You are currently viewing Manfaat Sedekah di Hari Jumat

Manfaat Sedekah di Hari Jumat

Rahmatanlilalamin.or.id, Manfaat Sedekah di Hari Jumat – Islam merupakan agama yang mengajarkan kepada para pemeluknya untuk senantiasa berbuat baik kepada sesama manusia salah satunya dengan menunaikan sedekah. Sedekah sendiri merupakan amalan yang mulia dan sangat dicintai Allah.

Sedekah pada dasarnya dapat dilakukan kapan saja dan dengan cara apapun. Akan tetapi, ada hari yang baik dimana seluruh umat Islam dianjurkan untuk menun aikan sedekah pada hari itu, yakni hari Jumat.

Manfaat sedekah di hari Jumat salah satunya mendapatkan pahala yang berlipatganda. Imam Syafii dalam kita Al-Umm meriwayatkan hadits Nabi berikut ini.

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Berdasarkan hadits tersebut dapat dipahami bahwa sedekah di hari Jumat dapat memberikan pahala yang lebih besar dan berlipat ganda. Selain itu, Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan bahwa sedekah di hari Jumat sama seperti halnya sedekah di bulan Ramadhan.

“Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407)

Poto sedekah jumat
Distribusi sedekah jumat berkah.

Manfaat atau keutamaan tersebut tak lain karena hari Jumat sendiri yang merupakan salah satu hari raya bagi umat Islam, yang mana pada hari tersebut umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amal baik termasuk menunaikan sedekah.

Selain itu, sedekah juga sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan, yang mana bulan tersebut merupakan bulan yang sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Disebutkan bahwasannya Rasulullah intensitas sedekahnya di bulan Ramadhan lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lain.

Namun demikian, kesempatan memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan hanya datang satu tahun sekali. Dalam hal ini, kamu dapat belajar istiqamah dalam sedekah pada bulan-bulan pada hari dan bulan lainnya terutama pada hari Jumat.

Sebagai seorang Muslim, hendaknya kita senantiasa meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Salah satu cara bersyukur yang bisa kita lakukan ialah dengan menunaikan sedekah dalam kondisi apapun dan pada waktu-waktu yang dianjurkan, seperti pada hari Jumat.

Baca Juga: Keutamaan Berangkat Shalat Jumat Lebih Awal

Tidak perlu menunggu baik untuk bersedekah, karena sedekahlah yang akan membawa kita pada kebaikan yang berlipat ganda. Jadi, sudah siapkan kamu bersedekah hari ini?

Yuk tunaikan sedekah Jumatmu di https://indonesiaberbagi.id/donasi/

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply