You are currently viewing Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan
(Foto: Unsplash/annie-spratt)

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti oleh setiap muslim yang berada di penjuru dunia. Pada bulan ini terdapat banyak keistimwahan salah satunya Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi umat islam yang mengerjakan ibadah didalamnya, salah satu ibadah tersebut ialah sedekah di bulan Ramadhan yang memiliki banyak keistimewaan.

Sedekah di bulan Ramadhan merupakan salah satu pintu yang dapat ditempuh oleh umat islam untuk meraih keuntungan yang besar di bulan Ramadhan. Sedekah sendiri merupakan amalan yang selalu dianjurkan kepada umat islam pada setiap waktu, terlebih di bulan Ramadhan amalan tersebut lebih dianjurkan lagi.

Semakin banyak seorang muslim dalam menunaikan sedekah di bulan Ramadhan, maka akan Allah ganti pahala tersebut dengan pahala yang berkali lipat dan rezeki yang lebih. Adapun salah satu amalan sedekah yang dapat dikerjakan pada bulan Ramadhan ialah sedekah takjil kepada orang yang berpuasa.

Bagi siapa saja yang bersedekah takjil pada sesama muslim yang menjalankan ibadah puasa, maka orang tersebut akan mendapatkan juga pahala puasa dari penerima manfaat sedekahnya tanpa berkurang sedikit pun.

Kedermawanan Rasulullah di Bulan Ramadhan

Rasulullah merupakan Rasulullah merupakan teladan utama bagi umat islam dalam seluruh aspek kehidupan. Dalam bersedekah, Rasulullah dikenal sebagai sosok yang paling dermawan, tidak ada satupun orang yang mampu menyaingi kedermawanan Rasulullah.

Pada bulan Ramadhan, kedermawanan Rasulullah disebutkan lebih dahsyat lagi dibandingkan pada bulan-bulan lainnya. Hal itu sebagaimana diceritakan oleh Ibnu Abbas dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori sebagai berikut.

“Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan al-Quran. Dan, kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari)

Kedermawanan Rasulullah pada bulan Ramadhan merupakan satu hal yang patut kita contohi sebagai umatnya. Dalam hadits diatas disebutkan bahwa kedermawanan Rasulullah melebihi angin yang berhembus.

Hal dapat kita pahami bahwa Rasulullah merupakan sosok yang sangat ringan tangan dan cepat serta tak pernah berpikir panjang dalam memberi, seperti halnya hembusan angin.

Oleh karena itu, sebagai umatnya kita harus menjadikan keteladanan Rasulullah sebagai motivasi untuk meningkatkan semangat sedekah pada bulan Ramadhan yang mulai ini.

Sedekah di Bulan Ramadhan
Sedekah hidangan buka puasa.

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

1. Mendapatkan jaminan surga

Pada bulan Ramadhan, seorang muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh serta memperbanyak amalan sunnah lainnya seperti sedekah dan shalat malam.

Puasa, sedekah, dan shalat malam jika ketiganya terkumpul pada bulan Ramadhan dan dikerjakan semuanya maka balasannya adalah surga. Sebagaimana sabda Nabi SAW sebagai berikut.

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946)

2.  Men-copy paste pahala puasa orang lain

Kita tentu mengetahui betapa besarnya pahala ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dan jika kita bisa men-copy paste pahala ibadah puasa orang lain, maka pahala yang kita raih lebih berlipat lagi.

Pada bulan Ramadhan, kita dapat menambah pahala puasa kita dari pahala puasa orang lain tanpa berkurang sedikitpun dengan sedekah buka puasa atau memberi hidangan berbuka puasa pada orang lain.

Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807).

Jika didasarkan pada sabda Nabi, hidangan berbuka puasa sudah cukup dengan beberapa butir kurma baik kurma basah (ruthab) dan kurma kering (tamr) atau beberapa teguk air (segelas air).

3. Sedekah lebih dimudahkan pada bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan setiap orang lebih dimudahkan untuk berbuat kebaikan termasuk sedekah. Hal itu terjadi karena pada bulan ini syaitan sebagai penggoda manusia yang senantiasa mengajak manusia meninggalkan kebaikan dibelenggu oleh Allah Ta’ala.

Rasulullah SAW bersabda: “Jika datang bulan Ramadhan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Bukhari no.3277, Muslim no. 1079)

Baca Juga: Pentingnya Taubat Menjelang Ramadhan

Tentunya kita bisa merasakan sendiri betapa berbedanya suasana Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya. Pada bulan ini orang-orang bersemangat dan berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan yang biasanya tidak dilakukan diluar bulan Ramadhan.

Demikianlah, keutamaan sedekah pada bulan Ramadhan, semoga menjadi motivasi untuk meningkatkan kapasitas ibadah pada bulan Ramadhan yang mulia dan berkah ini.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply