You are currently viewing Sedekah Anak Yatim  di Hari Jumat

Sedekah Anak Yatim di Hari Jumat

Rahmatanlilalamin.or.id – Sedekah adalah amalan yang bermanfaat dan memiliki banyak keutamaan, ia dilakukan dengan cara memberikan sejumlah harta baik berupa uang ataupun bentuk lainnya kepada orang yang membutuhkan. Sedekah dapat dilakukan pada waktu kapan saja dan di mana saja, namun pada hari Jumat seorang Muslim dianjurkan untuk memperbanyak jumlah sedekahnya, termasuk sedekah kepada anak yatim.

Sedekah pada dasarnya dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa ada patokan hari-hari tertentu. Di samping itu, sedekah merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat berupa rezeki yang diberikan oleh Allah kepada seorang hamba. Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS Al Baqarah 2 ayat 254).

Dalam kitab Al-Umm pada bab :Hal-Hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat” Imam Syafi’i meriwayatkan hadits berikut ini.

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah juga menganjurkan kepada para sahabat untuk melakukan berbagai amal shaleh pada hari Jumat, salah satunya bersedekah di saat sepi atau pun ramai. Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah SAW bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali pada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekahlah di saat sepi dan ramai, maka kalian akan diganjar, ditolong dan diberi rezeki.” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

Sedekah Anak Yatim di Hari Jumat

Sedekah yang dikeluarkan pada hari Jumat dapat juga diberikan kepada anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan. Tak hanya dalam bentuk uang, sedekah kepada yatim dan dhuafa juga dapat dilakukan dalam bentuk makanan, perlengkapan sekolah, pakaian, dan kebutuhan lainnya.

Memberikan sedekah atau membantu anak yatim merupakan bentuk nyata dari menyayangi anak yatim yang merupakan anjuran Rasulullah. Dalam sebuah hadits, Rasulullah menyebutkan bahwa jarak antara beliau dengan orang yang menyayangi anak yatim bagaikan jarak antara jari tengah dan jari telunjuk (sangat dekat). Oleh karena itu, disaat kita memperbanyak sedekah pada hari Jumat kita dapat mengalokasikannya sebagiannya untuk menyantuni anak yatim.

Sedekah anak yatim dapat diberikan secara langsung kepada anak yatim yang membutuhkan di sekitar rumah. Selain itu, sahabat juga dapat memberikannya langsung ke lembaga pantu asuhan yang mengurusi anak yatim. Salah satu lembaga direkomendasikan adalah Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang saat ini membina seribu lebih anak yatim binaan.

Jenis Sedekah untuk Anak Yatim

Berikut adalah jenis sedekah yang dapat sahabat berikan kepada anak yatim pada hari Jumat.

1. Sedekah pangan

Hal pertama yang dapat kamu bantu untuk mencukupi kebutuhan anak yatim adalah kebutuhan pangan yakni makanan bergizi dan sembako untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak harus mewah, sahabat dapat sedekah pangan kepada yatim dalam bentuk nasi, kue, roti, susu, buah-buahan dan jenis makanan lainnya.

Selain itu, sahabat juga dapat membantu pemenuhan sembako anak yatim dengan memberikan sumbangan berupa beras, gula, minyak goreng, dan lain sebagainya.

2. Perlengkapan ibadah

Selanjutnya, sahabat juga dapat memberikan sumbangan berupa perlengkapan ibadah anak yatim seperti baju koko, mukena, peci, sarung, kerudung, dan lain sebagainya. Pastikan saat memberikan bantuan berupa perlengkapan ibadah sahabat telah mengetahui ukuran pakaian yang sesuai.

3. Perlengkapan sekolah

Perlengkapan sekolah anak yatim dapat kamu bantu juga dengan memberikan sumbangan kepadanya.  Perlengkapan sekolah yang dapat kamu berikan antara lain tas, sepatu, buku tulis, seragam, buku gambar, dan perlengkapan lainnya.

4. Sedekah uang tunai

Sedekah uang tunai dapat kamu berikan kepada anak yatim untuk memenuhi kebutuhan lainnya seperti biaya pendidikan yang terdiri dari iuran pendidikan dan uang transport sekolah. Selain itu, uang tunai juga dapat ditujukan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Tunaikan sedekah hari Jumat untuk anak yatim dengan mengakses tombol di bawah ini.

Leave a Reply