You are currently viewing Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan Psikologis

Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan Psikologis

Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan Psikologis – Berbagi merupakan sebuah kata yang sarat akan makna kebaikan dan kebahagiaan, aktivitas sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa syarat dan ketentuan.

Berbagi juga merupakan wujud kepedulian sosial yang dilakukan dengan memberikan bantuan kepada orang lain. Dalam islam berbagi identik dengan sedekah, dan sedekah sendiri sangat dianjurkan serta menjadi amalan utama bagi seorang muslim.

Berbagi sangatlah sederhana dan tidak harus dilakukan dengan hal yang berwujud seperti makanan, uang atau barang serbaguna. Berbagi juga bisa melalui cinta, cerita, semangat, pengalaman, kasih sayang, doa dan bahkan pahala.

manfaat berbagi bagi kesehatan psikologi
Berbagi adalah aktivitas sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa syarat dan ketentuan.

Islam sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk saling berbagi dan tolong menolong dengan sesama. Salah satu pahala yang akan didapatkan ketika seseorang berbagi ialah mendapatkan kegembiraan di hari akhir kelak.

Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang menjumpai saudaranya yang Muslim dengan (memberi) sesuatu yang disukainya agar dia gembira, maka Allah akan membuatnya gembira pada hari kiamat.” (HR. Thabrani).

Selain itu, ganjaran bagi orang yang berbagi juga akan diberikan ketika ia masih hidup di dunia. Salah satu manfaat dari berbagi yang dapat dirasakan oleh seseorang di dunia ialah dapat memelihara kesehatan psikologis atau kesehatan mental. Berikut adalah beberapa manfaat berbagi bagi kesehatan psikologis yang dapat kamu ketahui.

1. Berbagi mengundang kebahagiaan

Mungkin diantara sahabat ada yang pernah mengalami hal ini ketika membantu orang lain disekitar. Ada rasa kebahagiaan tersendiri ketika kita membantu orang lain.

Hal demikian terjadi karena sedekah dapat mengaktivasi bagian otak yang terkait dengan kesenangan, koneksi sosial dan trust yang kemudian menimbulkan efek warm glow serta menimbulkan kesenangan.

2. Berbagi jadikan badan sehat

Kegiatan berbagi menunjukan bahwa kita memiliki dan dapat membagikan dukungan sosial pada orang lain. Hal ini tentunya akan menjadikan tekanan darah jauh lebih rendah dibandingkan orang yang tidak memberi dukungan sosial.

3. Berbagi meningkatkan kerjasama dan hubungan sosial

Bagi orang yang ringan dalam berbagi ia akan mendapat balasan kebaikan dari orang yang diberi ataupun dari orang lain. Pertukaran kebaikan tersebut kemudian dapat memperkuat hubungan sosial yang positif, baik secara lahir ataupun batin.

4. Berbagi Meningkatkan rasa syukur

Berbagi pada dasarnya merupakan bentuk rasa syukur atas segala kebaikan dan kemudahan yang telah diberikan oleh-Nya. Bersyukur tentunya dapat meningkatkan kebahagiaan, Allah akan memberikan ganjaran bagi siapa saja yang bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh-Nya.

Semakin ringan seseorang dalam berbagi, maka rasa syukurnya pun akan meningkat.. Seiring dengan meningkatnya rasa syukur itu, seseorang akan semakin menyadari bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan apa yang berada dalam tangan dan kekuasaannya hanyalah berupa titipan dari-Nya yang sewaktu-waktu akan diambil dan dimintai pertanggung jawaban.

Baca Juga : Santunan Anak Yatim, Beramal Dengan Cara Berbagi

Berbagi merupakan salah satu resep yang dapat diandalkan dalam memelihara kesehatan psikologis. Ia dapat juga dilakukan sebagai ikhtiar untuk mendapatkan ketenangan lahir batin. Selama masih ada umur dan kesempatan, sahabat bisa berbagi dengan sesama ataupun orang yang sedang membutuhkan bantuan.

Yuk berbagi sekarang, berapapun itu semoga Allah catatkan sebagai amal kebaikan yang bermanfaat bagi tiap insan. Klik link dibawah untuk berbagi kebaikan.

http://indonesiaberbagi.id/donasi

Leave a Reply