You are currently viewing Sejumlah Cara Atasi Kantuk di Siang Hari Tanpa Minum Kopi, Apa Saja?
(Foto: pexels/mikhail-nilov)

Sejumlah Cara Atasi Kantuk di Siang Hari Tanpa Minum Kopi, Apa Saja?

Cara Mengatasi Kantuk di Siang Hari Tanpa Kopi – Menjalani aktivitas dan pekerjaan dengan lancar tanpa hambatan merupakan cita-cita setiap orang. Namun, terkadang rasa kantuk menjadi gangguan pada jam-jam produktif dan menghambat pekerjaan.

Untuk menghindari rasa kantuk di siang hari, tidak sedikit orang yang mengatasinya dengan cara minum kopi.

Namun, ternyata kopi bukan solusi yang tepat untuk atasi rasa kantuk di siang hari. Pasalnya, sebagian orang ada yang merasa sakit perut atau asam lambungnya justru naik saat mengonsumsi kopi. Kemudian, adakah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa kantuk tanpa mengonsumsi kopi?

Bagi kamu yang sedang menghindari kopi atau khawatir sakit perut saat mengonsumsi kopi, kamu dapat melakukan beberapa cara ini untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari tanpa mengonsumsi kopi. Simak penjelasannya berikut ini.

Minum Air Putih

Cara Mengatasi Kantuk di Siang Hari Tanpa Kopi
(Foto: Pexels/cup-of-couple)

Salah satu penyebab timbulnya rasa kantuk di siang hari adalah kekurangan carian. Dengan demikian kamu dapat menjaga tingkat hidrasi dalam tubuhmu dengan minum air putih yang cukup sepanjang hari.

Konsumsi makanan sehat

Cara Mengatasi Kantuk di Siang Hari Tanpa Kopi
(Foto: Pexels/rachel-claire)

Apa yang kamu makan juga terkadang jadi penyebab timbulnya rasa kantuk di siang hari. Sebab, bisa jadi makanan atau cemilan yang kamu pilih mengandung banyak gula dan kalori yang dapat menjadikanmu mengantuk.

Mulai sekarang, kamu dapat mengganti cemilanmu menjadi lebih sehat seperti apel, buah beri, atau buah pisang.

Selain itu, pola makan juga penting untuk dijaga supaya terhindar dari rasa kantuk di siang hari. Salah satunya ialah dengan tidak melewatkan sarapan pagi yang cukup.

Berolahraga

Cara Mengatasi Kantuk di Siang Hari Tanpa Kopi
(Foto: Pexels/thoni-huang)

Olahraga memiliki peran untuk mempertahankan energimu supaya tidak gampang mengantuk, dengan demikian lakukan olahraga secara rutin agar bisa terhindar dari rasa kantuk.

Jika kamu merasa sangat ngantuk di siang hari dan masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, coba lakukan olahraga ringan seperti melakukan peregangan tangan. Kamu juga bisa keluar sebentar atau naik turun tangga supaya rasa kantuk tersebut hilang.

Jaga Pola Tidur Sehat

Cara Mengatasi Kantuk di Siang Hari Tanpa Kopi
(Foto: Pexels/cottonbro)

Pola tidur yang buruk menjadi penyebab paling kuat mengantuk di siang hari. Untuk itu jaga pola tidur sehat dan hindari begadang, upayakan tidur minimal tujuh jam di malam hari.

Biasakan untuk tidur sesuai jadwal setiap hari termasuk di akhir pekan. Selain itu, hindari penggunaan alat elektronik sebelum tidur untuk meraih kualitas tidur yang baik.

Hindari Stres

Cara Mengatasi Kantuk di Siang Hari Tanpa Kopi
(Foto: Pexels/tim-gouw)

Tanpa kamu sadari stres dapat menguras energi dan kebugaran tubumu, hal demikian dapat menjadikanmu lebih mudah untuk mengantuk.

Baca Juga: Lima Manfaat Makanan yang Dikukus

Untuk itu sebisa mungkin hindari stres, dan jika kamu merasa stres coba atasi dengan melakukan relaksasi, mengerjakan hobi, istirahat, ataupun rutin olahraga.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply