You are currently viewing Saat Hujan Turun, Yuk Baca Doa Ketika Hujan Berikut Ini

Saat Hujan Turun, Yuk Baca Doa Ketika Hujan Berikut Ini

Doa Ketika Hujan Lebat – Alhamdulillah hampir setiap hari sebagian wilayah di Indonesia diguyur hujan. Hujan merupakan sebuah karunia dan anugerah yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia yang berada di muka bumi ini.

Hujan juga merupakan sebuah nikmat yang patut disyukuri, sebab dengan adanya hujan tumbuhan menjadi subur. Dimana dengan tumbuhan subur tersebut akan ada banyak manfaat yang dapat diambil oleh manusia baik melalui buahnya, pohon yang rindang dan menyejukan, serta manfaat-manfaat lainnya yang dapat diambil dari tumbuhan.

Doa Ketika Hujan Lebat
Hujan adalah anugerah dan nikmat dari yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia.

Islam menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah kepada mereka, dalam hal ini adalah nikmat turunnya hujan. Sebagai wujud rasa syukur atas turunnya hujan, umat islam dianjurkan untuk memanjatkan doa saat turun hujan. Selain sebagai wujud rasa syukur, doa saat turun hujan juga merupakan sebuah bentuk permohonan kepada Allah agar dilindungi dari bahaya yang ditimbulkan oleh hujan.

Tentunya sebagai orang yang beriman, kita harus senantiasa meminta pertolongan kepada Allah agar dihindarkan dari bahaya yang bisa menimpa kita kapan saja dengan memanjatkan doa. Terlebih ketika turun hujan lebat yang disertai angin dan petir, kita dianjurkan untuk memohon pertolongan kepada Allah dengan membaca doa ketika hujan lebat. Berikut adalah doa ketika hujan turun dan memohon perlindungan ketika hujan lebat.

Doa ketika turun hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

“Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat.” (HR Bukhari dari Aisyah RA).  

Doa ketika takut bahaya hujan lebat

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari Muslim).

Mustjabnya Doa Saat Hujan

Doa Ketika Hujan Lebat
Doa ketika hujan lebat.

Hujan memberikan banyak keberkahan dan kebaikan bagi manusia di muka bumi ini. Saat hujan tiba, seorang mukmin dianjurkan untuk memanjatkan doa sebagai wujud rasa syukur dan memohon perlindungan dari bahaya yang bisa saja timbul dari hujan.

Pada dasarnya, manusia senantiasa memohon ijabah dari Allah pada setiap doa yang dipanjatkan. Kemudian, setiap waktu juga dapat dimanfaatkan untuk memanjatkan doa dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya. Namun, terdapat sejumlah waktu dan momentum yang dapat menghaturkan doa agar diijabah.

Imam Syafi’I dalam kitab karangannya Al-Umm meriwayatkan dengan sanad yang mursal, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan.”

Selanjutnya Imam an-Nawawi mengatakan bahwa doa yang dipanjarkan ketika hujan turun merupakan doa yang tidak ditolak. Hal itu dikarenakan pada saat hujan turut saat itu juga tengah turun rahmat dari Allah, khusunya pada hujan pertama di awal musim.

Baca Juga : Amalan yang Membat Hati Tenang

Sahabat, pada prinsipinya setiap doa yang dipanjatkan kapanpun itu waktunya tetaplah baik. Sebab doa merupakan wujud penghambaan seorang hamba terhadap Allah dan juga merupakan bentuk kesadaran bahwa manusia hanyalah  makhluk yang kecil dengan segala kelemahannya.

Namun, dengan adanya dalil dan juga pendapat Imam Syafi’i tentang adanya ijabah doa pada saat hujan, alangkah baiknya setiap muslim memanfaatkan waktu ketika hujan tiba untuk memanjatkan doa dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

Leave a Reply