Rahasia Sedekah Untuk Hidup Semakin Berkah

Rahasia Sedekah Untuk Hidup Semakin Berkah

Tahukah sahabat dengan makna “Sedekah”?  Banyak sekali yang memaknai sedekah dengan versinya masing-masing, ada yang mengatakan sedekah adalah kuci rezeki, dimana orang-orang yang mengatakan ini biasanya meyakini  bahwa orang yang bersedekah, maka orang yang yang belum kayapun bisa tercukupi rezekinya. Namun kemudian ada juga yang berpendapat bahwa sedekah hanya dikhususkan bagi mereka yang bergelimangan harta, bernahkah demikian?

Untuk pendapat yang kedua, bisa jadi orang yang berpendapat demikian sifat kikirnya lebih dominan dibanding dengan sifat pengasihnya. Dan sayangnya masih banyak orang atau bahkan kita sendiri secara tidak sadar memilih untuk memaknai sedekah sama dengan kategori yang kedua diatas.

Biasanya pilihan tersebut didasari dengan rasa khawatir atas kekurangan dalam lingkungan keluarganya ataupun dirinya sendiri ketika ia harus mengeluarkan harta untuk bersedekah. Sehingga kita semua perlu membuang kekhawatiran tersebut dan menumbuhkan motivasi dalam diri dengan mengetahui rahasia dari bersedekah.

Sebelum mengetahui rahasia-rahasia dibalik sedekah, sebaiknya kita mengetahui apa makna dari sedekah itu sendiri. Sedekah berasal dari kata Shadaqa yang artinya benar. Sedekah juga dapat diartika sebagai suatu pemberian yang diberikan kepada orang yang membutuhkan atau untuk kebaikan orang lain dengan tetap mengharap ridha Allah.

Sebagai sesuatu yang memiliki nilai-nilai kebaikan, sedekah merupakan amalan yang dianjurkan bagi seorang muslim sebagai bukti kebenaran ibadahnya kepada Allah swt. Selain itu sedekah juga tidak tertutup hanya harta yang bersifat materi, namun juga malan kebaikan yang nonmateri. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa sedekah merupakan amalan yang luas jangkauannya dan tidak terbatas hanya pada harta benda saja. Berikut adalah rahasia-rahasia dari bersedekah sehingga bisa menambah kebaikan dan keberkahan bagi kita semua.

  1. Bersedekah dengan rezeki yang baik

Salah satu rahasia dari sedekah ialah sedekah pasti dilakukan dengan rezeki yang baik. Dalam memaknai rezeki yang baik kita bisa melihatnya dari dua sisi yaitu pertama dari cara mendapatkan rezeki tersebut yakni dengan cara yang halal dan bukan didapatkan dengan cara yang haram seperti mencuri dan korupsi.

Kedua kita bisa melihatnya dari dzat sesuatu yang disedekahkan, apakah itu memberikan kebaikan dan manfaat jika digunakan. Ketika rezeki yang baik dikeluarkan untuk bersedekah maka keberkahan akan sangat mudah untuk didapatkan oleh seseorang yang menunaikannya.

  1. Bersedekah setiap saat

Rahasia selanjutnya dalam sedekah adalah sedekah setiap saat. Orang yang ingin berbuat baik  sudah seharusnya tidak melewatkan bersedekah setiap harinya, tentu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Denagn cara bersedekah setiap saat keikhlasan dalam diri kita akan terlatih dan ketika ada perintah atau ajakan untuk menunaikan sedekah tidak akan berat lagi.

Selain itu, ketika sedekah sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan secara konsisten maka ia akan memberikan kewajiban yang sangat luar biasa. Sebab ada sebuiah istilah yang mengatakan bahwa istiqamah jauh lebih baik daripada karamah. Untuk itu, guna menggapai keberkahan dalam sedekah, biasakanlah untuk bersedekah setiap saat meskipun itu sedikit.

  1. Bersedekah diam-diam

Rahasia ketiga adalah sedekah harus dilakukan dengan cara diam-diam, sebab sedekah jauh lebih baik ketika dilakukan secara diam-diam dibandingkan dengan cara terang-terangan. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan ketika bersedekah tangan kiripun jangan sampai mengetahuinya.