Rasulullah Saw. Mencintai dan Menyayangi Anak Yatim

Rasulullah Saw. Mencintai dan Menyayangi Anak Yatim

Muharram merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam kalender islam, hal itu dikarenakan bulan ini termasuk kedalam bulan-bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah swt. selain Ramadhan. Selain dikenal dengan momentum hijrahnya, bulan ini juga lekat kaitannya dengan Anak yatim.

Pada bulan Muharram ini terdapat hari Asyura, dimana kita semua dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa pada tanggal 10 muharram dan dibarengi dengan puasa sehari baik sebelum maupun sesudah tanggal 10. Selain itu, berpuasa dibulan Muharram juga merupakan puasa terbaik setelah puasa di bulan Ramadhan.

Pada tanggal 10 Muharram, selain dianjurkan berpuasa, kita semua juga dianjurkan untuk membahagiakan keluarga dan anak-anak yatim, Baik dengan cara melakukan santunan maupun hal lain yang bermanfaat dan bisa membahagiakan semuanya.

Dalam kitab Faidul Qadir disebutkan bahwa menjamu anak yatim dan keluarganya pada tanggal 10 Muharram merupakan salah satu sunnah nabi saw. dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh.

Pada kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin, Rasulullah SAW disebut bersabda, “Barang siapa berpuasa para hari Asyura (tang gal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10 ribu syuhada. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya.”

Meskipun pada hadits diatas terdapat perbedaan pendapat dari masing-masing ulama, serta ada juga yang mengatakan hadits tersebut merupakan hadits yang lemah serta palsu. Tentunya kita bisa mengambil hikmah tentang bagaimana Akhlak kita sebagai seorang muslim untuk mencontohi rasulullah saw. dalam mencintai dan menyayangi anak-anak yatim.

Hari Asyura merupakan hari yang baik bagi umat Islam. Untuk itu mari kita jadikan hari ini sebagai momentum untuk mengenang serta mengikuti jejak Rasulullah saw. dalam menyayangi anak yatim.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Dalam islam, “Anak Yatim” memiliki posisi yang sangat istimewa. Bahkan, Islam menjajikan posisi yang sangat mulia bagi siapa saja mereka yang menyayangi anak-anak yatim. Banyak Ayat dan Hadits yang menegarkan begitu berartinya posisi anak yatim, sehingga sudah seharusnya umat islam memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yatim.

Memberikan perhatian atau menyantuni anak yatim merupakan salah satu perwujudan dari rasa kemanusiaan yang wajib dimiliki oleh seorang muslim. Bahkan, Nabi Muhammad saw mengatakan bagi mereka yang mau menanggung anak yatim kelak akan  berada dekat bersamanya di surga.

Seperti diketahui bersama, anak yatim merupakan seorang anak yang ayahnya telah meninggal, sehingga ia kehilangan sosok yang menyayanginya, melindungi dan menafkahinya serta juga sosok yang menjadi tauladannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, sudah menjadi tanggung jawab orang-orang muslim untuk menggantikan sosok ayah bagi anak-anak yatim yang menyayanginya, melindungi serta menafkahinya baik untuk kehidupan sehari-hari maupun biaya pendidikannya sampai anak yatim tersebut dewasa dan mandiri.

Menyantuni anak-anak yatim  merupakan salah satu amal shaleh yang memiliki keutamaan-keutaman didalamnya. Berikut adalah keutamaan-keutamaan menyantuni dan menyayangi anak-anak yatim.

  • Berada disamping/dekat dengan rasulullah saw. disurga
  • Melunakan kerasnya hari manusia
  • Memperoleh perlindungan Allah di Hari Kiamat
  • Mensucikan jiwa
  • Memperbaiki urusan akhirat dan dunia

Sahabat, Hari Asyura merupakan hari yang baik bagi seorang muslim terlebih jika menyantuni anak-anak yatim. Akan tetapi, menyantuni anak-anak yatim tidak hanya saja dilakukan pada hari asyura, melainkan pada hari-hari lainpun kita tetap dianjurkan untuk menyantuni serta menyayangi mereka. Dimana hal tersebut insyaallah akan mendatangkan kebaikan dan keberkahan bagi kita semuanya.

Yuk bergabung bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dalam menyantuni anak-anak yatim. Insyaallah dibulan muharram ini akan dilaksanakan santunan kepada 1000 anak yatim binaan yayasan yang bisa sahabat saksikan langsung melalui aplikasi Zoom.

Donasikan segera donasi terbaik sahabat untuk menyantuni anak-anak Yatim. Kami do’akan sahabat semua diberikan kesehatan yang paripurna dan diberikan kelancaran dalam setiap aktivitasnya sehingga bisa membersamai kami dalam menyantuni anak-anak yatim.