Tenang dan Sabar Jalani Hari, Ini 6 Cara Tetap Produktif!

Tenang dan Sabar Jalani Hari, Ini 6 Cara Tetap Produktif!

Kurang lebih sudah delapan bulan pandemic Covid-19 mewabah di berbagai pelosok negeri, tak  terkecuali di Indonesia. Dalam waktu delapan bulan ini tentunya kita semua serba berada dalam keterbatasan tidak boleh kesana kesini dan hampir seluruh pekerjaan dan aktivitas dilakukan dirumah serta dengan menjaga jarak.

Delapan bulan bukanlah waktu yang sebentar, menghadapi pandemi ini kita harus tenang dan sabar sehingga bisa melaluinya dengan penuh ketenangan. Selain itu, kita juga harus bisa beradaptasi dan melakukan hal-hal baru yang bisa mendatangkan kebahagiaan dan bahkan keuntungan bagi kita semua.  Artinya, meskipun berada pada situasi seperti saat ini kita harus tetap produktif. Lantas bagaimana caranya agar tetap produktif?

Berikut adalah enam cara yang bisa dikerjakan agar bisa tetap produktif dalam situasi serba terbatas seperti yang terjadi saat ini.

Mencari penguatan tentang tujuan hidup

Pandemi Covid-19 mungkin mengakibatkan semuanya berubah dan mengakibatkan semua aktivitas jadi serba terbatas. Ingat dan kuatkanlah tujuan hidup kita, bahwa meskipun situasi seperti ini pasti ada jalan lain yang bisa ditempuh untuk mencapai tujuan hidup yang kita inginkan.

Percayalah mengingat kembali tujuan hidup akan membuat kita semakin tergerak untuk terus melangkah dan menghasilkan karya terbaik. Adapun untuk menemukan dan mengatkan kembali tujuan hidup bisa dengan cara menonton film, obrolan atau diskusi dan juga membaca buku dan merenungkannya.

Manajeman waktu yang baik

Manajemen waktu tentunya menjadi kunci dari keproduktifan kita, nah untuk melakukannya kita bisa membagi waktu dan jadwal kita, mana yang penting dan mendesak untuk dikerjakan mana yang bisa ditunda. Selain itu bisa juga menggunakan google calendar atau menuliskan agenda kita di buku agenda.

Selain melakukan scheduling kita juga memerlukan yang namanya evaluating sehingga kita bisa menilai apa yang telah dilakukan oleh kita. Selanjutnya, melalui evaluasi tersebut kita bisa mengambil keputusan untuk melakukan jeda atau istirahat sejenak dari aktivitas kita yang mungkin padat.

Mulai hari dengan bangun sepagi mungkin

Bangun sepagi mungkin adalah cara yang bisa kita lakukan untuk lebih produktif. Setelah bangun pagi dan melaksanakan shalat shubuh, usahakan agar tidak tidur lagi. Lakukan hal-hal yang bermanfaat seperti tilawah, membaca buku, atau berolahraga ringan dipagi hari.

Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Selama berada dalam hal yang positif, lakukanlah aktivitas-aktivitas yang menyenangkan agar kita bisa sedikit enjoy dan keluar dari kesibukan kerja kita. Jadikan hal yang menyenangkan tersebut sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain yang berada disekitar kita

Cari suasana dan Aktivitas Baru

Jika sahabat merasa bosan dengan semua aktivitas yang selama ini kita kerjakan atau bosan dirumah terus selama pandemi, carilah suasana dan aktivitas baru yang membuat kita keluar dari rasa bosan tersebut. Jadikanlah rasa bosan tersebut sebagai alasan untuk belajar dan mendapatkan sesuatu yang dihasilkan.

Bersyukur

Sahabat, apa yang kita alami dan rasakan ditengah pandemi ini juga dialami dan dirasakan oleh orang lain juga. Untuk itu tetap bersyukur, sebab bisa jadi ada orang yang masih kurang beruntung dari  kita saat dihadapkan dengan pandemi yang terjadi saat ini. Ketahuilah bahwasannya bersyukur adalah kunci bagi kita untuk selalu positif (berprasangka baik) dan produktif melakukan banyak hal yang bermanfaat.