Sedekah Kita Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Sedekah Kita Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Sedekah merupakan salah satu amaalan terpuji seorang muslim yang sangat dicintai oleh Allah swt., selain itu sedekah juga sangat dianjurkan kepada siapa saja dari kita yang memiliki rezeki atau harta yang berlebih. Kita semua tentunya mengetahui bahwasannya harta yang kita miliki merupakan titipan dari Allah swt., dimana didalam harta yang kita miliki tersebut juga ada hak-hak orang lain untuk disedekahkan agar harta kita menjadi bersih.

Rasulullah saw. sangat menganjurkan kepada umat-umatnya untuk menunaikan sedekah dalam keadaan dan kondisi apapun. Sebab, bersedekah akan membuat hidup menjadi berkah dan serba mudah, bahkan karena besarnya keutamaan bersedekah, dituliskan dalam sebuah ayat Al-Quran kelak orang-orang yang telah meninggal akan meminta dikembalikan lagi ke bumi walau hanya dalam waktu sebentar saja untuk menunaikan sedekah.

Selain itu Allah swt. berjanji bahwa bersedekah atau mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk kebermanfaatan orang lain tidak akan membuat harta kita berkurang. Akan tetapi sebaliknya, dengan bersedekah harta yang kita miliki akan bertambah keberkahannya.

Kemudian rasulullah saw. juga menyebutkan bahwa sedekah dapat dijadikan obat dari penyakit yang dialamin oleh seorang hamba. Hal itu seperti yang dikatakan beliau dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut.

“Sembuhkanlah orang-orang yang sakit di antara kamu dengan bersedekah, dan bentengilah hartamu dengan (mengeluarkan) zakat, karena sesungguhnya hal itu akan mencegah berbagai keburukan dan penyakit”.

Di dalam kisah lain dalam Shahih at-Targhib, dikisahkan bahwa Abdullah bin Mubarak pernah ditanya oleh seorang laki-laki tentang penyakit yang menimpa lututnya semenjak tujuh tahun. Ia telah mengobati lututnya dengan berbagai macam obat. Ia telah bertanya kepada para dokter, namun tidak menghasilkan apa-apa.

Selanjutnyta Ibnu al-Mubarak pun berkata seraya memerintahkan untuk mengerjakan sesuatu kepadanya kepadanya, “Pergilah dan gali sebuah sumur (di suatu tempat), karena manusia sedang membutuhkan air. Saya berharap akan ada mata air (yang bermanfaat untuk orang lain) dalam sumur yang engkau gali dan dapat menyembuhkan sakit  di lututmu. Laki-laki itu lalu pergi untuk menggali sumur dan setelah itu, ia pun sembuh.”

Sedekah merupakan bentuk taqarrub seorang hamba kepada Allah, dimana dengan bersedekah do’a-do’a seorang hamba akan mudah untuk dikabulkan, dalam hal ini ketika seorang hamba meminta kesembuhan atas penyakit yang dideritanya, insyaallah akan mudah untuk dikabulkan.

Selain itu, dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa sedekah dapat menghapuskan dosa seperti halnya air yang memadamkan api. Dalam hal ini, sakit yang dialamin oleh seorang hamba bisa jadi disebabkan oleh dosa yang telah ia kerjakan, sehingga dengan bersedekah insyaallah akan menghapuskan dosa-Nya dan kemudian sakit yang dialaminya dapat kembali sembuh.

Sahabat, ketika kita terkena penyakit bukan berarti kita sedang dilanda keburukan, akan tetapi kita sedang diberikan cobaan oleh Allah swt. dan salah satu cara untuk menyembuhkannya ialah dengan menunaikan sedekah.

Sedekah Yang Baik Ialah Sedekah Yang Disegerakan

…..Dan janganlah engkau menunda-nunda sedekah itu, hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu baru berkata, “Untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian, dan harta itu sudah menjadi hak si fulan” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 1419 dan Muslim no. 1032).

Dalam hadits diatas kita dapat mengambil hikmah bahwa kita diperintahkan untuk “tidak menunda-nunda sedekah” dan kebaikan lainnya. Sebab, ketika kita menunda-nundanya bisa jadi harta yang kita miliki habis untuk hal-hal lain diluar sedekah sehingga dari harta tersebut tidak ada sedikitpun kebaikan yang kita dapatkan.

Sahabat, sedekah yang paling baik ialah sedekah dalam keadaan lapang, sehat serta ketika kita berkeinginan untuk kaya dan takut miskin. Selagi dalam keadaan sehat, lapang dan memiliki angan-angan untuk menjadi seorang kaya, segerakanlah untuk menunaikan sedekah terbaiknya, dengan jumlah dan bentuk apapun.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin membuka kesempatan sahabat semua untuk bersedekah dalam jumlah dan bentuk apapun. Sahabat juga bisa bersedekah secara langsung dengan datang ke kantor kami di Jl. H. Naman No.60, RT.12/RW.3, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450, atau bisa mendonasikan sedekah sahabat secara langsung melalui rekening kami.

Kami do’akan semoga sahabat semua diberikan kesehatan serta kelancaran dalam segala aktivitasnya sehingga bisa menunaikan sedekah terbaiknya bersama kami. Untuk informasi lengkap hubungi Contact Person kami di 021 – 86905367.