You are currently viewing Tahun Baru Islam, Mari Baca Doa Awal dan Akhir Tahun

Tahun Baru Islam, Mari Baca Doa Awal dan Akhir Tahun

Tahun Baru Islam – Membaca doa awal dan akhir tahun merupakan salah satu hal yang dianjurkan bagi seorang muslim dalam menyambut awal tahun yaitu tanggal 1 Muharram.

Menurut Kementrian Agama (Kemenag), Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H. akan jatuh pada selasa, 10 Agustus 2021. Sementara, untuk libur tahun baru islam sendiri adalah H+1 tepatnya pada tanggal 11 Agustus 2021. Penetapan hari libur tersebut merupakan salah satu upaya dari penanganan pandemi Covid-19.

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriah, bulan ini memiliki kedudukan yang istimewa disisi Allah dan termasuk ke dalam empat bulan haram. Selain itu, bulan muharram juga dijuluki sebagai syahrullah (bulan Allah) karena keutamaan-keutamaan yang ada didalamnya. Pada bulan ini, umat islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah (puasa Asyuro) dan memperbanyak sedekah.

Untuk menyambut tahun baru islam yangh penuh berkah ini, alangkah baiknya kita memanjatkan doa akhir dan awal tahun. Dilansir dari tribunnews.com Berikut adalah doa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW :

Doa Akhir Tahun

Artinya : “Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Ya Allah, apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada-MU, ampunilah aku!

Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-MU ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.”

Doa Awal Tahun

Artinya : “Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.

Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan-MU yang agung dan kedermawanan-MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba: kami mohon kepada-MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada-MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih! Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.”

Tahun Baru Islam di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Keluarga Besar Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 muharram 1443 H. Semoga tahun ditahun ini semuanya senantiasa diberi keberkahan dan pandemi Covid-19 segera Allah angkat dari muka bumi ini. Aamiin.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply