Tetap Harus Meeting Saat Wabah Corona? Pakai Zoom Clouds Saja
Aplikasi Zoom dapat digunakan hingga 100 partisipan

Tetap Harus Meeting Saat Wabah Corona? Pakai Zoom Clouds Saja

Work From Home atau Bekerja Dari Rumah yang sedang ngetren belakangan ini guna menekan penyebaran virus corona yang sampai saat ini (30/3) di dunia dilansir dari Wordometer.com, 723,124 kasus dengan 33,986 kematian.

Di Indonesia sendiri, sudah 30 propinsi yang terpapar dan orang tercatat 1,285 posistif dengan 114 kematian.

Amerika kini menjadi negara dengan penderita Covid-19 terbanyak, dengan 142,637 kasus dan 2,485 kematian di atas Italy dan China sebagai negara awal epidemic corona.

Banyak perusahaan dan dunia usaha maupun kegiatan lainnya tetap beraktifitas online baik untuk kepentingan usaha sendiri maupun dengan pihak lain demi berlangsung usahanya terutama yang mem butuhkan sarana meeting.

Aplikasi meeting online/video conferencing ini banyak dipakai kalangan sebagai sarana tatap muka untuk berbagai keperluan, mulai dari meeting antara rekan kerja, pembelajaran siswa sekolah, kuliah online, kelas yoga, atau sekadar melepas kangen.

Sebenarnya, banyak aplikasi serupa, tapi Zoom termasuk yang paling banyak dipakai semenjak WFH diterapkan di berbagai negara dunia yang dapat diunduh pengguna smartphone, laptop, hingga PC.

Aplikasi meeting online dengan konsep screen sharing ini memungkinkan pengguna bertatap muka dengan pengguna lainnya dengan lebih dari 100 orang partisipan.

Lalu bagaimana caranya menggunakan Zoom Clouds Meeting baik di PC maupun smartphone? Berikut panduannya.

1. Zoom Cloud PC

– Buka situs resmi zoom di link berikut zoom.us dan pilih menu Sign Up
– Masukan email aktif
– Aktivasi akun dengan klik link yang dikirimkan ke email Anda
– Undang rekan yang ingin diajak bergabung dalam meeting dengan memasukan alamat email aktif mereka
– Pilih ‘Start Meeting Now’ untuk mulai mencoba meeting atau ‘ Go to My Account’ untuk ke beranda aplikasi
– Jika memilih ‘Start Meeting Now’, secara otomatis aplikasi zoom akan minta izin pengunduhan di perangkat komputer Anda
– Adapun link ID yang terdapat dalam menu profile bisa digunakan untuk mengundang rekan bergabung dalam meeting. Minta mereka membuka link tersebut pada web browser seperti Google Chrome.
– Rekan yang Anda ajak bergabung juga bisa mengakses link undangan tersebut dari ponsel. Akan tetapi pastikan mereka telah mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

2. Zoom Cloud Ponsel

– Adapun cara untuk menggunakan fitur meeting pada zoom cloud ponsel adalah sebagai berikut:
– Signin dengan akun yang telah didaftarkan
– Klik menu ‘New Meeting’
– Pilih menu ‘participants’
– Klik ‘invite’
– Pilih menu pesan, email, atau copy url untuk metode invite
– Kirim undangan bergabung
– Meeting dengan rekan berhasil

Penggunaan aplikasi Zoom Clouds secara gratis memungkinkan Anda menikmati beberapa fitur berikut:
Meeting menampung hingga 100 partisipan , Meeting 1 to 1 tanpa batasan waktu , 40 menit untuk batasann waktu meeting dalam group, Jumlah meeting tidak terbatas, Hanya dapat diakses secara online

Jika ingin menikmati fitur yang lebih dari aplikasi ini, Anda bisa bergabung dengan Zoom Pro atau Zoom Business dengan harga dimulai dari $14 per bulan.