You are currently viewing Manusia yang Paling Dicintai Allah

Manusia yang Paling Dicintai Allah

Manusia yang Paling Dicintai Allah – Sahabat, di dunia ini terdapat golongan orang-orang yang dicintai oleh Allah sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Quran. Mereka dicintai oleh Allah karena iman, takwa, dan ketaatan dalam menjalankan perintah agama serta sikap dan perilaku yang baik kepada sesama manusia dan makhluk lain.

Dicintai oleh Allah merupakan nikmat yang paling besar dan akan mendatangkan kebahagiaan dalam diri manusia. Lebih dari itu, hati akan terasa lebih tenang dan lebih dekat dengan-Nya sehingga dapat terlindung dari berbagai hal yang dapat menjerumuskan manusia kepada dosa dan maksiat.

Manusia yang Paling Dicintai Allah
Manusia yang paling dicintai disisi-Nya adalah ia yang paling banyak memberikan manfaat bagi yang lainnya.

Ada banyak cara yang bisa dikerjakan agar mendapatkan cinta dan kasih sayang dari Allah SWT. Amalan tersebut tentu adalah amal yang ikhlas ditunaikan semata-mata hanya untuk mendapatkan ridha dan kasih sayang dari-Nya.

Dari Ibnu Umar, Nabi SAW bersabda, “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya.” (HR. Thabrani).

Sabda Nabi diatas menyebutkan dua hal yakni manusia yang paling dicintai serta amalan yang cintai oleh Allah SWT. Adapun manusia yang paling dicintai oleh Allah ialah manusia yang senantiasa memberikan manfaat pada yang lainnya.

Berbicara manfaat yang dapat diberikan kepada orang lain, tentunya ada banyak hal dari perkara yang ringan sampai perkara yang berat. Memberi manfaat pada orang lain juga bisa dilakukan dengan berbagai cara baik menggunakan ilmu, tenaga, jabatan, harta kekayaan, serta berbagai hal lain yang dapat mendatangkan banyak manfaat bagi orang lain.

Kemudian, amalan yang paling dicintai oleh Allah sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi diatas terdiri dari amalan yang memberikan manfaat bagi yang lain seperti membahagiakan orang lain, mengangkat kesusahannya, membayarkan utang piutangnya serta menghilangkan rasa laparnya.

Manusia yang Paling Dicintai Allah
Gerakan Sedekah Makan Siang Jumat Berkah.

Sahabat, melalui hadits diatas kita dapat mengaplikasikan beberapa sikap seperti halnya saling tolong menolong dan memudahkan urusan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Allah berjanji akan melepaskan seseorang dari satu kesusahan pada hari kiamat seta memudahkan berbagai perkara yang dihadapinya di dunia dan akhirat ketika ia suka menolong dan memudahkan urusan saudaranya yang lain.

Baca Juga : Empat Hal yang Jarang Disadari

Saling menolong dan memudahkan urusan lain memiliki banyak keutamaan disisi-Nya diantaranya adalah mendatangkan cinta dari Allah dan juga menghindarkan seseorang dari bala bencana yang bisa datang kapan saja menghinggapinya. Selain itu, saling menolong dan memudahkan urusan orang lain juga akan memudahkan diri kita untuk mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersadbda: “Sesungguhnya Allah akan menolong seorang hamba-Nya selama hamba itu menolong orang lain.” (Hadits Muslim, Abu Daud Dan Tirmidzi).

Leave a Reply