Sedekah Menghapus Dosa Seperti Api Memadamkan Air

Sedekah Menghapus Dosa Seperti Api Memadamkan Air

Harta yang kita miliki pada hakikatnya adalah titipan Allah swt, oleh sebab itu seseorang harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya agar mendapat banyak berkah. Selain itu, didalam harta kita terdapat hak orang lain untuk keluarkan, jika tidak dikeluarkan dengan kesadaran diri kita, maka secara tidak sadar hak orang lain tersebut akan diambil dengan cara lain.

Adapun salah satu cara untuk memanfaatkan harta dengan baik ialah dengan menggunakannya untuk bersedekah. Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam syari’at islam, dan jika melihat dari kebermanfaatannya, sedekah merupakan wujud nyata dari kepekaan diri atas keadaan sosial sekitar.

Sebagai amalan yang sangat dianjurkan dalam islam, sedekah juga memiliki banyak fadhilah atau keutamaan, salah satunya yakni dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan. Jika demikian, tentu kita harus senantiasa memperbanyak sedekah dalam keadaan apapun pada kehidupan sehari-hari, mengingat sebagai manusia pasti kita semua tidak akan terlepas dari khilaf dan salah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, Rasulullah saw. bersabda ” Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.

Sebagai manusia biasa tentunya kita tak luput dari perbuatan dosa. Jika di tafakuri setiap hari, banyak mungkin dosa yang kita kerjakan namun kita anggap sebagai hal yang biasa. Seringnya kita lupa dan bahkan meremehkan dosa kecil, padahal jika tidak segera bertaubat, dosa-dosa yang kecil itu akan bertumpuk menjadi banyak.

Dengan sifat Maha Penyayang-Nya Allah swt menyediakan berbagai penawar dosa, salah satunya ialah dengan sedekah. Allah swt menjadikan sedekah sebagai salah satu sebab diampuninya dosa atau kemaksiatan, dihilangkannya keburukan dan dimaafkannya berbagai kekhilafan sejan dengan firman-Nya yang berbunyi,”sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk..” {Hud [11]: 114}

Setiap muslim terbelenggu oleh dosa-dosanya, ia perlu bebas untuk menggapai surga yang menjadi tujuanya, salah satu amalan yang dapat melepas seorang muslim dari belenggu dosa yang mengantarnya menuju siksa sapi neraka adalah dengan rajin bersedekah. Rasulullah saw. bersabda.

“Aku memerintahkan kalian untuk bersedekah, karena yang demikian itu (sedekah) seperti seseorang yang ditwan oleh musuh, dan mereka mengikat erat tangannya pada lehernya lalu mereka mendapatkannya untuk memenggal lehernya, kemudian dia berkata ‘aku tebus perkara ini dari kalian dengan hartaku yang sedikit dan banyak,’ hingga akhirnya dia menebus dirinya dari mereka.” (HR. TIrmidzi)

Sahabat, Banyak mungkin dosa yang tidak kita sadari, baik itu kecil maupun besar ataupun dosa yang disengaja maupun tidak disengaja. Dan yang perlu kita ketahui bersama bahwasannya kapan saja ajal bisa datang tanpa sepengetahuan kita.Untuk itu mari tingkatkan sedekah meskipun dengan jumlah yang sedikit sehingga ampunan Allah datang kepada kita dengan sebab sedekah tersebut.

Sedeklah merupakan amalan penghapus dosa, dan harta yang kita sedekahkan merupakan harta kita yang sesungguhnya. Jadi benar apa yang rasulullah saw. sabdakan, bahwa harta kita sesungguhnya bukan harta di dunia yang senantiasa dibangga-banggakan, bukan juga harta yang kita makan, tapi harta kita yang sesungguhnya ialah harta yang kita sedekahkan. Ia kelak akan menjadi penolong dan pemberat amalan shaleh di hari perhitungan kelak.

Semoga kita semua diberikan petunjuk serta kelapangan untuk bersedekah. Dan semoga juga sedekah yang kita keluarkan dengan ikhlas hanya mengharap ridha Allah akan menghapus dosa-dosa kita dan mendatangkan banyak kebaikan dan keberkahan bagi kita.


Yuk sedekah di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, Kirim donasi terbaik sahabat melalui Rekening yang Kami Sediakan Berikut.

BCA No. Rek. 2303279946
Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6
Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4
Permata Bank Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80
A/N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Selanjutnya, Klik disini untuk berdonasi.