You are currently viewing 5 Manfaat Silaturahmi Bagi Umat Islam

5 Manfaat Silaturahmi Bagi Umat Islam

Mengetahui manfaat silaturahmi bagi umat Islam diharapkan dapat memberikan semangat dan dorongan bagi umat Islam untuk terus menyambung tali silaturahmi dengan sesama.


Rahmatanlilalamin.or.id – Meskipun sering dianggap sepele, silaturahmi merypakan amalan yang mulia dan dianjurkan bagi umat Islam. Dalam hal ini, silaturahmi erat kaitannya dengan hubungan manusia dengan sesama manusia.

Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, manusia memerlukan silaturahmi agar memudahkan mereka untuk saling menolong, membantu, dan menguatkan saat dilanda kesulitan.

Silaturahmi merupakan salah satu amalan untuk menyambung tali persaudaraan yang memiliki banyak keutamaan dalam Islam.

Pengertian Silaturahmi dalam Islam

Dalam pengertiannya, secara bahasa silaturahmi berasal dari bahasa Arab yakni “Shilah” yang memiliki arti hubungan dan “Rahim” yang memiliki arti kasih sayang. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa silaturahmi adalah berkasih sayang dan menjalin hubungan persaudaraan dengan sesama.

Umat Islam dianjurkan untuk senantiasa menjaga tali silaturahmi dengan sesama sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Hal itu dikarenakan silaturahmi merupakan perintah Allah yang telah banyak disebutkan dalam Al-Quran dan haditsyang menerangkan tentang pentingnya silaturahmi.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits beliau bersabda:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.”(H.R. Bukhari & Muslim).

Silaturahmi dalam hal ini tak hanya menjaga hubungan yang berlangsung saja, melainkan juga mempererat kembali hubungan yang sedang renggang. Meskipun ada kerabat yang berbuat buruk, Rasulullah tetap memerintahkan untuk menjaga hubungan silaturahmi.

“Silaturahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan. Tetapi seorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat (kerabat) merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya.” (H.R Bukhari).

Baca Juga: Dua Keutamaan Silaturahmi

Manfaat Silaturahmi dalam Islam

Manfaat Silaturahmi Bagi Umat Islam

Silaturahmi merupakan salah satu amal shalih yang memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ia mampu mempererat tali persaudaran dan menjaga hubungan baik antar sesama. Berikut adalah beberapa manfaat silaturahmi bagi umat Islam.

1. Melapangkan rezeki

Manfaat silaturahmi yang pertama ialah menjadi aktivitas yang dapat melapangkan rezeki. Hal itu berdasarkan sabda Nabi SAW berikut ini.

“Barangsiapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” (H.R Bukhari & Muslim)

2. Memperpanjang umur

Diberikan umur yang panjang merupakan nikmat dan kesempatan untuk memperbanyak amal shaleh. Seperti telah disebutkan dalam sabda Nabi diatas bahwasannya menyambung silaturahmi dapat menjadi sebab dipanjangkannya umur seseorang.

3. Meningkatkan hubungan bersama kerabat

Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia membutuhkan orang lain, dan silaturahmi menjadi salah satu washilah yang dapat meningkatkan hubungan baik bersama orang lain termasuk kerabat.

Selain itu, silaturahmi juga dapat menjadi washilah untuk menjadi sarana penghibur bagi kerabat yang dikunjungi atau membantu kerabat yang sedang kesulitan.

Sebab, terkadang ada orang yang segan meminta pertolongan atau bantuan kepada orang lain meskipun ia dalam keadadan mendesak. Sebagai kerabat, sudah seharusnya kita saling membantu tanpa harus menunggu diminta.

Baca Juga: Antara Rezeki dan Menyambung Silaturahmi

4. Merupakan bentuk ketaatan

Silaturahmi merupakan ajaran yang diperintahkan oleh Allah. Bahkan, dalam hadits Nabi disebutkan bahwa silaturahmi menjadi salah satu tanda keimanan seseorang kepada hari akhir.

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (H.R Bukhari & Muslim)

5. Mempererat persatuan

Dalam kehidupan sosial, kita akan dihadapkan dengan berbagai perselisihan hidup, baik karena perbedaan latar belakang, pilihan dan prinsip hidup, serta kelas ekonomi. Silaturahmi dalam hal ini dapat mempererat persatuan dan menembus segala bentuk perbedaan yang ada sehingga perselisihan yang ditimbulkan oleh berbagai hal tersebut dapat dihindari.

Leave a Reply