You are currently viewing Saling Mendoakan dalam Kebaikan Sesama Muslim

Saling Mendoakan dalam Kebaikan Sesama Muslim

Sahabat, Islam adalah agama yang mengajarkan umatnya untuk mencintai dan menyayangi terhadap saudaranya. Islam menganjurkan umatnya agar mencintai saudaranya seperti halnya seorang muslim mencintai dirinya sendiri. Dalam mencintai sesama, banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. Mulai dari saling menolong, saling menasihati, hingga saling mendoakan dalam kebaikan.

Saling mendoakan dalam kebaikan merupakan wujud cinta paling nyata seorang muslim terhadap saudaranya, terlebih doa tersebut dipanjatkan tanpa sepengetahuan saudaranya. Mendoakan sesama saudara tanpa sepengetahuannya baik itu kepada teman, sahabat, guru, dan lain sebagainya merupakan salah satu sunnah yang diajarkan nabi dan saat ini mungkin sangat jarang kita lakukan.

Saling Mendoakan dalam kebaikan
Saling mendoakan dengan sesama merupakan wujud cinta paling nyata.

Mendoakan saudara tanpa sepengetahuannya bukanlah perkara yang ringan untuk dikerjakan, diperlukan iman yang tinggi, ketulusan, dan keikhlasan untuk melakukannya. Hal itu dikarenakan sifat dasar manusia yang terkadang hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri sehingga seseorang akan memperhatikan orang lain setelah kebutuhannya terpenuhi.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah sempurna keimanan kalian sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.”

Para ulama menjelaskan bahwa mendoakan saudara tanpa sepengetahuannya merupakan tanda dari jujurnya iman yang ada di dalam dada seorang muslim. Seseorang yang mendoakan saudaranya secara diam-diam berarti ia telah berhasil mengatasi sifat dasar manusia yang ada dalam dirinya yakni selalu mementingkan dirinya sendiri.

Dalam kehidupan sehari-hari, seorang muslim sudah selayaknya menjadikan amalan sunnah ini sebagai amal yang rutin dikerjakannya setiap saat. Selain merupakan wujud dari jujurnya iman dalam hati, mendoakan saudara  kita secara diam-diam tanpa sepengetahuannya juga memiliki keutamaan yakni akan didoakan kembali oleh malaikat dengan doa yang sama tanpa berkurang sedikitpun.

Rasulullah SAW bersabda : “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, ‘Dan bagimu juga kebaikan yang sama.’” (HR. Muslim).

Saling Mendoakan dalam kebaikan
Kegiatan belajar Asrama Yatim Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Cabang Bogor.

Sahabat, doa yang dipanjatkan seorang muslim terhadap saudaranya secara diam-diam dapat dipastikan doa tersebut dilakukan secara ikhlas tanpa berharap imbalan apapun dari saudaranya. Maka dari itu, setiap amal yang kita kerjakan sebaiknya dilakukan secara diam-diam untuk menjaga kualitas keikhlasannya.

Baca Juga : Amalan yang Membuat Hati Tenang

Saling mendoakan dalam kebaikan utamanya secara diam-diam merupakan salah satu keindahan yang dimiliki oleh islam. Dengan ketulusan dan kerendahan hati, saling mendoakan dalam kebaikan juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar terjalinnya persaudaran yang erat.

Persaudaran yang dicita-citakan dalam islam ialah persaudaraan yang saling menguatkan antara muslim yang satu dengan muslim yang lainnya. Maka, sudah semestinya kita saling mendoakan dengan sesama dala m kebaikan, baik secara diam-diam ataupun secara langsung.

Leave a Reply