You are currently viewing Penting untuk Tubuh, Ini Lima Manfaat Sarapan Pagi

Penting untuk Tubuh, Ini Lima Manfaat Sarapan Pagi

Lima Manfaat Sarapan Pagi – Sahabat, apakah Makan pagi atau yang juga sering disebut dengan sarapan pagi merupakan rutinitas penting yang disarankan bagi setiap orang. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari rutinitas sarapan.

Tak hanya menambah energi untuk beraktivitas sehari-hari, sarapan pagi juga disarankan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam hal ini, agama islam juga menganjurkan kepada umatnya untuk mengawali hari dengan sarapan terlebih dahulu. Hal itu juga berkaitan dengan kebiasaan Rasulullah SAW yang rajin mengawali pagi dengan sarapan dan juga menekankan betapa pentingnya sarapan.

Banyak orang yang sering melewatkan sarapan di pagi hari karena berbagai alasan, baik karena tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan, terlambat pergi ke kantor atau sekolah, bahkan alasan sedang menjalani program diet. Melewatkan sarapan secara tidak langsung dapat membuat jam biologis jadi terganggu.

Memulai pagi dengan sarapan menjadikan hidup lebih sehat sehingga dapat memperlancar setiap aktivitas yang dijalani. Tak hanya itu, masih banyak sekali manfaat sarapan yang bisa dirasakan oleh kita. berikut adalah lima manfaat sarapan pagi bagi kesehatan.

1. Penting untuk tubuh

Banyak orang yang mempercayai bahwa sarapan di pagi hari akan menjadikan tubuh lebih sehat. Tentunya sarapan juga merupakan sesuatu yang telah dianjurkan oleh Rasululullah SAW. Rasulullah SAW bersabda: “Pada kurma ajwa yang tumbuh di ‘Aliyah yang dimakan di awal pagi terdapat obat dari semua penyakit sihir dan racun,”” (HR. Ahmad no. 23.592).

2. Mengontrol rasa lapar

Lima Manfaat Sarapan Pagi
Ssarapan pagi dipercayai dapat mengontrol rasa lapar.

Agar dapat menghindari makan secara berlebihan, sarapan bisa menjadi salah satu cara praktis yang dapat ditempuh agar pola makan terkontrol. Pola makan yang terkontrol tentunya akan menjadikan hidup jauh lebih sehat.

Kebiasaan sarapan pagi setidaknya dapat mengontrol dari dari kebiasaan buruk seperti ngemil dan menyantap makanan tinggi kalori. Tentunya kebiasaan ngemil dan memakan makanan tinggi kalori akan berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Meningkatkan perasaan bahagia

Banyak yang menyebut bahwa perut kosong dapat mempengaruhi otak dan suasana hati. Dengan demikian, mengawali hari dengan sarapan pagi dapat menjadikan suasana hati lebih tenang dan bahagia.

Agar sarapan dapat menjadikan suasana hati lebih bahagia, memilih sarapan dengan kandungan gizi yang seimbang menjadi opsi yang wajib bagi setiap orang. Dalam hal ini, sahabat dapat memilih makanan seperti buah pisang, kopi, kacang-kacangan, ataupun cokelat hitam.

4. Menghindarkan sifat pemarah

Sifat marah bukanlah siafat yang baik dan memiliki potensi untuk menyakiti hati orang lain. Marah dalam hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti halnya suasana pagi hari menjadikan seseorang cenderung lebih sensitif atau mudah marah karena efek dari bangun tidur hingga perut kosong.

Lima Manfaat Sarapan Pagi
Kontrol amarahmu dengan rutin sarapan pagi.

Agar emosi dapat terkontrol dengan baik penting bagi siapa saja untuk mengawali pagi dengan sarapan pagi. Hal itu menjadi penting terlebih bagi sahabat yang memiliki aktivitas yang bersentuhan dengan orang lain.

Baca Juga : Agar Kesehatan Tetap Terjaga, Awali Pagimu dengan Kebiasaan Ini

5. Mengontrol berat  badan

Sarapan memegang peranan penting untuk mengontrol berat badan, terlebih jika seseorang mengonsumsi sarapan dengan kandungan gizi yang cukup dan seimbang.  Sarapat pagi juga dapat mendukung program diet bagi seseorang. Hal itu dikarenakan dengan sarapan seseorang tidak akan merasa lapar yang berlebih di siang hari sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan.

Adapun bagi orang yang melewatkan sarapan pagi, maka ia akan lebih mudah untuk tergoda mengonsumsi banyak makanan utamanya makanan yang tinggi kalori sehingga berat badan menjadi tidak terkontrol.

Leave a Reply