You are currently viewing Lima Cara Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Lima Cara Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan – Sahabat, kesehatan saat ini menjadi sangat penting untuk dipelihara. Ditengah kondisi pandemi gelombang kedua saat ini, semua orang sangat dianjurkan untuk memelihara diri agar tetap sehat dan jangan sampai sakit. Adapun salah satu cara untuk menciptkan diri dan lingkungan yang sehat ialah dengan menjaga kebersihan diri sendiri ataupun lingkungan tempat tinggal kita.

Dalam ajaran islam, kebersihan erat kaitannya dengan istilah kata kesucian atau thaharah. Islam menganjurkan kepada umatnya untuk merawat diri agar selalu bersih dan bersuci dari hadas-hadas yang ada. Terlebih ketika seorang muslim hendak menunaikan ibadah mahdah seperti shalat.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

menjaga kesehatan diri dan lingkungan pada dasarnya merupakan hal yang sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi tidak semua orang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri ataupun lingkungan. Tentunya kondisi seperti ini menjadi tantangan bagi kita untuk mengajak orang lain agar menyadari betapa pentingnya kebersihan diri sendiri ataupun lingkungan sehingga dapat mewujudkan lingkungan yang sehat dan terbebas dari berbagai dampak negatif lingkungan yang kotor.

Alasan Pentingnya Menjaga Kebersihan

1. Alasan Sosial

Sebagai makhluk sosial, salah satu tugas manusia adalah saling menjaga dengan sesama. Ditengah kondisi pandemi covid-19 yang melanda saat ini, setiap orang patut menyadari bahwa menjaga kebersihan diri dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga orang lain juga.

Virus corona merupakan virus kasat mata yang sangat mudah untuk menular baik itu melalui kontak langsung dengan orang yang terpapar ataupun melalui udara. Siapapun bisa menjadi pembawa virus dan menularkannya kepada orang lain sehingga setiap orang wajib menjaga kebersihan serta protokol kesehatannya agar dapat mengurangi potensi penularan kepada orang lain.

2. Alasan Kesehatan

Kebersihan diri yang buruk dapat mengundang banyak risiko terserang  berbagai penyakit seperti diare dan infeksi virus lainnya. Tentunya ketika seseorang mampu untuk memelihara kebersihan dirinya ia dapat meminimalisir terkena berbagai penyakit.

3. Alasan Psikologis

Tahukah sahabat, kondisi diri dan lingkungan yang kotor dapat berpengaruh pada kondisi kejiwaan seseorang, terutama dalam ruang lingkup sosial. Selanjutnya, kondisi tubuh dan lingkungan yang bersih juga dapat mendorong seseorang untuk lebih konsentrasi dalam beraktivitas seperti kerja ataupun belajar.

Panduan Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar pada dasarnya meruapakan hal yang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh siapapun tanpa ada syarat dan ketentuan. Salah satu langkah yang paling sederhana ialah membiasakan diri untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat secara konsisten dan disiplin.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Kebersihan diri dan lingkungan dapat memberikan banyak dampak baik bagi diri sendiri maupun kehidupan sosial. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

1. Membiasakan Diri untuk Mencucui Tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu aktivitas yang sangat dianjurkan saat ini. Hal itu dikarenakan mencuci tangan dipercayai dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona. Mencuci tangan sangat penting untuk dilakukan, terlebih setelah memegang benda ataupun sebelum makan dan minum.

Mengingat tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sering digunakan baik untuk makan, minum, memegang benda hingga bersalaman. Untuk itu penting untuk diingat setiap kali memegang benda ataupun hendak makan dan minum agar selalu mencuci tangan agar terbebas dari bakteri tak kasat mata yang menempel.

Selain mencuci tangan secara rutin, kita juga dianjurkan untuk menggunting kuku secara rutin. Dalam sebuah penelitian, kuku merupakan tempat bersarangnya bakteri-bakteri tak kasat mata sehingga kuku yang kotor dan panjang dapat berpotensi besar untuk mengundang bakteri-bakteri untuk masuk kedalam tubuh kita.

2. Mandi Minimal  2 Kali Sehari

Mandi merupakan aktivitas yang biasa dilakanakan di pagi hari sebelum berangkat ke kantor ataupun ke sekolah. Ketika mandi, seluruh anggota tubuh dibasuh menggunakan sabun dan air sehingga bakteri yang menempel pada tubuh ikut terbawa air. Untuk menjaga kebersihan diri, seseorang dianjurkan untuk mandi minimal dua kali selama satu hari.

3. Mencuci Pakaian Secara teratur

Agar kebersihan diri tetap terjaga, cucilah pakaian sahabat secara teratur. Usahakan baju yang telah dipakai langsung dicuci agar kotoran yang menempel tidak menetap dibaju dalam jangka waktu yang relatif lama. Selain baju dan celana yang sering digunakan untuk beraktivitas, cucilah pakaian-pakain lainnya seperti seprai, sarung, peci ataupun sajadah secara teratur.

4. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Sedari kecil kita telah diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal itu bertujuan agar tidak ada sampah yang berserakan dan kemudian mengakibatkan terjadinya tumpukan sampah yang menimbulkan bau tak sedap. Bau yang ditimbulkan sampah dapat mengundang binatang seperti lalat dan tikus yang memiliki potensi untuk menularkan penyakit.

Baca Juga : Sunah Mencuci Tangan Dalam Islam

Selain membuang sampah pada tempatnya, agar lingkungan tetap terjaga kita dapat memilah terlebih dahulu sampah yang akan dibuang. Lebih dari itu, kita juga bisa memulai program diet sampah untuk keberlangsungan hidup generasi-generasi selanjutnya.

5. Melakukan Daur Ulang dan Reboisasi

Sampah dari hari kehari kian mengalami penumpukan, terutama sampah plastik yang memerlukan waktu yang sangat lama untuk diurai. Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah ialah dengan cara mendaur ulang sampah.

Selanjutnya kita juga melakukan reboisasi (penghijauan kembali) untuk tetap melestarikan lingkungan. Seperti kita ketahui, lingkungan yang hijau dan banyak pepohonan dapat menjadikan udara sejuk dan bersih. Untuk itu, agar lingkungan tetap sehat kita dapat melakukan reboisasi atau menanam tanaman-tanaman disekitar rumah kita.

Leave a Reply