Membebaskan Kesulitan Orang Lain

Membebaskan Kesulitan Orang Lain

Islam mengajarkan umatnya untuk saling menyayangi. Adapun salah satu bentuk saling menyayangi ialah membebaskan kesulitan orang lain. Ketika seorang muslim dengan hati yang ikhlas membantu muslim yang lainnya, maka Allah akan memberikan balasan terbaik yakni dibebaskan dari kesulitan terbesar dan terberat.

Melihat hal itu, seorang muslim hendaknya selalu berupaya untuk membantu muslim lainnya. Dalam hal membantu, hal tersebut bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga atau lainnya. Allah akan meringankan kesulitan bagi orang yang senantiasa berusaha untuk terus meringankan beban orang lain.

Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang. Oleh karena itu, seorang muslim hendaknya salaing menyangi dengan sesama dan jangan merasa bosan dan ragu untuk membantu muslim yang lainnya.

Seorang muslim dengan muslim yang lainnya diibaratkan sebagai bangunan yang saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya. Artinya persaudaraan dalam islam sangatlah penting dan patut untuk dirawat dan diperjuangkan. Salah satu bentuk merawat persaudaraan ialah saling membantu untuk mengeluarkan orang lain dari kesulitan.

Dalam hal ini, muslim yang kaya dan memiliki harta maka ia bisa mengeluarkan sebagian hartanya untuk membebaskan kesulitan orang lain. Begitupun muslim yang ahli dalam berbagai ilmu, memiliki jabatan serta memiliki tenaga yang kuat, maka ia dapat menggunakan apa yang dimilikinya tersebut untuk membebaskan kesulitan orang lain.

Selain saling membantu dengan sesama, dalam menguatkan persaudaraan dengan sesama kita juga bisa memanjatkan do’a terbaik untuk saudara-saudara kita yang lainnya, baik yang dilanda kemiskinan, musibah bencana alam ataupun konflik dalam negerinya. Sebab, do’a merupakan salah satu senjata yang dimiliki seorang muslim untuk membebaskan kesulitan orang lain.

Hikmah Membebaskan Kesulitan Orang Lain

Islam menganjurkan kepada umatnya untuk saling tolong menolong serta saling memudahkan urusan dengan sesama. Adapun ganjaran bagi yang melakukannya Allah berjanji akan melepaskannya dari satu kesulitan dirinya pada hari kiamat kelak. Selain itu, Allah juga akan memberikan kemudahan baginya dalam berbagai urusan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda :  “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36).

Selanjutnya bagi seorang hamba yang banyak memberikan manfaat dan berguna bagi yang lainnya maka ia termasuk kedalam golongan manusia yang paling dicintai oleh Allah. Hal itu dikarenakan membebaskan kesulitan orang lain merupakan salah satu amal perbuatan yang paling dicintai oleh Allah.

Selain itu, memberikan bantuan atas kesulitan orang lain juga dapat menolak bala dan musibah. Sebagaimana sabda nabi “Sedekah itu dapat menolak tujuh puluh pintu bala.” (HR Thabrani).

Adapun pertolongan Allah kepada seseorang tergantung pada pertolongan yang dilakukannya terhadap sesama. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah akan menolong seorang hamba-Nya selama hamba itu menolong orang lain.” (HR. Muslim, Abu Daud Dan Tirmidzi).

Sahabat, saat ini saudara-saudara kita banyak yang sedang dilanda kesulitan. Baik itu terpapar Covid-19, terdampak bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi dan lain sebagainya. Yuk saling bantu untuk meringankan beban para korban dengan donasi terbaikmu. Klik link donasi ini untuk salurkan donasi terbaik sahabat.