You are currently viewing Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini – Ayah bunda, tahukan bahwa usia dini merupakan usia emas atau disebut juga dengan istilah golden age?

Golden age merupakan istilah yang disematkan para ahli kepada anak usia dini, hal itu dikarenakan usia dini merupakan usia emas bagi seorang anak, pada usia ini perkembangan otak anak berkembang dengan sangat pesat.

 Pada usia ini, seorang anak sangat memerlukan pendidikan karakter dari orang tua atau orang-orang di sekitarnya. Hal itu dikarenakan pendidikan karakter dapat menjadikan anak lebih mudah terbentuk karakternya sehingga dapat menjadi dasar yang kuat hingga dewasa nanti.

Adapun tujuan dari pendidikan karakter pada anak ialah untuk menerapkan berbagai hal-hal yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Pendidikan ini juga memiliki tujuan yang sangat penting yakni membentuk moral dan akhlak anak.

Lebih dari itu, ada beberapa hal penting lainnya kenapa pendidikan karakter wajib diberikan kepada anak usia dini. Berikut adalah lima alasan pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini.

1. Menciptakan karakter positif pada anak

Pendidikan karakter pada anak usia dini secara umum memiliki fungsi untuk membentuk karakter dalam diri anak. Dengan demikian, pendidikan yang baik pada si kecil sangat berguna untuk menciptakan karakter yang baik pula.

Dalam hal ini, pendidikan karakter pada anak bekerja dengan cara mengembangkan potensi nurani anak yang akhirnya berakhir pada pembentukan akhlak dan moral yang baik. Akhlak dan moral yang baik dapat mengembangkan potensi hati atau kalbu anak sehingga dapat menunjukan nilai-nilai positif terhadap sesama.

2. Mengembangkan kebiasaan dan perilaku yang baik

Pendidikan karakter pada anak usia dini juga memiliki fungsi untuk membiasakan anak melakukan berbagai hal yang terpuji sejak usia dini. Anak dalam hal ini diharapkan mampu berperilaku sesuai dengan nila-nilai serta norma yang berlaku di masyarakat.

Selanjutnya, pendidikan karakter juga dapat mengembangkan kebiasaan pada anak untuk melakukan tradisi budaya bangsa yang religious berdasarkan keyakinan yang dianut.

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini

3. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan

Pendidikan anak di usia dini memiliki peran dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada anak. Jiwa kepemimpinan disini tak hanya untuk memimpin sebuah kelompok ataupun yang lainnya, namun jiwa kepemimpinan disini lebih kepada nila—nilai kepemimpinan yang baik dan benar.

Saat jiwa kepemimpinan tumbuh dalam diri ini, maka hal tersebut akan diikuti dengan tumbuhnya rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap bangsa. Dengan jiwa kepemimpinan yang ditanam pada anak sejak dini diharapkan dapat membentuk generasi penerus bangsa yang bermanfaat bagi orang banyak.

4. Membentuk personalitas pada anak

Karakter memiliki kaitan yang sangat erat dengan personalitas seseorang. Karakter merupakan kemampuan seseorang dalam bersikap disaat menghadapi berbagai hal. Selanjutnya, karakter sifatnya spontanitas dan menyatu pada diri sendiri berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Dengan memberikan pendidikan karakter yang baik pada anak sejak usia dini dapat menjadi aspek pendorong untuk mengembangkan jenis kemampuan yang baik. Misalnya, seorang anak diajarkan untuk mengembangkan karakter yang mandiri, kreatif, mampu memecahkan masalah, dan juga memiliki wawasan kebangsaan yang baik.

5. Menjadi bekal bekal bagi anak dalam menghadapi masa sekolah

Bagi seorang anak, sekolah merupakan dunia baru dan memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Pendidikan karakter sejak usia dini memiliki peran bagi anak agar lebih siap guna menghadapi masa-masa sekolah.

Baca Juga : Peletakan Batu Pertama TK dan PAUD Rahmatul Ilmi

Agar anak mampu menghadapi sekolah dengan baik, orang ta disini dapat mengembangkan nilai atau norma sosial terlebih dahulu sejak dini sebelum mengenal lingkungan yang lebih luas. Hal itu sangat berpengaruh bagi anak dalam menghadapi proses belajar ataupun saat berinteraksi bersama guru dan juga teman-temannya di sekolah.

Ayah bunda, itulah beberapa alasan pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini. Yuk coba kita terapkan pada anak-anak kita mulai dari hal yang sederhana dan menyenangkan terlebih dahulu.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply