.

1. Penuhi Kebutuhan diri Sendiri dengan Baik

Setelah mengenali diri sendiri, tentunya Anda akan mengetahui apa saja kebutuhan diri sendiri. Dengan demikian, langkah yang harus dilakukan ialah memenuhi kebutuhan diri sendiri baik dari sisi fisik, psikis, rohani, dan mental.

Misalkan, Anda mengetahui bahwa tubuh anda memerlukan istirahat selama 7-8 jam di malam hari, dengan begitu Anda harus memenuhi kebutuhan tersebut dengan beristirahat selama 7-8 jam di malam hari untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Dalam memenuhi setiap kebutuhan diri, perlu diperhatikan juga bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam hal ini, usahakan agar setiap kebutuhan dipenuhi dengan cara yang sehat. Misalkan saat anda memerlukan makan agar memiliki tenaga, maka yang harus Anda lakukan ialah memenuhi kebutuhan makan dengan menu makan yang sehat.

2. Ngobrol dengan diri sendiri

Ngbrol atau bicara dengan diri sendiri menjadi cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk belajar mencintai diri sendiri. Dalam hal ini Anda dapat ngobrol dengan diri sendiri dalam hati baik di kamar tidur, kamar mandi, ataupun cermin, langkah ini diharapkan dapat menjadikan Anda lebih bersahabat dengan diri Anda.

Berbicara dengan diri sendiri juga memiliki manfaat untuk lebih fokus membenahi diri sehingga termotivasi untuk menjadi lebih baik dan juga menjadi sarana untuk menyalurkan emosi yang terpendam.

3. Belajar menerima diri sendiri

Proses belajar mencintai diri sendiri bisa dimulai dengan mulai menerima diri sendiri apa adanya, yang mana di dalamnya sudah satu paket dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Saat Anda memiliki pandangan yang baik terhadap diri sendiri, maka hal tersebut dapat menjadi pemantik hadirnya rasa percaya diri.

Agar mampu menerima diri sendiri, Anda dapat memulainya dengan mengingatkan bahwasannya kepribadian yang baik tidak hanya terlihat dari luarnya saja. Sebab, saat Anda merasa nyaman tentang diri Anda sendiri dan siapa Anda sebenarnya, hal tersebut akan membawa diri pada kepercayaan diri yang penuh dan membentuk pola pikir bahwasannya penampilan tidak hanya berkaitan dengan paras yang cantik dan tubuh yang ideal melainkan dengan hati dan pikiran.

4. Carilah lingkungan yang positif

Salah satu langkah untuk belajar mencintai diri sendiri ialah mencari lingkungan yang positif. Carilah orang sekitar yang menyayangi anda dan memiliki pandangan yang positif.

Sebab, dengan kebiasaan positif tersebut Anda akan terbawa suasana dan kebiasaan yang positif sehingga menjadikan diri Anda jauh lebih baik.

5. Hindari konsumsi berita negatif

Setiap orang tentunya memiliki rasa ingin  tahu yang mendalam dalam segal hal. Namun demikian, jangan sampai rasa ingin tahu tersebut menjerumuskan Anda pada seumber negative yang dapat menimbul rasa khawatir ataupun hal-hal negatif lainnya.

Baca Juga : Qanaah, Merasa Cukup dengan Apa yang Allah Berikan

Konsumsi berita negatif yang berisi tentang kekerasan, kebencian, ataupun kejahatan dari media dapat menjadikan anda terbebani dan merasa takut yang kemudian menjadikan pikiran tidak sehat.

Dengan demikian, sebiasa mungkin hindari berita-berita yang negatif dan kurangi aktivitas berselencar di media sosial. Perbanyak interaksi dengan orang-orang yang positif dan dapat menjadikan Anda paham bahwa Anda sangat berharga di dunia ini.

Leave a Reply