Peringatan Hari Aids Sedunia

Peringatan Hari Aids Sedunia

Peringatan Hari Aids Sedunia…
.

Tahun ini, Hari Aids Sedunia akan diperingati pada Minggu (1/12/2019). Melansir laman WHO, tema Hari Aids Sedunia tahun ini adalah “Komunitas Membuat Perbedaan”. Peringatan tahun ini dianggap sebagai kesempatan penting untuk mengetahui peran yang telah dilakukan masyarakat untuk penanggulangan AIDS di tingkat internasional, nasional, dan lokal. Menilik ke belakang, bagaimana sejarah di balik peringatan Hari AIDS sedunia? Momen tersebut pertama kali diperingati pada 1988 untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dunia terhadap HIV.

Penggagas peringatan Hari AIDS adalah James Bunn dan Thomas Netter, yang turut aktif sebagai humas di World Health Organisation (WHO). Bunn dan Netter mengajukan ide nya itu kepada Jonathan Mann, Direktur Program Global terkait AIDS di WHO. Pada 1988, WHO menetapkan 1 Desember sebagai Hari AIDS Sedunia. Tanggal 1 Desember dipilih agar mendapatkan peliputan maksimal dari media barat, terutama setelah berakhirnya Pemilu AS dan sebelum berlangsungnya libur Natal. Saat itu, tidak semua masyarakat memahami bahwa AIDS bisa dialami oleh siapa pun karena ada stereotip bahwa penderita AIDS identik dengan gay, biseksual atau pengguna narkoba suntik.

Tujuannya, untuk menumbuhkan kesadaran yang lebih besar tentang dampak AIDS terhadap keluarga, tidak hanya kelompok-kelompok yang selama distigmatisasi. Pada 1996, kampanye Hari AIDS Sedunia diambil alih oleh program gabungan PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS), demi memperluas cakupan proyek kampanye. Pada tahun 2004, kampanye AIDS sedunia terdaftar sebagai organisasi nirlaba independen yang berbasis di Belanda. Fakta tentang HIV/AIDS Berdasarkan data UNAIDS, pada akhir 2018, sebanyak 37,9 juta orang di dunia hidup dengan HIV dan 770.000 orang meninggal karena AIDS. Masih banyak orang yang tidak dapat mengakses layanan pencegahan HIB karena adanya diskriminasi, kekerasan, bahkan penganiayaan. Oleh karena itu, masyarakat diingatkan untuk memainkan peran penting dalam memberikan layanan penyelamatan jiwa ini kepada orang-orang yang paling membutuhkannya. 

Mau tau seperti apa tanda-tanda orang yang terkena AIDS ? silahkan klik link Tanda-tanda terkena HIV/AIDS

Mari sama-sama kita jaga diri kita masing-masing agar tidak ternoda dari bahaya #aids dan #narkoba….