You are currently viewing Minyak Goreng Mahal, Makanan Kukus Jadi Alternatif
(Foto: Pixabay)

Minyak Goreng Mahal, Makanan Kukus Jadi Alternatif

Imbas dari dicabutnya aturan Harga Eceran Tertinggi (HET), minyak goreng saat ini menjadi salah satu kebutuhan keluarga yang harganya cukup mahal.

Harga minyak goreng yang mahal saat ini mungkin dapat dijadikan sebagai momen bagi kita untuk hidup lebih sehat lagi dengan mengubah pola dan menu makanan yang dikonsumsi.

Jika sebelumnya kita kerap menjadikan minyak goreng sebagai salah satu bahan utama untuk mengolah makanan, saat ini mengukus dapat dijadikan sebagai alternatif.

Dengan mengukus makanan, kita bisa mendapatkan menu makanan yang lebih sehat dan tentunya lebih ramah di kantong dalam kondisi minyak goreng yang mahal seperti saat ini.

Minyak Goreng Mahal
Mengukus makanan menjadi salah satu alternatif ditengah harga minyak yang mahal. (Foto: Pixabay)

Pada awalnya mungkin akan terasa berat disaat kita beralih untuk mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus.

Hal itu karena tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa makanan yang dikukus memiliki cita rasa yang hambar, lembek, dan minim rasa.

Padahal, jika diolah dengan baik serta perpaduan bumbu yang pas, makanan yang dikukus tak kalah lezat dari makanan yang dioleh dengan menggunakan minyak goreng.

Selain itu, ada banyak manfaat lain dari makanan yang diolah dengan cata dikukus. Hal itu seperti yang telah dijelaskan oleh ahli nutris asal Inggris Juliette Kellow dikutip dari laman kompas berikut ini.

1. Menjaga kandungan vitamin

Mengukus merupakan metode atau cara memasak yang paling baik dan mampu tetap menjaga kandungan vitamin yang ada dalam makanan.

Saat mengolah makanan dengan cara digoreng atau direbus, Nutrisi yang mudah larut dalam air seperti Vitamin C dan folat (vitamin B) akan rusak oleh panasnya minyak atau air.

Berbeda dengan itu, mengukus makanan yang mengharuskan kita memisahkan sayuran dengan air atau minyak dapat mempertahankan lebih banyak vitamin atau kandungan nutrisi dalam makanan.

2. Meningkatkan antioksidan

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa mengukus sangat baik dalam mempertahankan antioksidan, seperti flavonoid, antosianin, dan glukosinolat 3.

Hal ini berbeda saat kita merebus makanan yang membuat air merembes masuk ke makanan atau saat menggoreng yang membuat kandungannya rusak karena panas minyak.

Minyak Goreng Mahal
Mengukus menjadikan makanan lebih terjaga kandungan nutrisinya. (Foto: Pixabay)

3. Baik untuk program diet

Makanan yang dikukus pada dasarnya jauh lebih sehat dibandingkan makanan yang dioleh dengan cara digoreng.

Makanan yang dikukus tentu akan terbebas dari lemak sehingga baik bagi yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan.

Selain itu, makanan yang dikukus juga tidak membutuhkan banyak tambahan garam yang juga baik untuk mencegah tekanan darah tinggi,serangan jantung, dan stroke.

4. Makanan lebih menarik dan enak

Mengolah makanan dengan cara dikukus menjadikan makanan tersebut tersaji dengan bentuk serta warna yang lebih menarik dan natural.

Selain itu, cita rasanya juga lebih enak dengan tekstur yang terjaga sehingga menambahkan kenikmatan saat makan.

Hal itu terjadi karena mengukus makanan dapat mempertahankan warna, bentuk, dan tekstur makanan karena tidak adanya kontak langsung antara makanan dengan air atau panasnya minyak.

Mengukus juga menjadikan makanan tetap lembab tanpa membuatnya tergenang air, berbeda dengan penggunaan minyak goreng yang cenderung menjadikan makanan mengerut dan keras.

5. Lebih mudah dan cepat

Mengukus merupakan salah satu metode memasak yang paling mudah, untuk prosesnya cukup memasukan bahan makanan ke kukusan dan tunggu sesaat hingga matang.

Baca Juga: Lima Manfaat Makanan yang Dikukus Bagi Kesehatan

Kamu tidak perlu membalik makanan atau memeriksanya secara berkala untuk memastikan makanan matang merata atau tidak gosong seperti memasak dengan minyak goreng.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply