You are currently viewing Lima Keutamaan Shalat Tarawih, Salah Satunya Pererat Tali Silatirahmi
(Foto: Unsplash/imad-alassiry)

Lima Keutamaan Shalat Tarawih, Salah Satunya Pererat Tali Silatirahmi

Lima Keutamaan Shalat Tarawih – Jika dihitung mundur, bulan Ramadhan tahun ini tidak lama lagi akan segera tiba, menyikapi hal tersebut tentunya sebagai seorang muslim harus menyiapkan berbagai persiapan untuk menyambut bulan suci penuh berkah tersebut.

Pada bulan Ramadhan terdapat salah satu ibadah yang hanya dapat dilaksanakan hanya pada bulan Ramadhan selain puasa wajib dan zakat fitrah yakni shalat sunnah tarawih. Shalat sunnah Tawarih di bulan Ramadhan merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan.

Selanjutnya, shalat Tarawih memiliki kandungan dan keutamaan tersendiri jika dilaksanakan oleh seorang muslim terlebih dilaksanakan secara berjamaah. Dengan demikian, umat islam harus mematrikan dalam hatinya untuk secara konsisten melaksanakan shalat sunnah ini dengan khusyuk pada bulan Ramadhan.

Berikut adalah lima keutamaan shalat Tarawih yang wajib kamu ketahui.

1. Menghapus dosa di masa lalu

Lima Keutamaan Shalat Tarawih
(Foto: unsplash/positive-moslem-attitude)

Ibadah puasa di bulan Ramadhan dan shalat tarawih merupakan dua hal yang saling memiliki keterkaitan, puasa dan shalat tarawih merupakan satu pkaet yang tak bisa dipisahkan di bulan Ramadhan.

Diriwayatkan, bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhn seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau,” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Berkaitan dengan dosa yang dimaksud dalam hadits di atas, terdapat perbedaan pandangan dan pendapat di kalangan ulama apakah dosa kecil atau besar.

Ulama Imam Nawawi mengatakan bahwa shalat tarawih menghapus dosa kecil. Kemudian ada juga para ulama yang berpendapat bahwa tarawih dapat menghapus dosa kecil dan dosa besar.

Dosa merupakan salah satu perkara yang tak bisa dihindarkan oleh seorang muslim, dengan demikiann shalat tarawih menjadi ibadah yang dapat dikejar di bulan Ramadhan ini untuk meraih ampunan atas dosa yang telah berlalu.

2. Memakmurkan mesjid

Lima Keutamaan Shalat Tarawih
(Foto: unplash/mohd-danish-hussain)

Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah di bulan Ramadhan yang digelar secara berjamaah di mesjid, hal ini tentu menjadikan mesjid lebih ramai, hikmat, dan tenang.

Selain memakmurkan mesjid, shalat berjamaah juga memiliki ganjaran sebanyak 27 derajat.  Rasulullah SAW bersabda: “Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari).

3. Pahala Seperti Shalat Qiyamul Lail Semalam Penuh

Keutamaan shalat Tarawih di bulan Ramadhan selanjutya ialah memiliki pahala seperti hanya shalat semalam penuh. Selain itu, shalat tarawih juga dianjurkan untuk dilaksakan secara berjamaah meskipun di rumah.

Rasulullah SAW bersabda : “Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

4. Meningkatkan ketakwaan dan kedekatan diri kepada Allah

Lima Keutamaan Shalat Tarawih
(Foto: unsplash/positive-moslem-attitude)

Setiap ibadah yang dilaksakan oleh seorang muslim dengan khusyuk tentunya dapat meningkatkan ketakawaan dan kedekatan diri kepada Allah.

Begitu pun dengan shalat tarawih, saat kita mampu mengerjakannya dengan khusyuk dan berjamaah, maka akan timbul ketenangan batin yang merupakan salah satu tanda meningkatkanya ketakwaan dan rasa dekat terhadap Allah.

Semakin rutin dan khusyuk dalam melaksakan shalat sunnah ini di bulan Ramadhan, maka seorang muslim akan memperoleh nikmat yang hakiki yakni meningkatnya ketakwaan dalam dirinya.

5. Mempererat tali silaturahmi sesama muslim

Shalat Tarawih menjadi salah satu kesempatan bagi umat islam untuk mempererat tali persaudaraannya, hal itu akan didapat saat umat islam melaksanakan shalat tarawih berjamaah.

Saat shalat tarawih berjamaah, hati akan menjadi tenang dan khusyuk. Selain itu, saat shalat Tarawih berjamaah kita akan mendapatkan siraman rohani pada setiap kultum atau kajian yang digelar bersamaan dengan shalat Tarawih.

Dalam kondisi pandemi ini, setiap muslim dianjurkan untuk terus menjaga diri sendiri dan saudaranya yang lain dengan menjalankan protokol kesehatan.

Dengan menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan shalat Tarawih berjamaah di mesji akan menjadikan pelaksanaan ibadah ini berjalan dengan aman dan nyaman.

Ramadhan Bulannya Berbagi

Sahabat, tamu agung yakni bulan Ramadhan sebentar lagi akan segera tiba, meski masih menjalani Ramadhan dalam kondisi pandemi Covid-19, namun suka cita menyambut Ramadhan jangan pernah redup.

Semoga kita semua dapat mengisi dan memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan serta diberikan kesehatan yang paripurna untuk melaksanakannya.

Bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan bagi kita untuk terus berbagi dan saling menguatkan dengan sesama. Mari berbagi lagi di bulan Ramadhan ini dengan sedekah dan infak untuk saling menguatkan dengan sesama.

Mari berbagi sekarang melalui situs https://indonesiaberbagi.id/donasi/.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply