You are currently viewing Lima Manfaat Makanan yang Dikukus untuk Kesehatan

Lima Manfaat Makanan yang Dikukus untuk Kesehatan

Manfaat Makanan yang Dikukus – Dalam mengolah makanan terdapat berbagai metode yang dapat digunakan dalam menyajikan makanan mulai dari digoreng, dibakar, dipanggang, direbus, dan dikukus.

Adapun metode yang dianjurkan untuk mengolah makanan agar jauh lebih sehat ialah mengolah makanan dengan cara dikukus. Mengolah makanan dengan cara dikukus tentunya mengundang banyak manfaat bagi kesehatan tubuhmu.

Ditinjau dari segi kesehatan dan kandungan gizi, makanan yang digoreng memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Makanan yang dibakar akan menjadikan pengonsumsinya rentan tergadap penyakit kanker. Sedangkan makanan yang dipanggang dan direbus dapat mengurangi kadar nutrisi yang ada dalam makanan.

Mengolah makanan dengan cara dikukus merupakan teknik mengolah makanan yang sudah terkenal sejak ribuan tahun yang lalu mematangkan makanan.

Agar kualitas hidupmu jauh lebih baik dan sehat, kamu dapat memulainya dengan secara perlahan mengubah cara kamu mengelola atau memasak makanan yakni dengan cara dikukus.

Manfaat Sehat Makanan yang dikukus
Salah satu manfaat mengukus makanan ialah menjaga kandungan gizi yang ada dalam makanan. (Foto: Pixabay)

Berikut adalah sederet manfaat sehat mengonsumi makanan yang dikukus.

1. Rendah Kolestrol

Mengukus makanan menjadi metode yang tepat untuk menghilangkan lemak jahat dibandingkan dengan menggoreng makanan. Selanjutnya, mengukus juga dapat mengurangi kebiasaan menggoreng makanan yang dapat menjadi penghasil lemak jahat pada makanan yang diolah.

2. Menjaga Nutrisi

Saat kamu mengukus makanan, kamu akan tetap menjaga serat, warna tekstur, dan rasa makanan yang kamu kukus khususnya sayuran. Metode ini juga dapat membantu menjaga kandungan vitamin B dan C yang dapat larut dalam air, potasium, fosfor, dan seng.

Selain itu mengukus juga dapat menjaga kandungan mineral yang ada dalam sayuran serta meningkatkan kandungan antioksidan.

3. Rendah Kalori

Mengolah makanan dengan cara dikukus memungkinkanmu untuk mengurangi konsumsi lemak dan kalori. Hal ini tentu dapat mengurangi risikio obesitas dan penyakit jantung.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis memiliki komponen anti-kanker yang disebut glukosinolat. Senyawa ini dapat rusak atau hancur ketika sayuran tersebut diolah dengan metode yang salah.

Baca Juga: Tetap Sehat Ditengah Melonjaknya Kasus Covid-19 Varian Omicron

Mengolah makanan dengan cara dikukus dapat mempertahankan komponen anti-kanker yang ada dalam sayuran tersebut. Dalam hal ini kamu dapat mencoba mengukus sayuran tersebut dengan suhu rendah dan sedikit air.

5. Mengurangi Bahan Pengawet

Mengukus makanan memungkinkanmu untuk menggunakan bumbu yang berlebihan seperti minyak, garam, atau gula yang menjadikan makanan lebih sehat. Hal ini menjadikan makanan yang kamu konsumsi lebih alami dan terhindar dari bahan pengawet.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply