Makna Hari Pahlawan Bagi Generasi Penerus Bangsa

Makna Hari Pahlawan Bagi Generasi Penerus Bangsa

10 November yang kita kenal sebagai Hari Pahlawan merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana puluhan tahun yang lalu para pahlawan kita rela mengorbankan harta, keluarga hingga nyawa mereka untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Berbicara tentang 10 November tentunya kita mengingat sosok pejuang tangguh yang berhasil membakar semangat para pejuang Surabaya untuk berjuang melawan para penjajah dengan pekikan takbirnya yakni Bung Tomo. Dimana pada saat itu para pejuang dihadapkan dengan dua pilihan yakni “Merdeka atau Mati” artinya kalau tidak merdeka maka pilihannya mati.

“Andai tak ada Takbir, saya tidak tahu dengan cara apa membakar semangat para pemuda untuk melawan penjajah”. Bung Tomo

Mengenang, menghargai perjuangan, pengorban dan juga kesetiaan para pahlawan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk kebanggaan kita atas jasa para pahlawan. Tentunya kita tak asing dengan istilah yang mengatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati dan menghargai jasa jasa para pahlawannya”.

Peringatan hari pahlawan ini seharusnya menjadi moment bagi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk membangun semangat persatuan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu. Menjadi pahlawan saat ini tentunya tidak perlu mengangkat senjata seperti pendahulu kita, akan tetapi untuk menjadi pahlawan saat ini kita cukup menjadi panutan dan berwawasan luas serta turut berperan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan semangat hari pahlawan menjadi motivasi bagi semuanya  untuk terus memberikan peran terbaik dan karya nyata bagi bangsa ini agar dihargai oleh bangsa lain. Pemuda sebagai generasi penerus bangsa juga harus mampu berada di garda terdepan dalam menjaga bangsa ini dari berbagai masalah yang ada seperti krisis kesehatan karena pandemi Covid-19, kesenjangan sosial serta meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan di negeri ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menjaga bangsa  saat ini ialah dengan membudayakan kembali sikap gotong royong yang sejak dulu sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia. Mari saling bantu dan bergandengan tangan dengan sesama, agar bangsa ini bisa terlepas dari krisis ekonomi sebagai dampak dari pandemic Covid-19.

Adapun dalam menjaga keutuhan NKRI pemuda harus memiliki dua hal berikut :

1. Berjiwa Intelektual

Berintelektual artinya seorang pemuda harus cerdas, berakal serta berpikiran jernih dan berwawasan luas sehingga dengan kemampuan intlektual tersebut dapat menumbuhkan sifat inovatif dan kreatif. Sosok yang berintelektual diharapkan mampu untuk memajukan dan mengangkat derajat bangsa ini di dunia internasional dengan mengamalkan ilmu yang dimilikinya.

Selanjutnya seorang pemuda yang memiliki intelektual juga memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat disekitar dan bertanggung jawab atas apa yang ia kerjakan. Kelompok pemuda yang memiliki jiwa intelektual juga merupakan organ vital dalam menentukan kemajuan suatu bangsa.

2. Berjiwa Religius

Pemuda yang diharapkan ialah pemuda yang mampu menjaga diri dari perbuatan yang memperburuk citra bangsa ini dengan etika dan moral yang kurang bagus. Untuk mengamalkan intelek yang dimiliki, kita juga harus menimbang nilai-nilai religi. Hal itu dikarenakan tidak sedikit orang-orang yang cerdas namun tidak memiliki jiwa kemanusiaan dan memiliki egoisme yang tinggi sehingga kecerdasan yang dimilikinya tidak bermanfaat bagi masyarakat yang berada di sekitarnya.

Seorang pahlawan sejatinya harus menjadi panutan dan inspirasi bagi yang lainnya, baik dari segi perbuatan maupun dari etika dan moral. Untuk itu, jadikanlah semangat hari pahlawan ini sebagai momen untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas diri.

Di momen yang penuh semangat ini, jangan sampai kita hanya mengingat perjuangan para pahlawan bangsa ini akan tetapi lupa dalam tindakan. Dengan mengilhami sifat intelektual dan religous secara otomatis kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa kita.

Mari kita berikan peran terbaik kita dalam upaya menjaga keutuhan NKRI dengan perannya masing-masing, ada yang berjuang dalam bidang pendidikan, ekeonomi, politik dan meda-medan perjuangan lainnya. Percayalah, apapun yang diberikan untuk bangsa ini, selama itu hal yang positif insyaallah akan bermanfaat bagi semuanya.