Masih Malas Jalan Kaki? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Masih Malas Jalan Kaki? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berjalan Kaki bagi seorang merupakan kegiatan atau aktivitas yang sering disepelekan, tapi ternyata manfaat berjalan kaki tidak bisa disepelekan. Meskipun berdampak kecil dan tidak terlalu intens seperti halnya kita berlari ataupun melakukan latihan lain, berjalan kaki tetap mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebagian ada yang mengatakan bahwa berjalan kaki merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, dan hal tersebut benar-benar terbukti dapat menurunkan berat badan. Sahabat bisa mulai untuk menuai manfaat tersebut dengan cara berjalan kaki kurang lebih 30 menit dalam sehari.

Selain dapat menurunkan berat badan, ada manfaat lain dari berjalan kaki yang bisa sahabat dapatkan, dr Paterson mengungkapkan ” Penelitian menemukan bahwa berjalan kaki secara teratur dapat mengurangi risiko  tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi, diabetes, dan penyakit jantung”.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, berjalan kaki juga memiliki banyak manfaat bagi lingkungan yakni berkurangnya emisi kendaraan. Selanjutnya bagi sahabat yang sedang menghemat pengeluaran, berjalan kaki bisa menjadi opsi untuk beraktivitas dibanding harus membeli bahan bakar atau membayar ongkos ojek online.

berikut beberapa manfaat berjalan kaki berdasarkan sains dan pendapat para pakar.

  1. Meningkatkan Mood Anda

Sering Merasa Bad Mood ? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurang bergerak, Nah, Menghadapi hal tersebut, sahabat bisa mulai bergerak dengan rutin berjalan setiap hari. Berdasarkan Study JAMA Psychiatry 2019 menyatakan bahwa berjalan selama satu jam sehari dapat mengurangi risiko depresi. Para peneliti benar-benar melihat penurunan 20 persen kemungkinan depresi dengan peningkatan aktivitas fisik seperti berjalan kaki.

Kepala Harvard Health sekaligus penulis study Karmel Choi Mengungkapkan bahwa menggerakan tubuh dengan cara lebih lembut sepanjang hari, seperti berjalan, peregangan, naik tangga, mencuci piring dapat meningkatkan mood seseorang”.

  1. Meningkatkan kreativitas

Sering merasa kehabisan ide? Menggerakan anggota badan salah satunya dengan berjalan bias dicoba untuk mengembalikan ide-idemu. Berhentilah bermani media sosial dan berjalan-jalanlah disekirar rumah. Sebab  berjalan dapat menyegarkan pikiran sehingga meningkatkan kreativitas seseorang.

Sebuah penelitian yang melibatkan 176 siswa dalam melakukan serangkaian tugas sambil duduk dan sambil berjalan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas seseorang hingga 60 persen.

  1. Membantu Proses Pembakaran Kalori dan Penurunan Berat Badan

Berat badan terus naik? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurang gerak sehingga kalori yang ada dalam tubuh tidak terbakar secara maksimal. Berjalan bisa jadi salah satu cara untuk membakar kalori dalam tubuh, sehingga mampu menekan kenaikan berat badan.

Berjalan dengan kecepatan tinggi dengan cara melibatkan lengan anda akan mengaktivasi otot tubuh bagian atas dan bawah sehingga dapat membantu anda membakar kalori. Paterson menjelaskan jika seseorang dapat memvariasikan kecepatan dengan interval yang lebih intens seperti berjalan miring atau berjalan cepat untuk meningkatkan detak jantung, dapat meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Aktivitas jalan kaki yang sering dianggap tak memiliki manfaat apapun ternyata dapat membantu kita mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari. Dalam sebuah studi observasi kecil yang diterbitkan di Sleep Health, Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang meningkatkan waktu berjalannya di siang hari memiliki kualitas tidur lebih baik pada malam hari. Mereka yang melangkah paling banyak selama penelitian, melaporkan tidurnya lebih berkualitas dibandung dengan yang berjalan lebih sedikit.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cukup mengejutkan ternyata berjalan kaki dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh, dimana kekebalan tubuh sangat berfungsi di musim dingin dan flu seperti saat ini. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sahabat bisa berjalan setidaknya lima hari dalam sepekan dengan intensitas waktu minimal 20 menit.

Ternyata berjalan memiliki multi manfaat bagi kesehatan tubuh kita, yuk kita biasakan kembali berjalan kaki untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita, meskipun pada awalnya berat karena sudah terbiasa menggunakan fasilitas yang memudahkan kita, setidaknya sahabat bisa menyempatkan diri untuk berjalan kaki minimal 30 menit sehari.


Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Klik disini untuk menunaikan sedekah terbaik anda.