Nasihat Ali Tentang dan Kenyamanan Hakiki
Memohon ampunan atas segala dosa agar meraih ketentraman jiwa

Nasihat Ali Tentang dan Kenyamanan Hakiki

Sahabat, Selain kesuksesan dalam menjalani hidup ini, tentunya kita juga pasti mendambakan yang namanya ketentraman dan kenyamanan yang hakiki. Sebab, sukses saja tidak cukup jika sering merasa tergesa-gesa dengan keadaan, tidak merasa bahagia serta jauh dari rasa tentram dan nyaman. Dengan demikian, selain kesuksesan dalam hal materi, diri kita juga sangat memerlukan ketentraman dan kenyamanan.

Untuk memperolah rasa nyaman dan tentram yang hakiki, ada beberapa nasihat dari Ali bin Abi Thalib ra. yang bisa sahabat terapkan berikut ini.

1. Kenyamanan raga terletak pada sedikitnya makan

Nasihat pertama dari Ali bin Abi Thalib agar kita dapat memperoleh rasa aman dan nyaman adalah dari perihal makanan. Kita dianjurkan untuk menghindari makan yang banyak agar raga kita diberikan rasa nyaman dan kesehatan. Seperti diketahui makan secara berlebihan dapat mengakibatkan berbagai masalah bagi diri kita dari mulai rasa malas, ngantuk sampai masalah-masalah kesehatan seperti obesitas, kolestrol dan lain sebagainya.

Selain menjaga kesehatan raga, makan sedkit atau secukupnya juga dapat menghindarkan kita dari perilaku berlebihan. Tentunya kita mengetahui bahwa perilaku berlebih-lebihan merupakan perbuatan yang buruk dalam islam. Mulai sekarang, yuk mulai makan secukupnya agar tubuh sehat dan jauh dari berbagai penyakit.

2. Ketenangan jiwa terletak pada sedkitnya dosa

Sahabat, tahukah bahwa sesuatu yang membuat jiwa kita ini merasa tidak nyaman adalah banyaknya dosa yang kita perbuat, baik dosa yang disadari ataupun tidak. Dengan demikian, sebisa mungkin kita berusaha untuk menghindari perbuatan dosa, baik itu dosa kecil maupun dosa yang besar.

Selain menghindari perbuatan dosa, kita juga dianjurkan untuk memohon ampunan kepada Allah dengan memperbanyak taubat dan istighfar agar dosa-dosa yang telah kita perbuat sebelumnya diampuni oleh Allah Swt. sehingga jiwa kita lebih tentram dan nyaman.

3. Ketenangan hati terletak pada sedikitnya keinginan

Setiap orang diperbolehkan memiliki cita-cita atau keinginan dalam hidupnya, namun banyak keinginan dapat menjauhkan hati kita dari rasa tenang. Untuk itu, kendalikanlah diri kita dengan cara mengurangi berbagai keinginan dalam diri agar hati menjadi lebih tenang.

4. Kenyamanan lisan terletak pada sedikitnya berbicara

Lisan menjadi salah satu penyebab banyaknya orang yang terjerumus kedalam siksa api neraka. Dengan demikian, sedekit berbicara jauh lebih baik dan dapat menyelamatkan.

Hindari dan jauhkanlah diri kita dari berbagai perbicaraan yang tidak perlu. Berbicaralah seperlunya dan selalu berusaha agar setiap ucapan yang keluar dari lisan kita ini mengandung hikmah dan manfaat yang dapat mengundang kebaikan.

Sahabat, kesuksesan yang kita peroleh tidak memiliki arti apapun jika hidup yang kita jalani ini jauh dari kenyamanan dan ketentraman. Semoga dengan mengamalkan beberapa nasihat dari Ali bin Abi Thalib diatas kita dapat memperoleh ketentraman dan kenyamanan yang hakiki.

Hidup yang tentram dan nyaman memungkinkan kita untuk mengerjakan berbagai amal shaleh di setiap detik hidup kita. Hati yang tentram juga akan dijauhkan dari berbagai perilaku yang dapat menjerumuskan kita pada dosa. Semoga kita semua diberikan ketentraman dan kenyamanan yang bisa menjadikan hidup kita lebih baik lagi. Aamiin