You are currently viewing Sederet Persiapan Diri untuk Menyambut Bulan Ramadhan
(Foto: Unsplash/mosquegrapher)

Sederet Persiapan Diri untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Tak terasa waktu terus berjalan demikian cepat dan saat ini  Ramadhan kita dekat. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Muslim, tak sedikit yang telah melakukan persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Persiapan menyambut bulan Ramadhan menjadi penting bagi umat islam, hal itu tak lain karena keberkahan dari bulan ini sehingga umat islam harus mempersiapkan diri dari jauh hari agar dapat meraih keberkahan dengan memaksimalkan amal ibadah pada bulan tersebut.

Persiapan menyambut bulan Ramadhan terdiri dari ragam persiapan mulai dari ilmu hingga fisik. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan
Persiapan diri menjelang bulan Ramadhan (Foto: Unsplash/rifky-nur-setyadi)

Lunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Allah SWT memberikan keringanan kepada sebagian golongan dengan dibolehkannya tidak berpuasa di bulan Ramadhan dan kemudian kewajiban puasa tersebut diganti pada bulan-bulan berikutnya.

Jika kamu merasa masih memiliki hutang puasa pada tahun sebelumnya, sebaiknya kamu segera membayar kewajiban puasa tersebut sesuai dengan jumlah puasa yang ditinggalkan pada bulan Ramadhan kemarin.

Membiasakan Puasa Sunnah

Salah satu persiapan diri agar mampu menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh ialah dengan membiasakan diri untuk melakukan puasa sunnah.

Saat ini masih tersisa waktu cukup bagi kamu untuk mulai membiasakan puasa sunnah menjelang bulan Ramadhan misalkan puasa senin dan kamis atau puasa pertengahan bulan (Ayyamul bidh).

Tingkatkan Ibadah

Bulan Ramadhan merupakan momen bagi umat Muslim untuk melakukan ibadah dengan maksimal, sebab pada bulan ini pahala ibadah dilipatgandakan.

Namun demikian, bagaimana jika pada bulan ini kita merasa sulit untuk melakukan ibadah? Sudah jadi barang pasti pada bulan Ramadhan ibadah kita menjadi kurang maksimal.

Mengingat hal itu, salah satu persiapan yang bisa kita lakukan saat ini ialah meningkatkan ibadah baik kuantitas maupun kualitasnya sedari sekarang sehingga pada saat Ramadhan tiba, kita sudah terbiasa menjalankan beragam rangkaian ibadah.

Persiapkan ilmu yang cukup

Setiap ibadah yang hendak kita lakukan haruslah didasari dengan ilmu yang cukup. Hal ini menjadi penting sebab ibadah yang dilakukan tanpa ilmu bisa saja dilakukan dengan asal-asalan. Lebih dari itu, ibadah tanpa ilmu bahkan bisa menjadikan ibadah yang telah kita lakukan tidak diterima karena salah dalam melaksanakannya.

Menjelang bulan Ramadhan ini salah satu persiapan yang harus dilakukan olah dengan mempersiapkan bekal ilmu utamanya ilmu yang berkaitan dengan ibadah di bulan Ramadhan.

Persiapkan fisik dengan baik

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan
Persiapan fisik menjelang Ramadhan (Foto: Unsplash/quokkabottles)

Persiapan fisik menjelang Ramadhan juga penting untuk kita perhatikan, sebab selain berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan kita juga pasti menginginkan diri agar tetap beraktivitas seperti biasanya dan juga mengerjakan amal ibadah lainnya.

Lakukan olahraga secara rutin dan teratur untuk menjaga fisik kita agar tetap fit. Berolahraga merupakan bagian dari melatih kekuatan tubuh sehingga dengannya tubuh kita lebih siap untuk menajalani berbagai rangkaian ibadah di bulan Ramadhan.

Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan mulai dari bersepeda, jogging, senam lantai, dan beberapa jenis olahraga lainnya yang bisa dilakukan di rumah atau di lapangan.

Selain dengan berolahraga, untuk menyiapkan fisik menjelang bulan Ramadhan harus juga dimulai dengan menjaga asupan makanan dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta memperhatikan pola tidur dan bangun lebih awal.

Tentukan Target dan Rencana Kegiatan di Bulan Ramadhan

Agar ibadah di bulan Ramadhan dapat maksimal, kamu dapat mempersiapkannya dengan menenatukan target ibadah di bulan Ramadhan. Buatlah target yang menantang dan dirasa mampu untuk kamu kerjakan.

Setelah menentukan target, buatlah rencana kegiatan ibadah di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan untuk meraih target yang telah kamu tentukan.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan
Perhatikan asupan gizi sebagai persiapan menjelang Ramadhan (Foto: Unsplash/peter-teofilus-karundeng)

Belajar menahan diri

Pada bulan Ramadhan selain melakukan ibadah puasa yang mengharuskan diri menahan lapar selama satu hari penuh, kamu juga harus menahan segala hal yang dapat mengurangi pahala dan bahkan membatalkan puasa selain makan dan minum.

Untuk itu, agar ibadah puasamu nanti tak hanya sekedar menahan haus dan lapar, mulai saat ini persiapkan diri dengan menahan berbagai hal seperti membicarakan keburukan orang lain, mencela, berbohong, dan lain sebagainya.

Jangan lupa siapkan dana

Dana merupakan bagian penting yang harus dipersiapkan menjalankan ibadah puasa, sebagai bulan yang sering disebut bulan ibadah dan bulan sedekah, selain ibadah puasa kamu juga dapat memaksimalkan ibadah lainnya seperti sedekah.

Sedekah di bulan Ramadhan pahalnya turut dilipatgandakan, bahkan bagi siapa saja yang bersedekah atau memberi makan kepada orang yang berbuka puasa, seorang penunai sedekah akan mendapatkan pahala puasa dari orang yang berbuka tersebut tanpa berkurang sedikitpun.

Mengingat hal itu, untuk memaksimalkan salah satu ibadah di bulan Ramadhan yakni sedekah ada baiknya persiapan dana juga turut dipersiapkan sebelum bulan Ramadhan tiba.

Baca Juga : Lima Cara Hidup Hemat dalam Rumah Tangga

Sahabat, beberapa persiapan menjelang bulan Ramadhan diatas dapat kamu aplikasikan untuk melakukan persiapan ibadah di bulan Ramadhan sehingga maksimal di dalamnya. Semoga Allah memberikan kita semua keberkahan di bulan Rajab dan Sya’ban serta menyampaikan umur kita kepada bulan yang dirindukan yakni bulan Ramadhan, Aamiin

Ramadhan saatnya berbagi lagi, yuk jadikan bulan Ramadhanmu lebih bermakna dengan berbagi bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Kunjungi situs kami https://ramadhanberbagi.id untuk mengetahui seputar kegiatan Ramadhan kami.

Leave a Reply