You are currently viewing 9 Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharam

9 Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharam

Rahmatanlilalamin.or.id – Sebagai bulan pertama dalam perhitungan tahun Hijriyah, bulan Muharam memiliki berbagai keutamaan bagi umat Islam yang menghormati dan memuliakannya.

Pada bulan ini terdapat anjuran untuk menjalankan puasa sunnah di tanggal 1o Muharam, memperbanyak amalan baik, menghindari dosa, serta mengindari pertumpahan darah atau peperangan.

Selain itu, pada bulan Muharam juga terdapat peristiwa dan kisah penting yang terjadi dalam perjalanan sejarah Islam. Pada peristiwa tersebut terdapat banyak hikmah yang dapat diambil dan kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharam

Ada beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Muharam, yang mana pada peristiwa tersebut terdapat hikmah yang dapat diambil dan kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa peristiwa yang terjadi pada bulan Muharam.

1. Bertobatnya Nabi Adam AS kepada Allah atas dosanya setelah diturunkan ke muka Bumi.

2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh AS dengan selamat di Bukit Zuhdi.

3. Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksa raja Namrud saat Nabi Ibrahim dibakar hidup-hidup dan pada saat itu Allah memberikan mukjizat dan terbebas dari panasnya kobaran api yang membakarnya.

4. Bebasnya Nabi Yusuf AS dari penjara karena fitnah yang didapatnya.

5. Keluarnya Nabi Yunus AS dari perut ikan setelah selama 40 hari 40 malam berada dalam perut ikan tersebut.

6. Nabi Ayyub  AS mendapat kesembuhan dari penyakit yang didiertanya bertahun-tahun.

7. Nabi Musa AS menyelamatkan Bani Israil dari kekejaman Fir’aun dan mendapatkan mukjizat berupa kemampuan menyelamatkan membelah laut merah untuk menyelamatkan umatnya dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya.

8. Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Hijrah dari Mekkah ke Madinah.

9. Terbunuhnya cucu Rasulullah SAW dalam peristiwa Karbala.

Baca Juga : Empat Keutamaan Bulan Muharam yang Harus Diketahui Setiap Muslim

Demikianlah Sembilan peristiwa yang terjadi pada bulan Muharam yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan mengetahuinya, kita mampu mengambil hikmah dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


Maksimalkan bulan Muharamu dengan amalan terbaik dan sedekah terbaik untuk sesama. Tunaikan sedekah terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur untuk pemberdayaan yatim dan dhuafa dengan mengakses tombol di bawah ini.

Leave a Reply