Sering Disebut Monster Day, Ini Dia Keutamaan Hari Senin

Sering Disebut Monster Day, Ini Dia Keutamaan Hari Senin

Sebagian besar manusia modern merasa enggan untuk menghadapi hari senin dengan beragam alasannya masing-masing. Bahkan ada sebagian yang menyebut hari senin dengan sebutan Monster Day, dimana kata tersebut merupakan selentingan atau kepanjangan dari nama hari senin dalam Bahasa Inggris yakni Monday.

Semua itu dikarenakan ada banyak masalah dan pekerjaan yang menunggu dan harus diselesaikan pada hari senin dan hari-hari selanjutnya. Mulai dari tugas kantor bagi para pekerja dan karyawan, tugas sekoilah bagi para pelajar serta mahasiswa dan pekerjaan-pekerjaan lainnya dari berbagai macam profesi yang ada. Dimana sebelumnya para pekerja, karyawan, pelajar, mahasiswa dan lain sebagainya telah beristirhat di akhir pekan.

Walaupun sebagian orang banyak yang merasa malas untuk memulai aktivitas di hari Senin, Ternyata banyak sekali keutamaan di hari senin yang bisa kita dapatkan dengan cara selalu berpikir positif dan bekerja secara produktif dimanapun posisi kita.

Sebagai motivasi agar kita semua semangat dan dapat produktif dalam menghadapi hari senin, berikut adalah Empat keutamaan dan peristiwa yang harus keta ketahui dalam hari senin, Diantaranya sebagai berikut.

Hari Senin Merupakan Hari Lahir dan Wafatnya Rasulullah

Bagi umat islam di seluruh dunia, hari senin merupakan hari yang sangat istimewa. Hal itu dikarenakan pada hari ini, Nabi dan Rasul yang paling mulia dilahirkan ke alam dunia, dimana kemuliaannya lebih mulia dibanding nabi dan rasul utusan Allah yang lainnya. Selain itu, Rasulullahpun menjadi suri tauladan yang utama bagi semuanya.

Islam mampu menyebar keseluruh penjuru dunia berkat seluruh keutamaan dan kemuliaan yang melekat pada dirinya. Dengan seluruh keutamaan yang melekat pada dirinya, Islam menyebar ke seluruh penjuru bumi, menembus berbagai batas wilayah yang ada. Selain itu, ia juga mampu membangun peradaban agung yang tiada tanding.

Merupakan Hari Di Turunkannya Al-Quran

Pada hari ini, Petunjuk dan Pedoman kehidupan seorang muslim yakni Al-quran diturunkan kepada nabi saw. dengan demikian sebagai seorang mukmin, kita tidak perlu takut dan membenci hari senin, karena pada hari ini petunjuk bagi seluruh umat manusia diturunkan oleh Allah swt.

Dalam hadist Ibnu Qatadah al-Anshari ra. yang diriwayatkan oleh Imam Muslim Rasulullah saw.  “Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, hari aku diutus, dan hari diturunkannya al-Qur’an kepadaku.”

Hari Dimana Pintu Surga Terbuka

Hari senin merupakan hari yang memiliki keutamaan yang sangat besar bagi kaum muslimin, dimana pada hari ini pintu surga terbuka bersamaan dengan hari kamis. Seluruh kaum muslim diampuni dosanya, kecuali dua orang muslim yang sedang bermusuhan.

Hal tersebut dikuatkan oleh hadits dari Abi Hurairah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwasannya rasulullah saw. bersabda,

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”

Hari yang Di Anjurkan Untuk Berpuasa

Semua amal manusia diperiksa pada hari senin dan kamis, dengan demikian rasulullah saw. menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk menunaikan ibadah puasa sunnah di hari senin dan kamis, sebagaimana sabdanya yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi berikut.

“Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Sahabat, pada dasarnya semua amal yang telah kita kerjakan tergantung niatnya, maka jika seluruh pekerjaan yang kita kerjakan pada hari senin, diniatkan untuk beribadah hanya kepada Allah semata, maka pekerjaan yang kita lakukan akan menjadi pahala kebaikan bagi kita.

Yuk isi hari senin kita dengan penuh rasa syukur serta semangat untuk berinovasi menghasilkan karya terbaik melalui profesi menjadi pekerjaan kita. Jangan lupa juga mengisinya dengan ibadah sunnah hari senin dan amal shaleh yang lainnya seperti sedekah,dzikir, tilawah quran dan lain sebagainya, insyaallah akan menjadi keberkahan bagi kita