Ingin mendapatkan info terkini dan artikel inspiratif ? Klik Di Sini           ✉ yrlajt05@gmail.com | 📞 021-86905367
Sunnah Mencuci Tangan Dalam Islam

Sunnah Mencuci Tangan Dalam Islam

Islam adalah agama yang membawa mashalahah dan mencegah mudharat bagi seluruh alam. Segala aspek kehidupan telah diatur dalam islam, salah satu contohnya adalah mengenai kebersihan. Kebersihan atau kesucian adalah salah satu hal yang sangat penting, sebab salah satu syarat sahnya shalat adalah suci dan bersih. Dengan demikian sebagai seorang muslim kita memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan dan kesucian, baik untuk diri kita maupun lingkungan disekitar kita.

Ditengah pandemi covid 19 ini, semua orang dianjurkan untuk menjaga kebersihan dirinya guna mencegah dari [penyebaran serta penularan covid 19. Salah satu cara paling mudah yang dapat kita lakukan adalah sering mencuci tangan, baik menggunakan sabun ataupun hanya dengan menggunakan antiseptic atau hand sanitizer.

Jauh sebelum covid 19 mewabah islam telah menganjurkan ummatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan, bahkan dalam penggalan sebuah hadits dikatakan “kesucian sebagian daripada iman”. Artinya seorang muslim harus senantiasa menjaga kesuciannya sebagai wujud dari keimanan dalam dirinya. Berikut adalah sunnah-sunnah mencuci tangan dalam islam.

Ketika Berwudhu

Disebutkan dalam hadits Humran bin Aban rahimahullah tentang cara wudhu Utsman bin Affan radhiallahu’anhu :

فغسل كَفَّيْهِ ثلاثَ مرات                           

“.. kemudian beliau membasuh kedua tangannya 3 kali”

Yang di akhir hadits, Utsman bin Affan mengatakan:

رأيتُ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم توضأ نحوَ وُضوئي هذا

“Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu seperti wudhuku ini” (HR. Bukhari no.1934, Muslim no.226).

Adapun mencuci kedua tangan ketika wudhu hukumnya sunnah, dan bukan merupakan sesuatu hal yang diwajibkan. Ibnu Qudamah dalam kitab Al Mughni mengatakan:

وليس ذلك بواجب عند غير القيام من النوم بغير خلاف نعلمه

“Tidak mencuci tangan yang wajib kecuali ketika bangun tidur, hal ini tidak ada khilaf ulama yang kami ketahui“.

Ketika Bangun Tidur

Ketika bangun tidur kita dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum memasukan tangan kedalam bejana atau melakukan aktivitas lainnya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Bahwa nabi saw. Bersabda “

“Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka jangan mencelupkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali. Karena ia tidak mengetahui dimana letak tangannya semalam” (HR. Bukhari no. 162, Muslim no. 278).

Sebelum dan Sesudah Makan

Mencuci tangan sebelum makan merupakan sesuatu yang mungkin sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi perlu kita ketahui bahwasannya hal tersebut telah dicontohkan dari jauh hari oleh rasulullah saw, seperti yang terdapat dalam hadits sebagai berikut.

“Dari Aisyah radhiallahu’anha, beliau berkata:“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika beliau ingin tidur dalam keadaan junub, beliau berwudhu dahulu. Dan ketika beliau ingin makan atau minum beliau mencuci kedua tangannya, baru setelah itu beliau makan atau minum” (HR. Abu Daud no.222, An Nasa’i no.257, dishahihkan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i).

Selain mencuci tangan sebelum makan, kita juga dianjurkan untuk mencuci tangan setelah makan, seperti yang dicontohkan oleh rasulullah dalam sebuah riwayat sebagai berikut.

“Nabi shallallahu’alaihi wa sallam memakan daging bahu kambing, kemudian beliau berkumur-kumur, mencuci kedua tangannya, baru setelah itu shalat” (HR. Ibnu Majah no. 405, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

Ketika Tangan Kotor

Secara umum ketika ada kotoran pada tubuh kita atau pakaian kita, hendaknya berusaha membersihkannya agar tampil bersih dan bagus serta tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Selain itu menjaga tubuh kita tetap bersih juga akan menjaga kesehatan kita. terlebih kebersihan tangan kita, dimana semua aktivitas yang kita lakukan hamper seluruhnya berasal dari tangan kita.

Jangan sampai keadaan tangan kita yang kotor merusak keindahan yang ada, dengan demikian kia dianjurkan untuk mencuci tangan ketika tangan kita kotor sehingga menjadi terlihat lebih indah. Sebab Allah swt. Mencintai keindahan sebagai mana diriwayatkan dalam sebuah hadits Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الجَمالَ

“Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan” (HR. Muslim no.91).

Berbicara tentang kotoran yang ada ditangan, kita bisa membaginya kedalam dua jenis  ada kotoran yang terlihat dan ada yang tidak terlihat. Dimana tangan yang kotor dan kotorannya terlihat oleh kita, sehingga dengan mudah kita akan tergerak untuk membersihkan tangan kita sehingga tidak terlihat kotor lagi.

Adapun untuk kotoran yang tidak terlihat oleh mata kita seperti kuman, bakteri ataupun virus ini cukup berbahaya, sebab bisa saja tangan kita terlihat bersih oleh mata kita sendiri, akan ditangan kita tersebut terdapat kuman atau virus yang tidak bisa kita lihat secara langsung untuk itu untuk berjaga-jaga kita dianjurkan untuk memperbanyak cuci tangan. Terlebih ditengan pandemic COVID-19 ini kita harus meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan kita agar bisa mencegah penyebaran virus tersebut.

Close Menu
Informasi lengkap, Hubungi kami sekarang

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Klik di bawah ini untuk memulai chat

Sekretaris

Ina

Online

Customer Service

Desi

Online

Ina

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00

Desi

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00