You are currently viewing Simak Ini, Amalan Bulan Rajab Bagi Umat Islam

Simak Ini, Amalan Bulan Rajab Bagi Umat Islam

Amalan Bulan Rajab – Bulan Rajab merupakan salah satu dari deretan nama bulan di kalender Hijriah. Dalam hal ini bulan Rajab merupakan bulan ke-7 dalam penanggalan islam atau kalender Hijriah.

Bulan rajab juga termasuk ke dalam salah satu dari bulan haram (Rajab, Dzulqodah, Dzulhijjah, dan Muharram) yang dimulaikan oleh Allah berdasarkan firman-Nya dalam QS At-Taubah ayat 36, yang mana dalam empat bulan tersebut umat islam tidak boleh berperang kecuali bersifat defensif karena diserang.

Selain itu, bulan Rajab juga dapat dijadikan sebagai bulan untuk memulai persiapan jasmani, rohani, dan ekonomi menuju ibadah di bulan Ramadhan.

Ada peristiwa penting bagi umat islam yang terjadi di bulan Rajab yakni peristiwa Isra’ dan Mi’raj Rasulullah SAW serta perintah menunaikan shalat fardhu lima waktu yang diterima langsung oleh Rasulullah SAW langsung dari Allah SWT.

Pada bulan Rajab, umat islam di anjurkan untuk memperbanyak amal shaleh, memperbanyak puasa, sedekah, menghindari perbuatan buruk atau maksiat dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa amalan di bulan rajab yang dapat dilaksanakan dan dimaksimalkan oleh seorang muslim.

1. Memperbanyak Puasa

Bulan Rajab termasuk salah satu bulan yang dimuliakan Allah, disebutkan bahwa puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan-bulan haram yakni Dzulqadah, Dzulhijah, Muharam, dan Rajab.

Amalan Bulan Rajab
Memperbanyak puasa di bulan rajab. (Foto: Unsplash.com)

Abu Hurairah mengatakan, “Seorang laki-laki datang menemui Nabi Muhammad SAW dan bertanya: Puasa apakah yang paling utama setelah puasa Ramadhan? Nabi Muhammad SAW bersabda: Bulan Allah yang kalian sebut Al Muharram.” (Sunan Ibnu Majah).

Rasulullah tidak mematok ketentuan pasti berapa hari Puasa Rajab dilaksanakan. Namun demikian, sebagai puasa sunnah maka hendakanya seorang muslim memaksimalkan puasa di bulan ini sesuai dengan batas kemampuan dirinya untuk berpuasa.

2. Memperbanyak Sedekah

Selain memperbanyak dan memaksimalkan ibadah puasa sunnah di bulan Rajab, umat islam juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah pada orang yang membutuhkan.

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa bersedekan di bulan Rajab, maka Allah swt akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua.”

3. Memperbanyak Zikir dan Doa

Selanjutnya, pada bulan Rajab umat islam dianjurkan untuk memperbanyak doa, dzikir, dan istighfar memohon ampunan kepada Allah. Adapun menunaikan semuanya dibulan Rajab, seorang muslim akan mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT lebih besar daripada bulan-bulan lainnya.

Amalan Bulan Rajab
Memperbanyak doa dan dzikir di bulan Rajab. (Foto: Unsplash.com)

Dalam amalan doa di bulan Rajab, terdapat doa yang dapat diamalkan oleh seorang muslim ketika memasuki bulan Rajab sebagai berikut.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya, “Ya Allah, berkatilah kami pada Rajab dan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Ramadan.”

4. Menghindari perbuatan maksiat

Bulan Rajab termasuk bulan yang dimuliakan oleh Allah, pada bulan ini umat islam dianjurkan untuk memperbanyak amal shaleh, menghindari peperangam kecuali untuk bertahan, dan menghindari perbuatan maksiat atau perbuatan yang menyakiti diri sendiri.

Seperti halnya amal shaleh yang Allah lipatgandakan pahalanya, perbuatan maksiat yang dilakukan pada bulan haram juga dilipatgandakan oleh Allah dosanya. Mengingat hal itu, pada bulan Rajab seorang muslim harus bersungguh-sungguh untuk menghindari perbuatan maksiat dan menyakiti diri sendiri.

Baca Juga : Empat Amalan Abu Bakar yang Berpahala Surga, Apa Saja?

Sahabat diatas adalah beberapa amalan yang dianjurkan bagi seorang muslim di bulan Rajab. Banyak orang yang menyebutkan bahwa bulan Rajab adalah bulan yang menjadi pintu gerbang datangnya bulan Ramadhan.

Mengingat hal tersebut, mari kita maksimalkan amalan yang bisa dikerjakan di bulan Rajab sebagai bentuk persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan. Dan tentunya doa juga mari kita panjatkan semoga semuanya disampaikan dan dapat beribadah di bulan Ramadhan.

Leave a Reply