You are currently viewing Manfaat Terbiasa Bersyukur, Salah Satunya Jaga Kesehatan Mental

Manfaat Terbiasa Bersyukur, Salah Satunya Jaga Kesehatan Mental

Manfaat Terbiasa Bersyukur – Bersyukur akan nikmat yang telah diberikan Allah adalah salah satu cara bagi seorang hamba untuk berterima kasih kepada Sang Pemberi nikmat. Rasa syukur tentunya harus kita ucapkan dan diwujudkan dengan mengerjakan amal-amal shaleh sehingga dengan melakukannya nikmat-Nya akan terus mengalir pada kita.

Akan tetapi, sebagai makhluk yang tak sempurna dan tidak bisa luput dari kesalahan, terkadang kita semua lupa untuk bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Dengan demikian, perlu bagi kita untuk membiasakan diri untuk mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya.

Manfaat Terbiasa Bersyukur
Bersyukur dapat memberikan energi positif.

Sahabat, salah satu sisi positif yang akan didapat ketika kita terbiasa bersyukur ialah mendapatkan energi positif. Kita juga akan mampu memahami bahwa segala yang terjadi pasti menyimpan pelajaran yang berharga. Bersyukur juga dapat menumbuhkan semangat baru untuk terus berusaha menjalani hidup dengan sebaik mungkin.

Bersyukur tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, membiasakannya adalah cara terbaik untuk meraih kualitas hidup yang lebih baik. Percayalah, bersyukur tak akan menjadikanmu rugi. Sebaliknya, dengan bersyukur kita akan mendapatkan banyak manfaat dari kebiasaan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapat ketika kita terbiasa untuk bersyukur.

1. Hidup lebih tenang dan bahagia

Manfaat Terbiasa Bersyukur
Bersyukur jadikan hidup lebih tenang dan bahagia.

Bersyukur bukanlah sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, terlebih ketika kita sedang berada dalam situasi dan kondisi yang tidak bersahabat. Mungkin kita pernah merasa bahwa kehidupan ini selalu dipenuhi dengan berbagai rintangan dan hambatan sehingga sering terjatuh. Berbeda sekali dengan kehidupan orang lain yang selalu terlihat mulus.

Kebiasaan bersyukur tentunya akan memberikan dampak positif bagi diri kita sendiri. Hati akan selalu tenang dan merasa bahagia, bahkan saat keadaan tidak bersahabat kita bisa menghadapinya dengan tenang dan tetap mencari jalan keluar.

2. Selalu merasa cukup

Kepuasaan yang ada dalam diri manusia adalah hal yang sulit dicapai dan tidak akan pernah terpenuhi. Setelah satu keinginan terpenuhi, kalau tidak merasa puas pasti akan selalu ada keinginan-keinginan lain yang baru. Entah itu keinginan kecil yang mudah untuk diwujudkan maupun keinginan besar yang sukar untuk diwujudkan.

Menyikapi hal tersebut, rasa syukur sangat penting untuk dibiasakan agar mampu merasa cukup dengan segala yang ada di depan mata. Dengan bersyukur kita akan menyadari bahwa hal yang ada di depan mata saat ini adalah bentuk keberuntungan yang diberikan pada kita.

3. Jaga kesehatan mental

Kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk terus dijaga. Hal itu dikarenakan kesehatan mental memiliki pengaruh terhadap bagaimana kehidupan kita di masa depan. Ketika kondisi mental dalam kondisi yang baik, maka seseorang dapat menjalani hidupnya dengan lebih baik dengan kualitas yang baik juga. Sebaliknya, ketika kondisi mental seseorang buruk, maka hidupun akan selalu diliputi oleh kegelisahan sepanjang waktu.

Salah satu manfaat dari membiasakan diri untuk selalu bersyukur adalah kesehatan mentalmu dapat terjaga dengan baik. Rasa syukur membuat hatimu tenang sehingga terhindar dari kegelisahan dan kecemasan yang bisa kapan saja terjadi.

4. Menumbuhkan rasa percaya diri

ghitung Zakat Penghasilan Perbulan
Ganti insecure dengan bersyukur.

Sahabat, mungkin diantara kita masih ada orang yang sering merasa insecure dengan kekurangan diri sendiri. Bahkan, ada juga mungkin yang suka membanding-bandingkan kehidupan dirinya dengan kehidupan orang lain. Ketahuilah,  bisa jadi insecure itu hadir karena kita kurang bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini.

Baca Juga : Tiga Cara Mendamaikan Hati

Sahabat, segala hal yang kita miliki saat ini bisa jadi adalah sesuatu yang dicita-citakan oleh banyak orang diluar sana. Untuk itu, berhentilah dengan membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan mulailah bersyukur.

Sahabat, bersyukur memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun demuikian, ketika kita mampu membiasakannya  maka akan banyak manfaat yang bisa didapat saat kita terbiasa untuk bersyukur.

Leave a Reply