You are currently viewing 6 Tanda Kesehatan Mentalmu dalam Kondisi Baik

6 Tanda Kesehatan Mentalmu dalam Kondisi Baik

Kesehatan mental merupakan hal penting yang harus dipahami oleh semua orang. Dalam hal ini, setiap orang harus memahami kondisi kesehatan mental dirinya berada dalam kondisi baik atau sebaliknya.


Rahmatanlilalamin.or.id – Kesehatan mental merupakan hal yang sifatnya pribadi dan menjadi penentu bagaimana seseorang dapat berhubungan dengan orang lain, menangani stres dan membuat pilihan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehetan mental adalah keadaan sejahtera di mana setiap individu bisa mewujudkan potensi mereka sendiri. Artinya, mereka mampu mengatasi tekanan kehidupan yang nomral, produktif dan bermanfaat, serta mampu berkontribusi kepada komunitas mereka.

Tanda Kesehatan Mental Dalam Kondisi Baik

Tanda Kesehatan Mental dalam Kondisi Baik

Kesehatan mental adalah kondisi sejahtera yang dialami seseorang, yang mana ia menyadari kemampuan dirinya sendiri, dapat mengatasai tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. Tingkat kesehatan mental seseorang ditentukan oleh berbagai faktor sosial, psikologis, dan biologis.

Kondisi kesehatan mental yang buruk seringnya dikaitkan dengan cepatnya proses perubahan sosial, tekanan pekerjaan, diskriminasi, pengucilan, gaya hidup tidak sehat dan lain sebagainya.

Namun demikian, kondisi kesehatan mental yang baik bukan berarti ia mampu merasakan kebahagiaan setiap saat serta tidak memiliki masalah sama sekali.

Lantas, bagaimana cara agar kita mengetahui kesehatan mental kita dalam keadaan baik? Untuk menentukannya, terdapat tanda kesehatan mental yang baik yang dapat dapat kamu ketahui sebagai berikut.

1. Memiliki kemampuan mengendalikan diri

Tanda pertama kondisi kesehatan mentalmu dalam keadaan baik ialah memiliki kemampuan mengendalikan diri. Dalam kondisi tersebut kamu mulai menyadari bahwa rasa sedih, tertekan, dan emosi negatif lainnya hanyalah gelombang yang akan berlalu.

Saat emosi negatif itu muncul, kamu mengetahui apa yang harus kamu lakukan. Terlebih jika kamu membutuhkan orang lain, kamu tidak akan defensif dan menolaknya.

2. Mampu merasakan emosi positif

Selanjutnya, tanda kondisi mentalmu dalam keadaan baik ialah mampu merasakan emosi positif. Misalnya perasaan bahagia, perasaan dicintai, dan perasaan syukur.

Saat terjadi sebuah peristiwa yang memilukan, kamu dapat melihat dan memahaminya dari perspektif lain dan tidak akan membiarkan dirimu terjebak dalam emosi negatif yang berlarut-larut.

3. Memiliki kesadaran untuk menjaga diri

Saat kondisi kesehatan mentalmu dalam keadaan baik, kamu akan memiliki kesadaran untuk menjaga diri sendiri dengan baik. Termasuk dalam hal ini ialah menjaga kesehatan fisik.

Dalam hal ini, usaha yang kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ialah mengonsumsi makanan yang bergizi, melakukan aktivitas fisik atau olahraga, dan melakukan perawatan pribadi.

4. Punya rasa memiliki

Saat kondisi mentalmu dalam kondisi baik, kamu akan punya rasa memiliki yang tinggi. Kamu akan berusaha untuk terus menjaga tujuan hidup dan mewujudkannya.

Selain itu, kamu juga akan lebih merasa tenang dan damai, bahkan merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Kondisi kesehatan mental yang baik juga dapat mendorong kamu untuk lebih produktif dan banyak berkontribusi, baik untuk diri sendiri, keluarga, dan bahkan masyarakat.

5. Mampu membina hubungan yang sehat

Sebagai manusia tentunya kami tidak bisa melepaskan diri kehidupan sosial. Nah, dalam kondisi kesehatan mental yang baik kamu mampu membina hubungan sehat dengan orang lain.

Kamu dapat menjalin hubungan dan memberi mereka perhatian sebagaimana yang layak mereka dapatkan. Berkaitan dengan hubungan toxic, kamu tidak akan lagi membuang banyak waktu dengannya serta menoleransi perilaku mereka.

Selain mampu membina hubungan yang sehat dengan orang lain, kamu juga mampu membina hubungan sehat dengan diri sendiri.

Kondisi ini ditandai dengan berhentinya kamu untuk membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain dan menetapkan standari yang tidak realistis pada dirimu sendiri.

Selanjutnya, kamu juga mulai menyadari bahwa kegagalan adalah hal yang wajar serta mampu membentuk pemahaman terhadap kelebihan dan kekuranganmu.

6. Percaya Diri

Kemampuan dalam mengenali dan mengendalikan diri sendiri dapat menjadikanmu tampil percaya diri. Hal ini menjadikan potensi diri yang luar biasa dan unik milikmu dapat dioptimalkan.

Adapun, jika terjadi kesalahan atau kegagalan kamu dapat mengetahui kekurangan serta tahu apa yang harus dilakukan.

Baca Juga: Metode Self Healing untuk Menjaga Kesehatan Mental

Apa yang Terjadi Jika Kondisi Mentalmu Sedang Tidak Baik?

Setelah mengetahui kondisi kesehatan mental dalam kondisi baik, kamu juga harus mengetahui apa saja tanda kesehatan mental yang tidak baik atau terganggu.

Hal ini bermanfaat bagi dirimu sendiri agar mampu melakukan tindakan yang tepat saat menghadapi hal ini.

Berikut adalah beberapa tanda kesehatan mental yang tidak baik atau sedang terganggu.

1. Ketakutan yang berlebihan

Kondisi ini kerap dialami oleh seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Ia akan merasa takut, cemas, gugup, atau panik berlebihan bahkan hanya dengan hal sepele.

2. Gangguan tidur

Tanda kesehatan mental yang tidak baik berikutnya ialah mengalami gangguan tidur. Hal ini perlu diwaspadai terlebih bagi siapa saja yang mengalami depresi, gangguan kecemasan, ataupun serangan panik.

3. Perubahan pola makan

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental ia dapat mengalami perubahan pola makan. Perubahan tersebut bisa ditandai dengan kehilangan makan atau makan secara berlebihan.

4. Masalah berpikir

Hal ini ditandai dengan kemampuan seseorang dalam berkonsentrasi ataupun masalah lainnya seperti ingatan, pikiran, atau ucapan yang sulit dijelaskan.

5. Mengisolasi diri

Selanjutnya, orang yang mengalami gangguan kesehatan mental cenderung mengisolasi dirinya sendiri. Ia cenderung tidak melakukan apa-apa dalam waktu yang lama dan berhentu melakukan aktivitas yang sebelumnya ia jalani.

Baca Juga: Manfaat Bersyukur untuk Menjaga Kesehatan Mental

Apa yang Harus Kamu Lakukan Agar Kesehatan Mental Tetap Baik?

Setelah mengetahui bagaimana tanda kondisi kesehatan mentalmu dalam kondisi yang baik ataupun tidak baik. Kamu juga perlu mengetahui cara untuk menjaga kesehatan mentalmu agar tetap dalam kondisi baik.

Kira-kira bagaimana caranya? Nah, berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu.

1. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Aktivitas fisik atau olahraga secara teratur memiliki dampak positif bagi kesehatan mentalmu, misalnya mampu mengatasi stres, meningkatkan daya ingat, serta membantu kamu terjaga lebih nyenyak.

2. Bicaralah dengan seseorang tentang perasaanmu

Melakukan interaksi secara langsung dengan orang lain tentang perasaanmu menjadi salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri dan menghilangkan stres. Saat perasanmu dalam kondisi tidak baik, cobalah untuk berbicara terhadap orang lain terutama orang yang peduli denganmu.

3. Konsumsi makanan bergizi

Selain melakukan aktivitas fisik secara rutin, kamu juga dapat mengatur asupan makananmu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Pola makan yang sehat dan asupan makanan yang bergizi dapat menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mentalmu juga.

4. Memenuhi kebutuhan tidur dengan baik

Normalnya tidur yang cukup bagi seseorang ialah 6-8 jam sehari. Nah, agar kesehatan mentalmu tetap baik, penuhilah kebutuhan tidurmu dengan baik.

Tidur yang cukup dapat menyegarkan kembali tubuh dan pikiranmu. Kekurangan tidur tentunya dapat membuat tubuh dan pikiranmu tidak berfungsi secara optimal.

5. Luangkan waktu untuk menyendiri

Waktu luang untuk menyendiri adalah kebutuhan yang harus kamu penuhi guna menjaga kesehatan emosional dan mental.

Luangkanlah waktu minimal satu pekan sekali untuk bersantai, merenung dan memperhatikan banyak hal positif yang kamu jalani saat ini.

6. Lakukan pengembangan diri

Selanjutnya, kamu juga dapat melakukan aktivitas pengembangan diri mulai dari melakukan hal-hal baru dan menantang ataupun mempelajari hal baru.

Hal ini bermanfaat agar kamu memiliki skil dan pengalaman baru serta menjadikanmu mampu mencintai diri sendiri dengan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Referensi

https://www.seributujuan.id/id/apa-itu-kesehatan-mental

https://satupersen.net/blog/7-tanda-kesehatan-mentalmu-dalam-keadaan-baik

https://health.kompas.com/read/2022/06/14/080000168/6-cara-menjaga-kesehatan-mental

Leave a Reply