You are currently viewing Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ini

Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ini

Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami – Mengganasnya penularan virus corona di Indonesia tentunya menimbulkan banyak kekhawatiran dan ketidakpastian. Tidak ada satupun orang dari kita yang dapat sepenuhnya terbebas dari risiko paparan Covid-19. Kendati demikian, langkah yang bisa kita lakukan ialah menerapkan protokol kesehatan, mengikuti program vaksinasi dan mengatur pola hidup sesehat mungkin.

Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami

Menjaga dan meningkatkan imun tubuh merupakan hal paling penting agar dapat mengurangi risiko paparan Covid-19. Hal itu dikarenakan ketika virus bersarang pada tubuh kita, sistem kekebalan tubuhlah yang akan bertanggung jawab untuk melawan virus tersebut. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk terus menjaga imun tubuh, baik dengan cara berolahraga, minum suplemen ataupun memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang seimbang.

Adapun diantara beberapa zat gizi yang memiliki peran untuk meningkatkan imun tubuh antara lain Vitamin A,B,C,D,E dan Zinc. Dilansir dari readtimes.id berikut adalah ulasan dan informasi penting mengenai nutrisi untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh secara alami.

Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami

1. Vitamin A

Vitamin A memiliki fungsi untuk menjaga sel di kulit, saluran pernapasan dan kesehatan usus. Komposisi yang ada didalamnya dapat membentuk penghalang yang berperan sebagai garis pertahanan pertama tubuh. Selanjutnya, vitamin A juga berperan untuk membentuk antibody yang dapat menetralisasi patogen penyebab apoptosis. Vitamin A bisa kita temukan pada ikan berminyak, kuning telur, keju, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Vitamin B

Vitamin B berkontribusi pada respon pertama tubuh setelah diketahio sebagai patogen. Kandungan itu melakukan respon dengan cara mempengaruhi produksi dan aktivasi sel pembunuh alami untuk meledakan sel yang terinfeksi (Apoptosis). Vitamin B bisa kita temukan pada sereal, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, buah, ikan, ayam dan daging..

3. Vitamin C dan E

Ketika tubuh melawan infeksi, tubuh mengalami apa yang disebut stres oksidatif. Stres oksidatif menyebabkan produksi radikal bebas yang dapat menembus dinding sel, menyebabkan isinya bocor ke jaringan dan memperburuk peradangan.

Vitamin C dan E hadir membantu melindungi sel dari stres oksidatif serta membantu membersihkan kekacauan seluler ini dengan memproduksi sel-sel khusus untuk meningkatkan respon imun. Vitamin C dan E bisa ditemui pada jeruk, lemon, limau, beri, buah kiwi, brokoli dan tomat.

4. Vitamin D

Beberapa sel kekebalan pada tubuh membutuhkan vitamin D untuk membantu menghancurkan patogen yang menyebabkan terjadinya infeksi. Adapun vitamin D dapat diproduksi secara alami dengan berjemur di bawah paparan sinar matahari. Selanjutnya, vitamin D terdapat pada telur, ikan, serta beberapa merk susu dan margarin.

Baca Juga : Cara Aman Jaga Protokol Kesehatan di Tempat Umum

5. Zinc

Mineral Zinc (Zn) merupakan mikronutrien penting yang memainkan peran yang besar dalam banyak fungsi fisiologis tubuh. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk perkembangan dan fungsi sel-sel kekebalan bawaan maupun adaptif.

Sahabat, diatas adalah beberapa vitamin yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan imun tubuh secara alami. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk berolahraga dan menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mengurangi risiko paparan Covid-19.

Leave a Reply