Mengapa Seorang Muslimah  Wajib Menutup Aurat? Berikut Penjelasannya !

Mengapa Seorang Muslimah Wajib Menutup Aurat? Berikut Penjelasannya !

1. Wujud Ketaatan kepada Allah SWT

Menutup aurat yaitu perintah Allah SWT untuk kaum hawa.
“Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluan-nya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (Q.S An-Nur: 31)
Ayat yang lain disebutkan dikatakan , “Hai anak Adam! Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik.” (Q.S. Al-A’raaf: 26)

2. Identitas dan Pelindung Muslimah
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min.
“Hendaklah kalian mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.” (Q.S. Al-Ahzab: 59)
Ada sebuah kisah orang non muslim yang berasal dari inggris yang bertanya kepada seorang mahasiswa muslim diIndonesia “ Kenapa wanita Muslimah harus mengenakan hijab ?
Tanpa berpikir panjang seorang mahasiswa muslim itu langsung mengambi dua buah permen didalam sakunya , kemudian permen yang satu di buka bungkusnya dan mahasiswa muslim itu melempar dua permen itu ketanah , Lalu mahasiswa muslim itu bertanya “ kalau disuruh milih antara dua permen ini , permen mana yang akan kamu ambil ?
Orang non muslim itu pun menjawab “ ya pasti saya akan memilih permen yang masih terbungkus .”
Mahasiswa muslim itu tersenyum dan memberikan menjelasan , “seperti itulah muslimah peintah untuk menggunakan hijab salah satunya untuk melindung dirinya agar tetap terjaga

3. Simbol Kesucian
Hijab itu simbol kesucian hati orang islam perempuan , agar terhindar dari fitnah dan membentengi dirinya dari penyakit hati .
“Apabila kmu meminta sesuatu (keperluan)kepada mereka (istri-istri nabi)maka mintalah dari belakang tabir ,cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka “(Q.S.Al-Ahzab: 53).
Seperti itulah Allah mencintai umat-Nya sampai semua perintah dan larangan pun semata-mata untuk kebaikan hambaNya , untuk seorang muslimah yang merindukan surga , masih ada keraguankah untuk engkau menutup auratmu ?

Perempuan kalau sudah memamerkan bentuk tubuhnya serta perhiasannya didepan lelaki yang bukan mahromnya , tentu akan mengundanng syahwat lelaki yang berhdung belang dan serigala yang berbulu domba , kalau ada kesempatan mereka akan memangsa degan ganas seperti singa sedang kelaparan
Berkatalah seorang penyair “berawal dari senyuman lalu pandangan kemudian salam disusul pembicaraan lalu diakhiri dengan janji dan pertemuan “

4. Tundukannlah pandangan mu
Seorang perempuan muslimah yang menjaga hijabnya , dengan tidak langsung muslimha itu berkata kepada para lelaki “ tundukannlah pandanganu aku bukan milikmu dan engkau juga buka milikku , aku hanya milik orang yang dihalalkan Allah untukku “ aku orang merdeka yang tidak terikat dengan siapapun karena aku lebih tinggi dan lebih terhormat dibanding mereka “

Diantara syara-syarat hijab antara lain :
Hendaknya menutup seluruh tubuh dan tidak menampkkan anggota tubuh barang sedikitpun selain yang dikecualikan oleh Allah swt
Allah berfirman “ dan katakanlah kepada perempuan-perempuan muslimah hendaklah mereka menundukan pandangannya dan janganlah menampakan perhiasan mereka kecuali yang biasa nampak dan hendaklah mereka menutup kain kerudung kedada mereka (Q.S.An-Nur: 31)

Semoga bermanfaat Sahabat…

Leave a Reply