Santunan Anak Yatim, Beramal Dengan Cara Berbagi

Santunan Anak Yatim, Beramal Dengan Cara Berbagi

Islam merupakan agama yang penuh dengan kedamaian, kasih sayang dan kesejahteraan. Islam juga senantiasa menganjurkan kepada umatnya untuk melaksanakan amalan-amalan baik yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain, salah satu amalan yang dianjurkan adalah menyantuni anak-anak yatim.

Menyantuni anak yatim merupakan ibadah agung yang dianjurkan bagi seorang muslim terhadap seorang anak yang ditinggalkan oleh sang ayah dalam hidupnya. Selain untuk menunaikan ibadah, menyantuni anak-anak yatim juga sering dijadikan sebagai kesempatan untuk berbagi dengan sesama.

Menyantuni anak yatim juga dapat dikatakan sebagai suatu tradisi dan kebiasaan yang telah lama mengakar di kalangan umat muslim sepanjang sejarah. Selanjutnya menyantuni anak yatim juga dianjurkan oleh rasulullah saw.

Sahl bin Sa’ad berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak meregangkan keduanya.

Selanjutnya dalam Al-Quran juga terdapat potongan ayat yang menganjurkan umat muslim untuk menyantuni anak yatim sebagai berikut.

“Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim, dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik” (QS An-Nisa:8).

Baik Ayat Al-Quran maupun sabda nabi diatas keudanya sama-sama menganjurkan kebajikan untuk menyantuni anak yatim. Oleh karena itu, umat muslim memiliki keutamaan untuk menyantuni anak yatim dan berbagi kebermanfaatan.

Adapun cara untuk menyantuni anak yatim terdiri dari dua bentuk sebagai berikut. Pertama, bentuk materil. Artinya kita dapat menyantuni anak yatim dengan cara memenuhi kebutuhan hidupnya dari mulai sandang, papan dan pangan beserta kebutuhan hidup lainnya. Kedua, Bentuk nonmateril. Artinya kita dapat memberikan santunan kepada anak yatim dalam bentuk psikologis seperti pendidikan, dukungan moral dan kasih sayang.

Santunan 100 Anak Yatim di Rajeg, Kabupaten Tangerang

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur kembali menggelar aksi sosial dengan “menyantuni 100 anak yatim” di Rajeg, Kabupaten Tangerang. Acara santunan ini merupakan bentuk aksi nyata dari kepedulian terhadap anak-anak yatim di desa Pangarengan, Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Dengan semangat berbagi, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur Menggelar santunan kepada 100 anak yatim di Desa Pangarengan, Rajeg, Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini digelar sebagai salah satu bentuk aksi nyata yayasan dalam memuliakan anak-anak yatim. Diharapkan melalui santunan anak yatim ini dapat meringankan serta dapat juga membahagiakan anak-anak yatim.

Selain itu, santunan ini juga diharapkan dapat menjadi pemicu semangat semuanya untuk berbagi terhadap sesama, terutama anak-anak yatim dan juga terhadap orang-orang lain yang sedang membutuhkan bantuan. Sebab, dimasa pandemi seperti saat ini, berbagi adalah salah satu cara yang mudah dilakukan untuk menguatkan satu dengan yang lainnya.

Adapun isi dari paket santunan anak yatim tersebut ialah berupa paket sembako dan uang saku untuk anak-anak yatim. Meskipun isi dari paket santunan ini belum bisa mencukup sepenuhnya kebutuhan anak-anak yatim, akan tetapi diharapkan paket tersebut bermanfaat dan membawa keberkahan bagi semuanya.

Kegiatan santunan ini akun terus digelar diseluruh daerah binaan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Bagi sahabat yang ingin berdonasi bisa datang langsung ke kantor kami atau melalui nomor rekening kami berikut,

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Bank Permata Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

A / N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Semoga dengan menyantuni anak yatim menjadikan kita lebih dekat dengan Allah swt. dan mendapatkan keutamaan yang sangat mulia yakni dekat dengan Rasulullah di surga kelak. Semoga juga dengan menyantuni anak yatim mendatangkan kesehatan dan keberkahan dalam hidup kita. Aamiin