Lima Tips Hadapi Virus Corona, Salah Satunya Bersedekah

Lima Tips Hadapi Virus Corona, Salah Satunya Bersedekah

Senin 02 maret 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) Menyatakan dua WNI positif terkena virus corona. Hal tersebut membuat kepanikan dimana-mana bukan hanya bagi dua warga yang dinyatakan positif melainkan seluruh warga Indonesia juga turut merasakan kepanikan yang sama. Sebagai dampak dari kepanikan tersebut, warga berbondong-bondong membeli masker, hand sanitizer dan cadangan makanan sebagai antisipasi dari penyebaran virus ini.

dua wni dinyatakan positif corona

Hingga senin malam, hampir seluruh toko dan apotek di wilayah jakarta dan sekitarnya kehabisan stok masker dan hand sanitizer, para pengusaha retail menyatakan terjadi lonjakan yang sangat drastis terhadap permintaan dua barang yang dianggap bisa mencegahl penyebaran virus corona tersebut, dan mereka memprediksi akan terjadinya kenaikan harga dari kedua jenis barang tersebut. Sebab permintaan yang tinggi dapat menyebabkan kelangkaan, dan dampak utama dari kelangkaan adalah harga yang melambung tinggi.

Dilansir dari tirto.id Jumlah korban yang terkena virus corona hingga senin 02 Maret 2020 pukul 09.00 WIB, jumlah kasus virus corona COVID-19 mencapai 88.382, dengan jumlah kasus terbanyak di Cina 79.826 dan di Korea Selatan dengan jumlah 3.736 kasus. Negara keempat dengan virus corona COVID-19 adalah Italia sejumlah 1.694 kasus dan Iran dengan 978 kasus. Sementara itu, jumlah total korban meninggal di seluruh dunia mencapai 2.996 orang hingga Senin pagi ini.

Penyebaran virus corona ini cukup ditakuti oleh hampir semua orang , dengan demikian penulis akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan dalam upaya mencegah diri dari virus corona, berikut ini tips dalam menghadapi virus corona.

Tetap tenang jangan panik

Terkadang kita semua sering panik ketika dihadapkan dengan sebuah masalah yang cukup serius, sehingga menimbulkan tindakan yang salah bahkan cenderung membahayakan diri sendiri khususnya dalam menghadapi virus corona ini. Tetaplah tenang dan ikutilah instuksi atau himbauan dari pihak-pihak yang berwenang seperti WHO, Kementrian kesehatan maupun pihak-pihak yang lainnya.

Mintalah kepada Allah swt. yang maha memberi ketenangan, sebab hanya dzat-Nya lah yang bisa memberikan ketengan kepada seluruh hamba-Nya. Adapun dengan ketenagan ini kita bisa menentukan tindakan yang tepat sehingga akan menghasilkan penanganan yang tepat juga.

Jangan Meremehkan dan Jangan Berlebihan

Lagi-lagi semua hal harus dihadapi dengan sikap paling bijaksana, sehingga kita bisa menentukan tindakan yang tepat untuk menghadapinya. Mengenai virus corona ini, jangan sampai kita berlebihan dalam menyikapinya, sehingga kita melakukan tindakan yang salah dan merugikan. Akan tetapi kita juga jangan meremehkannya, sebab bisa saja hal-hal yang berkaitan dengan corona berada disekitar kita.

Carilah info valid mengenai virus corona, pelajari apa yang harus dilakukan dalam pencegahan dan penanganannya serta klarifikasi semua info yang bersebaran di media masa ataupun masyarakat sekitar mengenai virus corona ini. dan tentunya bagikan info-info yang valid kepada orang-orang tercinta serta seluruh masyarakat mengenai semua hal yang berkaitan dengan virus corona.

Berdo’a Kepada Allah Dengan Ikhlas

Sebagai manusia yang lemah dan tidak memiliki daya apa-apa berdo’a kepada Allah swt adalah cara utama yang bisa dilakukan untuk menangani virus corona ini. Sebab hanya dzat-Nya lah yang menguasai seluruh alam ini, termasuk dalam hal yang berkaitan dengan virus corona.

Berdo’alah kepada Allah dengan sepenuh hati, sepenuh harap, dan juga ikhlas berharap perlindungan dari Allah terhadap segala penyakit kulit, gila, repla serta penyakit jelek lainnya. titip semua urusan kita kepada Allah dan minta Allah temani kita dalam segala urusan. Sebab, virus tidak akan membahayakan tanpa seizing Allah Azza wa Jalla.

Perbanyak Sedekah

sedekah adalah salah satu cara melindungi diri dari virus corona

Salah satu keutamaan dari sedekah adalah dikabulkannya do’a kita serta terjaganya diri kita dari berbagai bahaya yang bisa kapan saja menimpa kita. Adapun salah satu bahaya yang mengintai kita saat ini adalah penyebaran virus corona, sebab itu mari kita tingkatkan kadar sedekah kita agar terlindungi dari berbagai macam bahaya.

“bersegeralah bersedekah sebab bala bencana tidak bisa mendahului sedekah”. (HR. Imam Baihaqi)

Gunakan Masker Dengan Bijak

Menggunakan masker bukan cara utama yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, akan tetapi untuk berjaga-jaga kita bisa menggunakannya misal ketika kita sedang terkena batuk atau bersin-bersin dan juga ketika berada di tempat-tempat umum yang dirasa perlu untuk menggunakan masker.

Lengkapilah usaha pencegahan virus corona ini dengan memperbanyak cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Dan jangan lupa juga pahami tata cara penggunaan masker dan membuangnya dengan tepat.