You are currently viewing Pengertian Sedekah Subuh, Keutamaan Hingga Cara Membiasakannya

Pengertian Sedekah Subuh, Keutamaan Hingga Cara Membiasakannya

Rahmatanlilalamin.or.id – Waktu subuh adalah waktu istimewa, yang mana pada waktu tersebut terjadi pergantian dari gelap menuju terang, dari malam menuju pagi.

Sehingga pada waktu subuh tersebut kita semua dianjurkan untuk memperbanyak aktivitas dan amal ibadah yang dapat menambah keberkahan waktu subuh, salah satunya dengan menunaikan sedekah subuh.

Keutamaan Bersedekah di Waktu Subuh

Sedekah Subuh

Sedekah subuh yang kita lakukan secara rutin dapat mendatangkan berbagai keutamaan bagi siapa saja yang menunaikannya. Berikut adalah beberapa keutamaan sedekah subuh bagi siapa saja yang menunaikannya.

1. Mendapatkan Do’a Malaikat

Keutamaan sedekah subuh yang pertama adalah mendapatkan doa dari malaikat merupakan salah satu keutamaan tersendiri bagi siapa saja yang menunaikan sedekah di waktu pagi. Hal itu sebaaimana disebutkan dalam sebuah hadits Nabi berikut ini.

 “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”  (HR. Bukhari & Muslim)

2. Menghilangkan Berbagai Penyakit

Syeikh Ali Jaber dalam sebuah ceramahnya menyebutkan keutamaan dari sedekah subuh adalah dapat menghilangkan berbagai penyakit. Nah, bagi kita yang saat ini sedang sakit atau menginginkan diri untuk berada dalam kondisi yang sehat, bisa mengamalkan sedekah subuh dan kemudian memanjatkan doa atau hajat yang kita inginkan.

3. Memudahkan Urusan

Seseorang yang senantiasa menunaikan dan istiqamah sedekah subuh segala urusannya niscaya akan dimudahkan oleh Allah. Jika kita sedang merencanakan sesuatu seperti melamar pekerjaan, mencari jodoh dan urusan lainnya, niatkanlah itu dengan melakukan sedekag ini sambil memanjatkan doa atas urusan kita. Insyaallah semua urusan akan dimudahkan Allah SWT.

4. Menjadikan Doa Lebih Mudah Dikabulkan

Saat kita melakukan amalan baik ini, setiap doa yang kita panjatkan akan mudah dikabulkan, karena di waktu tersebut terdapat malaikat yang senantiasa mendoakan siapa saja yang bersedekah.

Kemudian, saat kita menunaikan amalan sedekah tersebut, hendaklah mengirinya dengan doa-doa khusus niscaya Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doa tersebut tepat pada waktunya.

Selain itu, dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa memudahkan urusan orang lain (sedekah) dapat menjadi salah satu amalan yang memudahkan dikabulkannya doa.

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Cara Menunaikan Sedekah di Waktu Subuh

Sedekah Subuh

Untuk menunaikan sedekah subuh ada banyak cara yang bisa kita lakukan, bahkan kita bisa menunaikannya tanpa harus keluar rumah dengan melakukan sedekah online. Di bawah ini ada beberapa cara untuk melakukan sedekah subuh yang dapat kamu lakukan secara istiqamah.

1. Masukan Uang ke Dalam Kotak Amal

Memasukan uang ke dalam kotak amal pribadi merupakan cara pertama dan paling mudah untuk melakukan sedekah subuh tanpa harus keluar dari rumah. Untuk kotak amal pribadi, kita dapat membuat atau membelinya sendiri dan kemudian mengisinya secara rutin dengan amalan sedelah subuh.

Selain itu, kita juga dapat memasukan sejumlah uang melalui kotak amal di mesjid pada waktu melaksanakan shalat subuh berjamaah.

2. Mengirim Uang Melalui M-Banking

Cara ini juga merupakan cara termudah tanpa harus keluar rumah berkat kemamjuan teknologi yang ada. Saat ini koita dapat bersedekah hanya melalui telepon genggam kita terhadap lembaga, atau platfom sedekah subuh online lainnya.

3. Mengantarkan Bantuan di Waktu Subuh

Selanjutnya, kamu juga dapat memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan kepada korban bencana, para santri di sekitar rumah, atau kerabat lain yang membutuhkan bantuan.

4. Berbagi Makanan Kepada Tetangga atau Keluarga

Tidak hanya dalam bentuk nominal uang, sedekah subuh juga dapat dilakukan dalam bentuk logistik seperti makanan kepada orang lain untuk meringankan bebannya. Untuk penyalurannya kita dapat menyalurkannya kepada tetangga, kerabat, pondok pesantren ataupun panti asuhan terdekat di sekitar rumah kita.

Membiasakan Diri Agar Rutin Sedekah Subuh

Sedekah Subuh

Sedekah subuh merupakan sedekah yang memiliki keutamaan yang dahsyat salah satunya menjadikan doa seorang hamba lebih mudah dan cepat dikabul. Untuk meraih keutamaannya, berikut adalah beberapa cara untuk membiasakan diri melakukan amalan terbaik tersebut.

1. Meniatkannya Saat Memiliki Hajat

Saat kita memiliki hajat seperti halnya ingin memiliki momongan atau menemukan pasangan hidup, tunaikanlah sedekah subuh dengan ikhlas dan kemudian iringilah dengan doa terbaik untuk sebuah hajat yang ingin dicapai.

2. Lakukan Setiap Hari

Sedekah merupakan salah satu amalan yang tidak dibatasi oleh waktu dan jumlah, dalam membiasakan diri agar rutin bersedekah di waktu subuh kamu dapat membiasakanna setiap hari.

Tidak harus dengan jumlah besar, melainkan sesuaikan dengan kammpuan dan kondisi kita sendiri misalnya Rp1.000 atau Rp2.000. Lakukan hal itu setiap hari, Allah senantiasa mencintai hambanya yang melakukan sebuah amalan meskipun dalam kuantitas yang sedikit namun istiqamah dalam melakukannya.

Baca Juga: Dahsyatnya Sedekah Subuh di Pagi Hari

3. Lakukan Secara Bertahap

Jika kita telah berhasil membiasakan sedekah secara rutin setiap hari, kita dapat perlahan menambah nominalnya secara bertahap sesuai dengan kondisi dan kemampuan kita sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai sedekah subuh, keutamaan dan cara melakukannya. Yuk mulai berkomitmen untuk sedekah subuh dan raih manfaat serta keutamannya. Tunaikan sedekah subuhmu bersama kami dengan mengakses tombol di bawah ini.

Leave a Reply